Tuesday, March 1, 2011

Re: [honda-tiger] Test Report CBR250R

 

intinya punya duit beli, masalah selera gak usah
diperdebatkan....Tiger..yang larinya pas pasan aja laku...apalagi CBR
250,....

*ngorek ngorek celengan semar*

Pada 28 Februari 2011 09:40, V Yongki K
<yongki_oop@gramedia-majalah.com>menulis:

>
>
> Sedikit berbagi pengalaman ngetes Honda CBR250R yg diadakan AHM untuk pers
> dan undangan di sirkuit Sentul sabtu lalu.
> Setelah pembagian grup dan briefing, saya masuk grup 3. Sambil menunggu,
> minum2 dulu+pilih safety gear yg disediakan (hanya minjem pelindung lutut
> krn dr helm,jaket,sarung tangan+sepatu boots uda pake dr rumah).
> Ada 2 pilihan model CBR250R yaitu ABS dan non ABS. Saya pertama pilih yg
> non ABS yg lbh murah (39,5 otr DKI) dan lbh enteng 5 kg.
> Naik ke jok, membiasakan dulu dgn posisi stang, footpeg dan tuas
> rem+kopling. Putar kontak, jarum tachometer bergerak ke 12 ribu rpm lalu
> kembali ke nol. Pencet starter, bunyi mesin berderum mirip2 CBR150R.
> Let's roll! Pertama, menghafalkan lay out Sentul terutama tikungan (braking
> point, banking, apex, line, in-out dll) dan tentunya riding position yg
> terasa koq mirip motor sport touring yg agak tegak, jd lap pertama santai di
> kecepatan 70-90km/jam.
> Masuk lap 2, keluar tikungan terakhir di kec 90km/jam langsung gas di trek
> lurus sampai 200 meter sblm tikungan pertama dpt 137km/jam. (Posisi
> tachometer gede diatas, bawahnya indikator kecepatan dgn model angka
> digital, enak dipantau krn segaris).
> Posisi badan nunduk masuk tikungan pertama langsung kedua di 100 km/jam.
> Masuk tikungan ketiga agak blm nyaman krn belum mendapatkan feel dr
> wheelbase sehingga beloknya ga bisa smooth.
> Perpindahan gigi kini agresif di kisaran 9000-10 ribu RPM, nafas mesin dr
> gigi 3-4 mantap, masuk 5 nafasnya panjang.
> Gigi 4 bs 110km/jam, gigi 5 bs 130 km/jam, gigi 6 cenderung untuk overdrive
> krn jarum tachometer tak naik dr 9000 RPM.
> suspensinya enak bener, sasisnya jg nurut, diajak rebah2an, perfect ga
> butuh adaptasi lama agar nyaman untuk masuk tikungan dgn agresif. Di lap ke
> 4, saya dpt top speed 144km/jam, bisa lebih krn pembalap pro seperti
> Yudhistira dan Harlan Fadillah bs mencapai 165km/jam. Masalahnya ngeri masuk
> tikungan pertama di atas 120km/jam tanpa baju balap.
> Rehat makan siang, sesi kedua saya ambil versi ABS, wah remnya lembut,nggak
> bakal takut salah krn kerja sistem ABS akan mencegah panic braking yg bikin
> rem terkunci. Sangat cocok buat yg baru belajar dan nyaman buat harian di
> perkotaan.
> Kali ini saya mengajak pembonceng, riding position agak tegak, dgn berat
> saya 90 kg dan pembonceng 50kg, suspensi Pro Link CBR250R terasa nyaman, ga
> ada gejala mentok.
> Enaknya rem ABS ini pintar, tinggal tarik rem depan maka arah motor gampang
> dikoreksi tanpa takut gejala rem terkunci.
> Dgn beban 5 kg dr sistem ABS dan pembonceng 50kg, saya dpt top speed
> 137km/jam. Rem ABS bikin saya pede masuk tikungan pertama dgn kecepatan
> 110km/jam, turunkan gigi 6 ke 5,pencet sekali rem depan,tarik badan ke sisi
> dalam,atur bukaan gas,motor masuk tikungan dgn halus.
> Saya coba berbagai riding style dr turing yg rileks, supermoto yg agresif
> dgn posisi badan berlawanan dr arah rebah motor (line-out) sampai supersport
> style yg posisi badan masuk ke dalam (line-in), ga ada gejala gesrot dr
> bagian motor meski belok sudah 45 derajat.
> overall, meski tenaga kalah galak dr Ninja250 tp CBR250R punya 2 poin
> keunggulan: tenaga mesin di rpm tengah dr 5000-9000rpm yang mantap dan
> handling yg nyaman, terlepas poin lain seperti fuel injection, berat lbh
> enteng 7kg dr N250 atau rem ABS pertama yg diterapkan di motor kelas 250cc.
> Dgn harga 39,5 jt untuk Non ABS dan 46,5jt untuk ABS, rasanya masuk akal
> dgn fitur yg didapat.
> CBR250R ini diimpor utuh (CBU) dr AP Honda Thailand oleh AHM, speknya sama
> koq dgn yg dijual di negara lain krn Thailand jadi basis produksi CBR250R di
> seluruh dunia.
> Di Thailand yg Non ABS dijual seharga 33jt, yg ABS 37,5 jt, selisih harga
> dgn Indonesia masih masuk akal. Kecuali CBR250R dibikin CKD bs harganya
> ditekan lagi. Kabarnya gelombang pertama ada 800unit, lalu 1000 unit,
> selanjutnya diimpor 3000unit/bulan.
> Pemesanan bisa online via www.welovehonda.com
> Mohon maaf jika ada salah2 kata, saya bukan org AHM, just a Honda fans!
>
>
> Vincentius Yongki Kristanto
> Otosport Magazine
> Living On Fast Lane
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
-------------------------------------------------------
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------
.

__,_._,___