Saturday, July 31, 2010

[karisma_honda] info umum: kidung negeri minim toleransi

 

dear om momod, maaf memakai benwithnya dikit yah, smoga berkenan, trims.

sumber (http://edorusyanto.wordpress.com)
twitter: @edorusia

artikel lain

Kidung Negeri Minim Toleransi

 

 

KEMANA kita harus mengadu? Ketika warga negara mencoba bertahan di tengah sistem tranportasi jalan yang belum sempurna, nasib pilu justru menghampiri.

Warga negara, khususnya di kota-kota besar, yang belum terlayani dengan baik dalam urusan transportasi darat, memilih sepeda motor sebagai alternatif. Mobilitas pun tersokong oleh sepeda motor. Mulai dari urusan menuntut ilmu, mengais nafkah, hingga rekreasi atau anjangsana sosial.

Namun, godam menumbuk kepala. Tudingan meluncur, pengguna sepeda motor sebagai biang kemacetan. Pengguna sepeda motor penyumbang kecelakaan lalu lintas (lalin) jalan. Dan, pengguna sepeda motor menyedot bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Tak adakah perhitungan, efisiensi dan efektifitas dari penggunaan sepeda motor untuk mendorong mobilitas dan perekonomian?

Sekitar 8 juta sepeda motor beredar di Jakarta. Kendaraan roda dua itu menjadi alat transportasi penting, ketika moda transpotasi umum tak memadai.

Sebagian besar pengguna sepeda motor adalah demi menafkahi keluarga alias alat transportasi untuk bekerja. Artinya, roda perusahaan berputar karena karyawannya datang tepat waktu atau urusan pekerjaannya menjadi rampung karena masuk kerja tidak terlambat. Coba bandingkan jika naik transportasi umum, butuh waktu minimal dua kali lipat ketimbang angkutan umum. Belum lagi soal biaya yang harus dipikul. Bisa-bisa, 20-30% pendapatan hanya untuk urusan transportasi.

Mayoritas pengguna sepeda motor membeli dengan sistem kredit dari lembaga pembiayaan. Jumlah kredit macet atau nonperforming loan-nya pun di bawah 2%. Artinya, para pengguna sepeda motor ikut memutar perekonomian. Maklum, dana multifinance sebagian besar dari pinjaman perbankan. Uang yang numpuk di bank lebih bermanfaat diputar oleh multifinance. Di tengah kering kerontangnya kredit modal kerja atau kredit investasi karena sektor riil belum bergerak, perputaran kredit di sektor otomotif mendorong perekonomian. Tahun 2009, dari total penjualan sekitar 5,8 juta unit, sedikitnya dana yang diputar sekitar Rp 58 triliun.

Tak dipungkiri bahwa jumlah kendaraan yang terlibat kecelakaan mayoritas adalah sepeda motor karena populasinya jauh lebih tinggi. Setidaknya saat ini beredar sekitar 45 jutaan unit sepeda motor, sedangkan mobil sekitar 8 juta unit. Namun, berkaca dari kondisi kecelakaan lalu lintas jalan di Jakarta per semester pertama 2010, pemicu kecelakaan jalan adalah para pengendaranya. Hal itu menegaskan, yang perlu disentuh untuk mengurangi potensi kecelakaan adalah meningkatkan kemampuan berkendara yang benar, pengendara yang bisa saling menghargai sesama pengguna jalan. Mentaati aturan serta bersahabat dan santun di jalan.

Untuk urusan konsumsi BBM subsidi, perlu ditelaah juga penggunaan BBM bersubsidi pada kendaraan mobil pribadi.

Dalam perhitungan orang awam, jika moda transportasi umum sudah aman, nyaman, dan terjangkau secara akses dan finansial, pemanfaatan kendaraan pribadi, termasuk sepeda motor bakal menyusut. Walau, secara gradual, suatu ketika pemakaian sepeda motor sebagai alat transportasi utama jumlahnya bakal mengecil secara alamiah.

Kini, di tengah masih karut marutnya moda transportasi massal, sepeda motor merupakan pilihan yang rasional. Rakyat mencoba bertahan. Kenapa disalahkan?

Seorang teman bertutur, "Pengendara sepeda motor itu seperti wanita muda nan cantik yang menjadi korban perkosaan. Sudah menderita fisik dan batin, kemudian divonis bersalah di pengadilan karena sang wanita dituduh menggoda sang pemerkosa." (edo rusyanto)


artikel lain

__._,_.___
Recent Activity:
- KOPDAR RUTIN KHCC 1x 1 bulan, minggu pertama hari Jum'at, Pelataran Patung Panahan Senayan, Jam 18.30 - 21.30
==========================================================================
- Info, masukan, saran maupun kritik untuk KHCC, silahkan kirim email ke : pengurus@khcc.or.id
===========================================================================
Related Link:       http://www.khcc.or.id
.

__,_._,___