Tuesday, March 30, 2010

Bls: Bls: [honda-megapro] tentang OLI

 

engine flush atau transmision flush secara sederhana dapat dijelaskan cara kerja ialah, dengan menghilangkan atau merontokkan sisa-sisa oli kerak oli (lapisan oli) pada komponen engine atau transmisi. jadi kondisi logam terlihat bersih ( memang ga sepenuhnya bersih, karena jumlah perbandingan oli dan engine flush yang besar).
jadi apabila cairan tersebut digunakan pada motor atau transmisi mobil yang matic, maka

1. untuk motor, dapat mengikis permukaan plat kopling (sehingga akibatnya itu plat kopling jadi cepet tipis, malahan ada beberapa motor temen gw yg udah nyoba pake engine flush ke motornya itu plat kopling jadi rontok).
untuk yang mau coba2 ganti-ganti merek oli, gw saran aja, perhatikan SAE nya dan juga API SERVICE nya, makin kecil angka SAE maka viskositasnya makin encer, dan kebalikannya makin gede angka SAE nya makin kental. (contoh : 10W-40 dibandingkan 5W-50, lebih encer yang 5W-50 dari pada 10W-40)/
dan API SERVICE makin besar huruf abjadnya, maka oli tersebut makin berteknologi unsur kimianya ( contoh : API SERVICE SJ dibandingkan API SERVICE SL, maka yang API SERVICE SL lebih berteknologi, berteknologi disini bukan maksudnya lebih bagus yah )

n info lagi neh gan, beda API SERVICE mesin diesel ama mesin bensin untuk bensin awalan hurufnya "S" dan diesel " C"..

2. untuk transmisi automatic mobil.
pada transmisi automatic mobil, terdapat plat kopling dan rem ( bentuknya ampir mirip ama plat kopling motor, ) akibatya ampir sama ama yang di motor.. ( kalau yang belum paham ama transmisi matic mobil, atau bingung " ko di transmisi matic ada kopling n rem nya..?", panjang bro di jelasinnya..
tah cuma saran juga c, buat yang punya mobil matic, kalu macet ya di pindahin transmisinya ke "N", coz klu di pantengin ke "D", lama2 kurang responsif itu matic..

________________________________
Dari: Taufiq Ashari <moski_tnt@yahoo.co.id>
Kepada: hondamegaproclub@yahoogroups.com
Terkirim: Sel, 30 Maret, 2010 16:22:35
Judul: Bls: [honda-megapro] tentang OLI

sama ane juga kurang faham....

-{tetap bersyukur dengan apa yg kita dapat}-

____________ _________ _________ __
Dari: Jemblank <mblank_kiy_rek@ yahoo.com>
Kepada: hondamegaproclub@ yahoogroups. com
Terkirim: Sel, 30 Maret, 2010 16:07:17
Judul: Re: Bls: [honda-megapro] tentang OLI

maap ane kurang faham ama engine flush & transmision flush.. maklum nyubi.. boleh dijelasin nda bro biar rada paham.. :D
thanks

**jemblank marwoyo**
HMPC Indonesia
http://hmpckudus. blogspot. com/

____________ _________ _________ __
From: Hafid Irawan <hafid.irawan@ yahoo.co. id>
To: hondamegaproclub@ yahoogroups. com
Sent: Tue, March 30, 2010 3:19:35 PM
Subject: Bls: [honda-megapro] tentang OLI

cuma saran aja bro, untuk motor, kalu emang mau cari oli yang apas ( coba-coba oli dengan beragam merek dan viskositas), sebaiknya tidak menggunakan "engine flush", karena dapat mempercepat keausan dari kampas kopling pada motor tersebut. untuk mobil sih, sah-sah saja menggunakan "engine flush" karena koplingnya tidak menyatu dengan mesin (terpisah). dan untuk transmisi automatic pada kendaraan roda 4, juga tidak perlu menggunakan "transmision flush", akibatnya sama dapat mempercepat keausan pada plat kopling dan brake nya pada sistem automaticnya.
thanxs

____________ _________ _________ __
Dari: Taufiq Ashari <moski_tnt@yahoo. co.id>
Kepada: hondamegaproclub@ yahoogroups. com
Terkirim: Sel, 30 Maret, 2010 12:08:50
Judul: [honda-megapro] tentang OLI

artikel ini berlaku untuk motor atau mobil juga....

Sudah menjadi suatu hal yang sering ditanyakan pada forum diskusi (milis) berbagai klub mobil atau motor tentang oli merek dan tipe apa yang bagus untuk mesin kita?
Untuk mobil keluaran baru mungkin tidak masalah untuk menentukan oli yang akan kita pakai, hasilnya bisa dapat dikatakan sama dengan mobil teman kita yang menggunakan oli yang sama. Lantas bagaimana dengan mobil bekas yang umur pakainya sudah lebih dari lima tahun? Tentunya tidak akan sama hasilnya, walaupun jenis mobil dan merek olienya sama persis.

Mengapa demikian?
Sejarah pemakaian oli apa saja yang dimasukkan ke mesin mobil (bekas) tentunya tidaklah sama. Bisa jadi beragam jenis dan merek oli telah digunakan untuk melumasi komponen-komponen mesin tersebut. Karakteristik tiap jenis dan merek oli berbeda sesuai dengan komposisi kimia didalamnya. Perbedaan karateristik inilah yang sedikit banyak berpengaruh pada proses keausan komponen mesin. Akibatnya tiap jenis oli menimbulkan tingkat keausan yang berbeda-beda untuk akumulasi waktu yang cukup lama. Inilah yang membuat kondisi keausan komponen setiap mesin akan berbeda-beda.
Sebagai contoh, Mitsubishi Eterna keluaran 1993 milik si A, akan berbeda kondisi mesinnya dengan mobil yang sama model dan tahun keluarannya milik si B.

Konsekuensi dari keausan komponen mesin adalah pada pemilihan oli yang tepat untuk mesin tersebut. Nah, disinilah yang menjadi tantangan untuk merawat mesin mobil/motor kita dengan tepat.
Untuk pemilik mobil/motor lama, mau tidak mau perlu mencoba-coba oli dari berbagai jenis dan merek untuk mesin mobil/motor kita sampai didapat jenis dan merek yang tepat.
Jadi kita tidak bisa mendengarkan begitu saja pendapat teman yang merekomendasi oli tertentu untuk mobil/motor kita karena toh kondisi mesin kita pastinya berbeda dengan mesin teman kita.

TIPS:
Ketika kita baru membeli mobil bekas yang cukup berumur (5 tahun lebih), yang perlu kita lakukan berkaitan dengan oli (oil) adalah:
1. Engine Oil Flush: Menguras oli dan kotoran-kotoran di dalam mesin dengan cairan khusus (Engine Flush) sebelum mengganti oli.
2. Ganti Filter Oli: Gantilah filter oli dengan filter oli yang orisinil.
3. Ganti Oli: Pilihlah oli yang baik.
4. Transmission Oil Flush: Kuras dan ganti dengan oli transmisi baru yang disarankan pabrik.
5. Powersteering Oil Flush: Kuras dan ganti oli powersteering (misalnya: Dextron III, dst)
6. Brake Oil Flush: Kuras dan ganti oli rem (misalnya: DOT3 atau DOT4)
7. Transmission Clutch Oil Flush: Kuras dan ganti oli kopling (misalnya: DOT3 atau DOT 4).

INFO:
Indikator umum jika oli cocok dengan mesin kita adalah:
1. Suara mesin yang halus
2. Putaran mesin yang ringan dan responsif
3. Suhu mesin stabil
4. Penguapan oli yang minim

-{tetap bersyukur dengan apa yg kita dapat}-

____________ _________ _________ _________ _________ _________ _
Yahoo! sekarang memiliki alamat Email baru.
Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan @rocketmail.
Cepat sebelum diambil orang lain!
http://mail. promotions. yahoo.com/ newdomains/ id/

[Non-text portions of this message have been removed]

Bersenang-senang di Yahoo! Messenger dengan semua teman. Tambahkan mereka dari email atau jaringan sosial Anda sekarang! http://id.messenger .yahoo.com/ invite/

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

____________ _________ _________ _________ _________ _________ _
Dapatkan alamat Email baru Anda!
Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan sebelum diambil orang lain!
http://mail. promotions. yahoo.com/ newdomains/ id/

[Non-text portions of this message have been removed]

Yahoo! Mail Kini Lebih Cepat dan Lebih Bersih. Rasakan bedanya sekarang! http://id.mail.yahoo.com

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
==============================================
Official Forum  HMPC:
http://www.honda-megapro.or.id/forum/index.php
==============================================
.

__,_._,___