Sunday, August 15, 2010

[HVC] info safety: arus balik dikawal juga dong

dear om momod, maaf menyita benwithnya dikit yah, smoga berkenan, trims.

sumber (http://edorusyanto.wordpress.com)

twitter:@edorusia

<http://goog_1078020162/>*artikel
lain<http://edorusyanto.wordpress.com/2010/08/15/diskusi-elshinta-arus-balik-dikawal-dong/>

*

*Diskusi Elshinta: Arus Balik Dikawal
Dong*<http://edorusyanto.wordpress.com/2010/08/15/diskusi-elshinta-arus-balik-dikawal-dong/>

MINGGU (15/8/2010) pagi, telepon seluler saya berbunyi. Suara diseberang
sana menyebutkan bahwa dirinya kru radio Elshinta 90.00 FM, Jakarta. "Pak
Edo, kita diskusi siaran langsung mengenai pemudik bersepeda motor. Nanti
penyiarnya Niken," ujar staf Elshinta.

Radio berita yang terkenal *concern* soal lalu lintas jalan tersebut bukan
hal baru bagi saya. Setiap menjelang arus mudik atau arus balik, Elshinta
rajin membahas soal keselamatan jalan pesepedamotor. Kali ini, sekitar tiga
minggu jelang arus mudik, saya berkesempatan diskusi via ponsel dan bersama
Bambang S Ervan, kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan
(Kemenhub) dan tentu saja disiarkan langsung oleh Elshinta.

Tahun ini, jumlah pemudik bersepeda motor ditaksir meningkat menjadi 3,6
juta orang dari sekitar 3,1 juta pada 2009. Sepeda motor menjadi kendaraan
alternatif karena biaya angkutan umum dinilai lebih mahal, selain itu sepeda
motornya bisa dimanfaatkan untuk wara-wiri di kampung halaman.

"Jika dibandingkan biaya berupa uang, memang lebih murah. Tapi ada biaya
lain seperti tubuh capek dan risiko kecelakaan," kata Bambang.

Para pemudik bersepeda motor tentu punya perhitungan seperti itu. Namun,
semangat untuk bertemu sanak family di kampong halaman, memupuskan segala
bayang-bayang potensi risko. Karena itu, bagi saya, penekanannya adalah
bagaimana bersepeda motor yang aman, nyaman, dan selamat. Termasuk
memperhitungkan beban yang diangkut, kondisi kendaraan, kondisi fisik,
hingga ritme untuk istirahat setiap maksimal dua jam bersepeda motor.

Bambang mengaku, Kemenhub menyiapkan program pengangkutan sepeda motor oleh
jasa kereta api. PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang dibawah kendali
Kemenhub, tentu saja bisa diinstruksikan untuk program tersebut. Namun,
seberapa banyak mampu mengangkut pemudik bersepeda motor?

Bagi saya, butuh koordinasi lintas instansi untuk menekan potensi kecelakaan
selama arus mudik dan arus balik. Pihak Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen
PU), Kepolisian RI, pemerintah daerah, dan Kemenhub, harus bahu membahu
sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Kerap kali, koordinasi dirasa kurang bahkan sosialisasi mengenai pentingnya
berkendara yang aman, nyaman, dan selamat terkesan tergesa-gesa. Tidak
sistematis dan cenderung ritual. Sudah saatnya, sosialisasi dilakukan setiap
saat. Tugas pemerintah berpikir dan berbuat untuk itu.

*Peran ATPM*<http://edorusyanto.wordpress.com/2010/08/15/diskusi-elshinta-arus-balik-dikawal-dong/>

"Kami juga mengajak ATPM sepeda motor dan perusahaan seperti Jasa Raharja
untuk menyiapkan bus atau truk untuk angkut pemudik bersepeda motor," tambah
Bambang.

Lagi-lagi, saya sampaikan bahwa terobosan yang harus dilakukan untuk
mengurangi potensi kecelakaan adalah dengan menggelar program pengawalan
untuk arus balik. "Arus balik sulit dikoordinasi, tapi ini masukan buat
kami," tutur Bambang.

Saya sudah sejak tahun lalu mendengungkan pentingnya pengawalan saat arus
balik. Jika ada program mudik bareng seperti yang biasa digelar para ATPM
sepeda motor, ada baiknya dibuat program serupa untuk arus balik. Sulit
bukan berarti tidak bisa. Hal itu sudah saya lontarkan juga ke para ATPM.
Mereka mengaku, masukan itu berharga dan akan menjadi pertimbangan mereka.

Diskusi terus bergulir. Ada dua pendengar yang sempat berinteraksi dalam
rentang diskusi pukul 09.15-09.49 WIB. Satu pendengar menilai program
menaikkan sepeda motor ke truk tidak efektif dan satu lagi mempertanyakan
kenapa tarif mengangkut sepeda motor oleh kereta api biayanya mahal.
"Biayanya sampai Rp 250 ribu," kata Karso, salah seorang pendengar di Depok.

Bambang dan saya sepakat, ATPM meningkatkan program kepedulian sosialnya
mengenai program arus mudik. Dan, kini semoga bisa juga program arus balik.
Maklum, biasanya, jika tidak dalam rombongan yang dikawal kepolisian dan
dalam kondisi fisik yang letih, potensi kecelakaan lalu lintas jalan lebih
terbuka. Semoga bisa terwujud program arus balik berpengawalan resmi. *(edo
rusyanto)*


*artikel lain<http://edorusyanto.wordpress.com/2010/08/14/dan%E2%80%A6pembatas-trotoar-pun-tumbang/>
*


[Non-text portions of this message have been removed]

------------------------------------

"I'M VARIO"
www.varioclub.comYahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/honda-vario/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/honda-vario/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
honda-vario-digest@yahoogroups.com
honda-vario-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
honda-vario-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/