Sunday, September 25, 2011

Re: [MiLYS] Ketinggian dan Perubahan Warna Oli

 

Bantu jwb jg buat share kebiasaan.
Biasanya standart ganti oli dr pabrikan max tiap 2500km.
Tp klo mao sayang lg sm mesin ya tiap 2000 atau 1500 ataupun 1000 klo bnr2 mau manjain mesin.
Klo gw pribadi berpatokan max tiap 2000km hrs ganti oli+service.
Krn apa, 2000km jarak real tempuh motor. Nah yg 500nya, gw asumsikan buat kerja mesin yg ga masuk ke km, seperti macet, geber2, berhenti dilamer, manasin mesin. Krn itu mesin bekerja tp ga masuk ke km.

Trs masalah oli gw pake Fastron pertamina, ga neko2 (no promosi). Temen2 pasti sebagian blm tau, cara ngeliat kualitas oli, mungkin ada yg hanya katanya, sugesti dll.
Mo bagi ilmu cara ngeliat kwalitas oli (belajar pas kuliah n seminar tentang mesin), temen2 bs liat di botol oli:

Pertama:
SAE (untuk kekentalan), ini pengaruh sangat sm yg namanya cuaca/iklim.
Prinsip kasarnya aja yah (cape jelasin klo detail). Hehehe
SAE 20W-50 (kentel) cocok untuk pas musim panas. Biar mesin lbh adem. Krn kalo kental disaat panas maka unsur kekentalannya akan berkurang. Coba aja ente check antara oli2 di negara arab (panas terik) sm dinegara eropa, pasti beda standart SAE dinegaranya.
SAE 10W-40 (agak encer) cocok untuk pas musim ujan, krn mesin memang adem trs kena air ujan. Disamping itu, ini jg sering dipake buat racing, krn "kebutuhan" biar kerja mesin lbh enteng (lain sisi).

Kedua:
API SERVICE S...
Contoh: Ada API SERVICE SG dst. Temen2 bs cek SG, SH, SI, SJ dst, semakin mendekati huruf Z (SZ) maka kualitas oli makin baik.
Simple liat kualitas oli, cukup liat dinameplate botolnya, tanpa kata orang2, sugesti dll. Kita sndiri bs bandingin kok, dr harga aja beda pasti lbh mahal.

Share aja prinsip pribadi.
Klo ada yg kurang CMIIW.

*cape ngetiknya ky cerpen. Hahaha

Hendy Redblasc
MiLYS 732
Tangerang Chapter

Sent from my BlackBerry®
powered by INDOSAT


From: Adnan <adnan604@milys.or.id>
Sender: yamaha_scorpio@yahoogroups.com
Date: Sun, 25 Sep 2011 14:49:55 +0700
To: yamaha_scorpio@yahoogroups.com<yamaha_scorpio@yahoogroups.com>
ReplyTo: yamaha_scorpio@yahoogroups.com
Subject: Re: [MiLYS] Ketinggian dan Perubahan Warna Oli

 


Bantu jawab ya bro, 

1. Normal 
2. Di blok mesin dekat kaca intip ada level utk mengukur batas 1200cc (oli tdk menutup full smua kaca) 
3. Tidak di semua pio terjadi seperti ini bro (cocok cocokan) 
4. Enduro biasa (SAE 20-50) coco untuk dalam kota (sering kena macet), enduro racing juga oke, kembali lg cocok cocokan 
5. Saya sendiri pake Repsol Moto SAE 20-50 sejauh ini untuk touring jauh dan dalam kota ga masalah 

CMIIW 


Regards: 


Adnan 
MiLYS 604

Sent from my iPhone

On 25 Sep 2011, at 13:14, "abu.rizq" <abu.rizq@yahoo.co.id> wrote:

 

Pio saya pake Motul Esther 5100 4 T SAE 15W-50 sudah 3 bulan kok sudah item banget keliatan dari kaca bulet. Waktu itu ganti di KM 250 KM dan sekarang sudah 1400 KM.
Ketinggian oli juga jauh diatas garis atas yg ada di sebelah kaca bulet kalo motor udah didiemin semaleman, sepertinya di kaca penuh oli / oli kabanyakan.
Waktu itu oli saya kuras sampe bener2 tiris seharian ngetap, filter oli saya ganti, dan saya isi sampe 1200 CC.
Performa mesin Pio saya rasakan akhir2 ini setelah oli berubah warna jadi hitam pekat, performa mesin menurun. Suara lebih kasar, getaran semakin terasa di stang, dan tarikan berkurang. Klep juga jadi bunyi kalo mesin udah panas. Suara mesin dan tarikan jadi nggak seempuk waktu pertama oli garu saja diganti.
Pertanyaan :
1. Normalkah gejala seperti itu ?
2. Berapa ketinggian oli normal yg terlihat di kaca sebagai indikasi
bahwa oli pio nggak kurang ?
3. Apakah memang demikian kualitas Motul Esther 15W-50 ?
4. Oli Pertamina apa yang paling cocok buat Pio ? Kalo ada yang udah
pernah make mohon sharing dan testimoninya plus dan minusnya.
5. Oli apa yang performanya awet / bertahan sampe waktunya harus
ganti tiba ? Kalo gak salah interval normal ganti oli 2000 KM kan ?

Wassalam

Arief

__._,_.___
Recent Activity:
Mari kita ramaikan forum http://forum.milys.or.id

===================================================
Biasakanlah hapus pesan-pesan yang tidak perlu
SAVE the limited BANDWITH PLEASE..!
===================================================

- Sampaikan kritik & saran ke milys@googlegroups.com
- Untuk ber-OOT silahkan join milist GeLYS kami. Ajukan permintaan pada saat Kopdar kepada pengurus MiLYS. Syarat & ketentuan berlaku.

======================================================================
.:::Ride Safely & Respect Others:::.
Safety Riding: All day long main lamps ON & wear only SNI helmets
======================================================================

MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___