Friday, March 5, 2010

[HSX 125 Community] Re: (Ask) boring (istilah lain nya apa)

 

hmmm...gini..
saran saya jgn ganti2 piston apapun dulu.
bubut = (bahasa milisnya..hehehe) mengurangi fisik suku cadang untuk mendapatkan bobot/ukuran/performance yang lebih ringan.
bubut aja pistonnya. (andaikan saya ada gambar piston hsx bisa saya edit2) tentang how to nya nah ini yang agak2 rahasia hahaha....andaikan ada rekan yang bisa beri gambar piston hsx dari semua sisi.
kalo yang dibubut rumah pistonnya artinya anda harus ganti piston yang sesuai diameter boring itu nantinya. dan itu one way trip gak bisa dikembalikan seperti semula. kalo yang dibubut pistonnya masih bisa dikembalikan ke ukuran semula dengan beli piston baru yang mana lebih murah daripada belli boring baru.
jadi kalo udah modif yang bubut parts maka saran saya sebaiknya bertahap jangan langsung beli ini itu bisa jadi malah motor gak tambah kenceng :D.
bertahap aja dimulai dari piston,
port intake/outtake (polished jika perlu)
karburator (kalo hsxnya pake karburator)
mainjet-airjet
gear
knalpot (bisa ganti atau dibedah modif=dibedhel istilah suroboyo-nya)

dan saran saya jangan pernah bubut magnet. dan jangan berlebihan bubutnya. kebanyakan ukuran bubutnya bisa malah gak lari tuh motor. (0,25mm aja udah terasa)

semoga memberi inspirasi hehehhe

hasto semarang
masih h 6749 kp
speed n brake responsibly plz!!

--- In honda-supra-x-125@yahoogroups.com, fahry_muhammad@... wrote:
>
> Wah nice info om hasto....
> Saya pernah dengar kata mekanik pakai piston kaze (yg agak jenong) nah katanya itu bikin responsif.
> Bubut gimana maksud nya? (Maap gaptek mesin)
> Setau saya yg di bubut rumah piston nya yah? Terus di ganti piston ukuran agak lebih besar dari std nya hsx.
>
> Salam gaptek
> #039
> Dikirim dari BerryHitam milik anak_muda
>
> -----Original Message-----
> From: "dik_hasto" <hastono.semarang@...>
> Date: Fri, 05 Mar 2010 01:50:49
> To: <honda-supra-x-125@yahoogroups.com>
> Subject: [HSX 125 Community] Re: (Ask) boring (istilah lain nya apa)
>
> dalam istilah jalanan yang saya tahu (waktu di surabaya)
> boring = rumah piston
> kop = rumah klep
>
> kalo ukuran bore up (oversize ya?) tinggal tanya dulu ukuran piston yang ukurannya sedikit diatas standarnya saja.
> kalo dulu waktu pegang grand (100cc) ada ukuran oversize (istilahnya) 25, 50 atau 100 (angka ini bukan menunjukkan pertambahan cc lho). nah yang 100 ini istilahnya udah mentok. biasanya kalo udah bore up..lain2 pasti ngikuti hehehehe...
> apa gak mending bubut piston dulu dan intake/outtake dulu, coba pelan2 dulu saja bro, kalo speed/akselerasi dah ngangkat baru tambah yang lain mo bubut as kruk, cari noken as racing, karburator, polished port, dsb (kok jadi kompor ya?) hehehe....
>
> hasto semarang
> masih h 6749 kp
> speed responsibly plz!!
>

__._,_.___
Recent Activity:
----------------------------------------------------------------------

Motto: "Hospitality, Safety & X-tra smile"

Please Visit:
http://www.honda-suprax125.org
http://hsx125c.multiply.com
http://hsx-125.blogspot.com/ for database milis

"ASK NOT WHAT YOUR COMMUNITY CAN DO/GIVE FOR YOU BUT ASK WHAT YOU CAN DO/GIVE FOR YOUR COMMUNITY"

----------------------------------------------------------------------
.

__,_._,___