Thursday, March 4, 2010

RE: Bls: [Yamaha-Matic] HELP..mioku ada rembesan olinya

 

Pas lagi browsing nemu ini

 

Penghambat Oli Rembes

2009-12-11 19:38:14

3508ring-oli-dvd-1.jpgAndriyani, lady biker Tangerang puyeng tujuh pusingan. Yamaha Nouvo miliknya tak pernah sembuh dari problem oli mesin rembes. Oli selalu meleleh keluar dari baut pembuangan. Padahal, baut sudah diakali sedemikian rupa biar oli tidak keluar. Mulai meliltikan benang pada baut, hingga menambahkan ring.

Untung saja, rumahnya tidak jauh dari Garputala Motor, bengkel resmi Yamaha yang buka gerai di boulevard Citra Raya, Tangerang yang digawangi Adi Aceng. Tak perlu lama mencari penyebab rembesan oli. Biang keroknya adalah ring baut tidak sesuai penggunaannya. Ring baut Nouvo yang keluaran tahun 2006 milik Andriyani, menggunakan bahan besi. Padahal, harusnya pakai bahan aluminium, tembaga atau kuningan.

Why? Because, banyak tipe ring. Modelnya sama tapi bahannya berbeda. Nah, dari bahan inilah ketahuan letak pemakaiannya. Misalnya ring pelat, berbahan besi biasa. Karena besi, makanya cenderung kaku. Ring ini dipakai pada posisi yang tidak memerlukan penyekatan oli atau air.3509ring-oli-dvd-2.jpg

Ring besi misalnya hanya memperkokoh ikatan baut dan menjaga agar baut atau mur tidak merusak komponen yang diikat. Bila dipakai pada baut penahan oli, dipastikan bakal rembes karena kekakuan bahannya.

Makanya, ring yang benar adalah berbahan kuningan atau tembaga. Warna ring aluminium berona putih, ring kuningan tentu kuning dan tembaga cenderung kuning kemerahan.“Bahannya lebih empuk dari besi. Fungsinya tak hanya sebagai ring, tapi sebagai paking dari baut atau mur pengunci,” jelas Adi Aceng.

Jelasnya begini. Karena keempukan bahannya, ring mampu menyatu sempurna dan bisa mengikuti kontur permukaan baut. Maklum, kontur permukaan baut pasti tidak seratus persen rata. Apalagi baut yang sudah berusia bertahun-tahun. Gampang sekali ditemui lecet. Lecet inilah yang menyebabkan oli merembes keluar. Nah, ring aluminium atau tembaga dan kuningan ini, bisa menyatu dan berfungsi sekaligus menjadi paking. Sehingga, oli tidak lagi meleleh.

Intinya, ring ini dipakai pada semua baut yang menahan oli agar tidak keluar. Tidak hanya pada baut pembuangan oli mesin. Tapi juga pada baut girbok di skubek. Bisa juga ditemui di baut kepala silinder, sok depan bagian bawah.

Bukan cuma skubek, di hampir semua tipe motor ring berbahan kuningan, tembaga dan aluminium ini digunakan. Di Yamaha Scorpio misalnya, di blok kopling dan pompa oli. “Identifikasinya gampang. Bila terdapat karet o-ring pada tutup lubang pemasukan oli, maka dipastikan baut pembuangan oli diberi paking ring berbahan aluminium, tembaga atau kuningan,” tambah pria asli Tangerang ini.

Karena fungsinya itulah, ring oli harganya lebih mahal dibanding ring pelat besi biasa. Untuk ukuran baut 12, ring pelat besi biasa cuma dihargai Rp 500. Sedang yang berbahan aluminium mencapai Rp 2.000. Untuk berbahan kuningan malah bisa mencapai Rp 8.000. "Melihat fungsi dan kegunaannya, sebaiknya menggunakan ring kuningan. Percuma menghemat Rp 8.000, tapi setiap hari direpotkan lelehan oli. Belum lagi bila lelehannya banyak, pasti bikin kapasitas oli berkurang. Bahaya tuh," tambah pria berbodi imut ini.

Benar saja. Setelah ring diganti dengan bahan kuningan, Oli Nouvo milik Andriyani ini sudah tidak lagi meleleh keluar.

Manjur, teng!.

 

Ini link nya : http://www.motorplus-online.com/index.php/article/detail/id/1530

 

 

 

 


From: Yamaha-Matic@yahoogroups.com [mailto:Yamaha-Matic@yahoogroups.com] On Behalf Of suhyuti aziz
Sent: Thursday, March 04, 2010 10:26 AM
To: Yamaha-Matic@yahoogroups.com
Subject: Bls: Bls: [Yamaha-Matic] HELP..mioku ada rembesan olinya

 

 

Aduh klo ngeraba2 gini agak susah gw bro... tp gw yakin sic yang bermasalah cuma di tutup O ring yang ditutup klep.

 


Dari: "leon_pnj@yahoo.com" <leon_pnj@yahoo.com>
Kepada: Yamaha-Matic@yahoogroups.com
Terkirim: Kam, 4 Maret, 2010 10:02:41
Judul: Re: Bls: [Yamaha-Matic] HELP..mioku ada rembesan olinya

 

Udah dicoba tuh om, pake lem segala, tp rembesan oli msh ttp ada... Palingan mau cb ganti seal tutup rante keteng dlu nih

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT


From: suhyuti aziz <suhyutiaziz@ yahoo.co. id>

Date: Thu, 4 Mar 2010 09:33:03 +0800 (SGT)

To: <Yamaha-Matic@ yahoogroups. com>

Subject: Bls: [Yamaha-Matic] HELP..mioku ada rembesan olinya

 

 

Ganti aja O ringnya tutup klep lagi sebelum di pasang O ring bersihkan dulu permukaan tutup klep sampai bener2 bersih. pasang O ring, mungkin bisa di kasi lem treebound dikit asal rata. semoga oli ngga rembes lagi dech.

 

 


Dari: "leon_pnj@yahoo. com" <leon_pnj@yahoo. com>
Kepada: Yamaha-Matic@ yahoogroups. com
Terkirim: Rab, 3 Maret, 2010 10:31:24
Judul: Re: [Yamaha-Matic] HELP..mioku ada rembesan olinya

 

Sama nih masalahnya sm gw, tp klo gw gak sampe netes om... Cuma rembes aja.
Udh ganti seal tutup klep atas bawah smp 2 kali tp ttp rembes jg
Ada yg bs bantu gak ya??

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT


From: "atiknuryadin" <atiknuryadin@ gmail.com>

Date: Wed, 3 Mar 2010 07:54:38 +0700

To: <Yamaha-Matic@ yahoogroups. com>

Subject: [Yamaha-Matic] HELP..mioku ada rembesan olinya

 

 

Dear All,

 

Help me dongs... mioku kenapa ya ada rembesan olinya di daerah depan mesin

pernah ampe netes gitu.... dah pernah ganti seal O-ring tutup klep tapi selang

2 mingguan di cek masih ada aja rembesannya. ..

 

kira2 darimana ya datangnya rembesan itu./??

 

 

 

 

regards,

 

RedMioF3756KR

 


Menambah banyak teman sangatlah mudah dan cepat.
Undang teman dari Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger sekarang!

 


Kenapa BBM mesti naik? Apakah tidak ada solusi selain itu?
Temukan jawabannya di Yahoo! Answers!

__._,_.___
Recent Activity:
please visit http://www.yamaha-matic.org

"Misi dan Visi Yamaha-Matic Mailing List (YMML)adalah komunitas yang mengajak member milist untuk kompak, guyub, bisa saling berbagi rasa dan tolong menolong, dan membawa kemajuan bagi dunia otomotif khususnya para pembesut dan penggemar Yamaha Matic."
.

__,_._,___