Sunday, September 25, 2011

[honda-tiger] riding high : mordor made in switzerland ( 2 - habis )

http://www.facebook.com/media/set/?set=a.10150318325932486.366092.655067485&saved#!/media/set/?set=a.10150318325932486.366092.655067485&type=1

foto foto klik aja link di atas ya


BUKAN gunung berapi, tapi bukan berarti pegunungan Alpen itu mati. Selain naik
turun, menikung kanan dan kiri, masih ada bahaya lain di Grimselpass yang
siap menelan biker yang tak waspada : The Chapf 900. Inilah „gunung hidup"
yang lebih mengancam nyawa pengendara ketimbang jalanan naik turun dan
berliku itu. Menikung, dengan teknik tertentu, bisa dilalui tanpa cedera.
Begitu juga jalur yang naik turun, asal persenelingnya pas, juga mulus mulus
saja. Tapi menghadapi The Chapf 900, tak ada resep apapun. „Kecuali nasib
baik," pesan Kurt, biker dari Zug, sepekan sebelum riding high touring ini
dijalankan. „Dan *piano piano* (pelan pelan) sajalah," imbuhnya. Karena
gunung hidup ini pula, jalur menuju Grimselpass masuk lima besar *The
Most Dangerous and Wonderfull Road of The Worlds*.

The Chapf 900 hanyalah sebuah karang cadas, sebagaimana umumnya pucuk pucuk
Alpen lainnya. Hanya saja, karang ini agak istimewa. The Chapf 900
kehidupannya lebih dinamik ketimbang karang cadas alpen lainnya. Jika
„bergerak", bongkahan batu sebesar kerbau bisa bergelimpangan. Jangankan
sebesar kulkas, sebutir batu sebesar bola ping pong cukup membuat motor
setangguh apapun akan terpelanting.

Kendati sudah diledakkan sepuluh tahun silam, sisa sisa The Chapf 900 masih
mengkhawatirkan ratusan biker. Flisch, rekan biker dari Graubunden, wanti
wanti agar tetap waspada dengan karang hidup ini. „Grimselpass memang penuh
karang, hati hati saja," katanya via sms. Keringat dingin pun mulai menjalar
begitu melintasi karang pertama Grimselpass.

Seperti umumnya biker Indonesia yang kurang paham orientasi, saya lebih
memilih memelototi aspal ketimbang mencari tahu dimana karang hidup itu.
Kecepatan yang dianjurkan hingga 80 km per jam, hanya bisa saya penuhi di
berapa jalur saja. Khusus tikungan huruf U, saya hanya berani paling cepat
50 hingga 60 km per jam. Kendati meluncur *piano piano*, sebagaimana anjuran
Kurt, tak banyak biker lain yang menyalib kami. Agaknya, inilah wilayah The
Chapf 900 itu, guman saya.

Alon alon waton kelakon itu berbuah manis. Saya sampai di puncak Grimelpass
tak kurang suatu apa. Dan inilah hadiah utamanya : berdiri di pinggir tebing
ketinggian 2000 meter dari permukaan laut, sepanjang mata memandang, tampak
pameran kekuasaan karang Alpen. Sebelah kanan terhampar danau buatan, agak
jauh ke belakang terlihat salju abadi (gletscher) Alpen. Bendungan Grimsel
yang mengalirkan listrik seantero Swiss, juga ke tetangganya di Italia dan
Austria, tampak kokoh di bawah.

Grimselpass merupakan jalan gunung yang menghubungkan Swiss Jerman (Bern,
Lucerne, Zurich) ke Swiss Perancis (Wallis, Lausanne hingga Jenewa). Tiga
danau berair putih keruh – karena lelehan gletscher – mengalirkan airnya
hingga ke Laut Tengah dan Laut Utara. Sebelum Swiss mampu membuat jalan
bawah tanah menembus perut Alpen, jalur Grimselpass inilah satu-satunya ruas
penghubung Swiss Jerman ke Swiss Perancis, atau sebaliknya. Kini, jalanan
berliku itu menjadi surga pengendara motor Eropa.

Saya tembakkan sms ke rekan rekan biker di Indonesia. „Bro, ada saatnya
kalian *touring *kemari. Kalian akan seperti Frodo dan Sam di antara karang
terjal menuju Gunung Doom di Mordor". Jika Selandia Baru tak lagi menerima
Peter Jackson untuk syuting sekuel ke sekian *Lord of The Ring*, kawasan
Grimselpass, agaknya tak kalah menariknya.

Tiba tiba terdengar desisan puluhan mesin motor besar. Agaknya,
pembalap-pembalap bebal itu sedang mencoba menjadikan jalur Grimselpass
untuk sirkuit alamnya. Sekali saja terpeleset, jurang mengangah siap
menelannya. Tidak berlebihan jika sebelum masuk ke kawasan Grimselpass,
sebuah plang bertuliskan merah tampak menyalak : "Biker, *bitte*, jangan
jadikan Grimselpass sirkuit grand prix-mu". Pesan itu, agaknya, hanya
dihiraukan beberapa orang.


[Non-text portions of this message have been removed]

------------------------------------

-------------------------------------------------------
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/honda-tiger/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/honda-tiger/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
honda-tiger-digest@yahoogroups.com
honda-tiger-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
honda-tiger-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/