Thursday, July 1, 2010

[Yamaha-Matic] info lantas: Berharap Kepada Trunojoyo

 

dear om momod, numpang benwith dikit yah, smoga berkenan. salam


sumber (http://edorusyanto.wordpress.com)

twt: @edorusia


artikel lain



Berharap Kepada Trunojoyo

Enam puluh empat tahun barangkali bukan usia sembarangan. Bagi institusi sebesar Kepolisian Republik Indonesia, pasti banyak hal yang sudah diperbuat. Persoalannya, seberapa besar manfaatnya bagi masyarakat luas?
Melindungi, mengayomi, dan melayani. Sebuah pernyataan yang lugas atas tanggungjawab aparat yang bermarkas besar di Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan itu. Bagi sebagian orang, Trunojoyo kemudian menjadi sebutan lain bagi Kepolisian RI.
Dari struktur Polri, Direktorat Lalu Lintas (ditlantas), menjadi elemen yang paling sering bersentuhan dengan masyarakat. Posisi polisi lalu lintas (polantas) menjadi garda paling depan.
Ujung tombak juga bagi pembentukan citra barisan berseragam coklat tersebut. Baik atau buruk citra polisi dengan mudah dilihat oleh masyarakat dari para polantas. Kita semua tahu, masyarakat cenderung menggeneralisir atas sesuatu yang dianggap buruk.

Tegas dan Konsisten
Aturan lalin jalan yang tertuang di dalam Undang Undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) memberi warna lain bagi kehidupan masyarakat. Selain jumlah aturannya lebih banyak, substansi aturan dalam UU tersebut juga kian ketat, misal, bagi pengendara sepeda motor wajib menyalakan lampu utama pada siang hari. Berani melanggar aturan itu, sanksi dendanya maksimal Rp 250 ribu atau sanksi kurungan badan maksimal satu bulan.

Polantas menjadi tulang punggung terciptanya lalu lintas yang aman, nyaman, dan selamat. Sebagai pelaksana UU No 22/2009 tentang LLAJ, Polri, khususnya polantas, diharapkan memberi ketegasan dan konsistensi yang kuat dalam menegakkan aturan lalin. Maklum, tanpa ketegasan dan konsistensi, ketertiban lalin jalan bakal jauh panggang dari api.

Kenapa demikian? Pertama, populasi kendaraan dan pengguna jalan jumlahnya tiap tahun terus bertambah. Saat ini, populasi kendaraan roda dua ditaksir sekitar 40-an juta unit, sedangkan roda empat atau lebih sekitar 10 juta unit. Bandingkan dengan jumlah panjang jalan yang pertumbuhannya di bawah 5% per tahun. Tak pelak, lalin jalan di kota-kota besar, selalu dihiasi dengan kemacetan lalin.

Ironisnya, perilaku pengguna jalan belum bisa dibilang tertib. Terlebih di kota besar seperti Jakarta. Megapolitan ini terkenal dengan kemacetan yang luar biasa. Populasi kendaraan yang mencapai sekitar 9 juta unit, membuat Jakarta seperti ladang kendaraan. Hal itu bakal menyibukkan para polantas. Maklum, jumlah polantas di Jakarta ditaksir sekitar 4.408 orang. Dengan populasi kendaraan yang mencapai 9 juta unit, satu polisi menangani 2.241 kendaraan. Dengan asumsi kendaraan yang melintas di jalan Jakarta separuh dari populasi yakni sekitar 4,5 juta unit, setiap polantas mengawasi sekitar 1.122 kendaraan.

Buntut dari perilaku pengguna jalan yang belum tertib bermuara kepada meruyaknya angka kecelakaan lalin. Tak kurang dari sekitar 50 jiwa melayang per hari pada 2009 akibat kecelakaan lalin. Di Jakarta, tak kurang dari 16 kasus kecelakaan per hari yang merenggut korban jiwa sebanyak tiga orang per hari.

Ketertiban lalin memang juga ditentukan oleh perilaku para pengguna jalan. Namun, tanpa ketegasan dan konsistensi polantas, terasa hambar. Karena itu, di tengah rasa syukur atas usia ke-64 pada 1 Juli 2010,  besar harapan di pundak polantas untuk bertindak lebih tegas.

Kapolri Jendral Polisi Bambang Hendarso Danuri pada awal 2010 mengatakan, salah satu hal yang menjadi perhatian pihaknya pada 2010 terutama adalah meminimalisir kesalahan anggota Polri di lapangan. Tentu saja termasuk salah satunya para polantas.

Sebagai pengguna jalan, kita semua mengidamkan lalin jalan yang aman, nyaman, dan selamat. Tanpa itu, mobilitas masyarakat bakal kurang lancar. Selamat ulang tahun ke-64 Polri. (edo rusyanto)


artikel lain

__._,_.___
Recent Activity:
please visit http://www.yamaha-matic.org

"Misi dan Visi Yamaha-Matic Mailing List (YMML)adalah komunitas yang mengajak member milist untuk kompak, guyub, bisa saling berbagi rasa dan tolong menolong, dan membawa kemajuan bagi dunia otomotif khususnya para pembesut dan penggemar Yamaha Matic."
.

__,_._,___