Monday, November 21, 2011

Re: [horneters] Re: [HORNET] diskusi aja ya....Honda cub pake turbo....

 

sebenarnya ya seperti itu juga... bedanya klo dengan turbo, udara yang masuk akan dipadatkan sebelum dimasukan ke ruang pengabutan bensin...sedangkan kalo tanpa turbo...cuma corong pengambil udara...setelah melalui ruang filter udara...tekanan udara tetap pada tekanan 1 atm..tanpa ada penambahan tekanan / tanpa perubahan...

mohon dilihat gambar di bawah

klo ga nongol gambarnya klik link di bawah ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuGWR0jHdUAAUi0oNr9tJma-wBkBWEVuNeidtMO5etKE8EhYJ_ch3BALmGUMpBFV9kN0QiftQZ_cCnSlss1Rm84SiWNcIZSHSzZK9_2ILLegKM8TmMuq_TfwFNIW5KeL4ka5KAGQVjBPs/s1600/turbo-parts.gif

Pada gambar terlihat

Turbin Exhaust gas inlet... tempat gas buang kendaraan masuk yang akan memutar turbin

Turbin Exhaust gas outlet... tempat keluar gas buang mesin yang telah memutar turbin yang nantinya akan dipakai tempat silincer / knalpot...

lalu Compressor ambient air inlet...itu tempat udara bersih (udara yang telah melalui filter) masuk dan akan di padatkan (Compress) oleh "compressor wheel".

setelah itu udara yang telah dipadatkan / diberi tekanan akan dimasukan ke tempat pengabut bensin melalui saluran compressor air discharge....

Tambahan dari www.garettturbocharger.com

Dalam prakteknya turbocharger memanfaatkan aliran udara/gas buang dari
sisa proses pembakaran mesin untuk memutar sebuah turbin. Turbin dalam
turbocharger ini dapat berputar hingga 150.000 rpm(rotation perminute)
dan temperatur di dalam turbin sangat tinggi.

Satu hal yang pasti untuk
menambah daya dari sebuah mesin adalah dengan menambah pasokan udara dan
bahan bakar sehingga dapat terjadi proses pembakaran yang sempurna,
sehingga tenaga yang dihasilkan lebih besar.Untuk mendapatkan hal itu,
dapat diperoleh dengan menambah jumlah silinder atau memperbesar
diameter silinder. Tetapi kadang kedua hal tersebut sangat tidak
efisien.

Dengan turbocharger penambahan tenaga / daya mesin dapat
diperoleh dengan mudah dan besar manfaatnya, dan terlebih lagi
turbocharger dapat diperoleh / dibeli sebagai tambahan aksesori mesin
mobil dan dibeli terpisah.

Biasanya sebuah turbocharger dapat
menambah pasokan udara dengan tekanan 6-8 psi (pound per square) ke
dalam silinder mesin mobil. Dalam kondisi normal tekanan udara normal
adalah 14 psi, sehingga sebuah turbocharger dapat menambah
hampir 50% lebih banyak udara ke dalam silinder mesin. (perhitungan 14 psi + 6 psi)

jadi kesimpulannya...dengan menggunakan turbo, yang semula udara yang masuk dengan semburan bensin hanya 14 psi...setelah menggunakan turbo, udara yang masuk keruang pembakaran berserta semburan bensin bisa mencapai 20 psi atau 22 psi... yang mana kondisi ini tidak akan didapat tanpa bantuan turbo (hanya menggunakan saluran khusus pengambil udara tanpa dipadatkan lagi)

semoga membantu....(hehehehe kayak yang ngerti aja yak gw)....maklum bro ..masih belajar juga...

Bayu Prawira Perkasa
Local Staff
Defense Attache of Brunei Embassy
Jakarta, Republic of Indonesia.

PVT,IST-001,MPC-004,HORNET-095,ADV-RIDERS INDONESIA.

--- On Mon, 21/11/11, Setyo Widjanarko <setyo_widj@yahoo.com> wrote:

From: Setyo Widjanarko <setyo_widj@yahoo.com>
Subject: Re: [horneters] Re: [HORNET] diskusi aja ya....Honda cub pake turbo....
To: "Honda_Motor@yahoogroups.com" <Honda_Motor@yahoogroups.com>
Date: Monday, 21 November, 2011, 8:04 AM

 

soal cara kerja turbo kok saya jadi mikirnya jd lain ya (mohon diluruskan) kalo hanya ingin mendapat pasokan udara dan tekanan udara knp gak dibuat khusus saluran udara yang masuk ke karburator yang ujungnya mengarah kedepan jdi pas jalan otomatis akan ada udara yang masuk kan prinsipnya kayak turbo jg?

setyo

________________________________

From: rahmat faisal <husnulamalia@yahoo.com>

To: "Honda_Motor@yahoogroups.com" <Honda_Motor@yahoogroups.com>

Sent: Saturday, November 19, 2011 4:21 PM

Subject: Re: [horneters] Re: [HORNET] diskusi aja ya....Honda cub pake turbo....

 

tapi innova dan panther sekarang ga pake lg turbo timer termasuk truk semacan Dyna. Canter, Dutro yang udah pake turbo...

karena kebiasaan orang sebelum mematikan mesin pedal gas di gas2 mulai hilang, dimana kebiasaan super buruk ini adalah musuh utama muat mesin turbo

*itulah kenapa taun 90an awal Fiat Uno Turbo ga laku... banyak yang jebol cuman gara2 salah cara mematikan engine, padahal dibuku manual dah dijelasin :(

*susah emang bangsa males baca, cuman ngandelin katanya-katanya.....

 

Salam,

Dito a.k.a Peturing Bayaran

The MatDerek van Depok

PVT Pool Kelapa Dua

DEREG (Depok Regional Group)

"Don't Chase Me mas, lah kan saya lg ngederek ya pasti pelanlah..."

________________________________

From: W A W A N <wawan_only_one@yahoo.com>

To: Honda_Motor@yahoogroups.com

Sent: Friday, 18 November 2011, 16:12

Subject: Re: [horneters] Re: [HORNET] diskusi aja ya....Honda cub pake turbo....

 

mengenai turbo timer,pantes aja mobil panther yg pake turbo, gak langsung mati mesinnya sewaktu kunci kontak dimatikan.

baru ngerti aku...

------------

Regards,

NURYANTO 'WAWAN' SETIAWAN

http://nusadesain.blogspot.com/

sent from the heart, powered by love

--- On Fri, 18/11/11, W A W A N <wawan_only_one@yahoo.com> wrote:

From: W A W A N <wawan_only_one@yahoo.com>

Subject: Re: [horneters] Re: [HORNET] diskusi aja ya....Honda cub pake turbo....

To: Honda_Motor@yahoogroups.com

Date: Friday, 18 November, 2011, 12:10 PM

 

nnaaaahh ini baru jelas!

kesimpulannya, turbocharger cocok buat ngejar topspeed tinggi. supercharger cocok untuk main akselerasi.

------------

Regards,

NURYANTO 'WAWAN' SETIAWAN

http://nusadesain.blogspot.com/

sent from the heart, powered by love

--- On Fri, 18/11/11, Didy Kristianto <dreus2001@yahoo.com> wrote:

From: Didy Kristianto <dreus2001@yahoo.com>

Subject: Re: [horneters] Re: [HORNET] diskusi aja ya....Honda cub pake turbo....

To: "Honda_Motor@yahoogroups.com" <Honda_Motor@yahoogroups.com>

Date: Friday, 18 November, 2011, 12:03 PM

 

Prinsip kerja Turbocharger dan Supercharger

TURBOCHARGER dan supercharger adalah perangkat terpisah pada mesin yang berguna

untuk meningkatkan pasokan udara yang dibutuhkan oleh mesin dalam proses pembakaran. Dengan kata lain kedua perangkat ini merupakan kompresor

turbin yang menghisap udara dari luar dan menekan udara tadi ke saluran intake manifold mesin. Perbedaan diantara keduanya ada pada sumber penggerak putaran turbin.

Turbocharger atau yang akrab disebut turbo memiliki dua turbin yang

terhubung dalam satu poros. Turbin sekunder berfungsi sebagai 'kincir'

penggerak yang tenaganya diambil dari 'tiupan' udara sisa pembakaran

mesin. Kincir inilah yang berfungsi memutar turbin kompresor utama.

Karena dapat bergerak bebas, turbin kompresor ini dapat berputar

hingga lebih dari 70.000rpm dan dapat menghasilkan tekanan udara yang

sangat besar. Oleh karena itulah perangkat ini diberi katup by pass agar tekanan udara yang dihasilkan tidak berlebihan.

Jika turbo mengandalkan tekanan gas sisa pembakaran, berputarnya

turbin atau kompresor pada supercharger memanfaatkan tenaga putaran

mesin. Karena putaran mesin umumnya hanya 'bermain' kurang dari 7.000rpm

maka tekanan yang dihasilkan tidak sedahsyat turbocharger.

Meski demikian, supercharger unggul pada putaran bawah karena perangkat ini

sudah mulai bekerja pada rpm rendah. Peningkatan tenaganya pun sangat

halus karena putaran turbin selaras dengan putaran mesin.

Jika supercharger sudah bekerja di rpm bawah, turbocharger baru akan

bekerja menunggu mesin berputar pada rpm tertentu agar gas buang

memiliki cukup tekanan untuk memutar turbin sekunder. Oleh karena itu

ketika mesin merangkak dari rpm bawah hingga turbo bekerja optimal akan

terasa ada 'hentakan' yang disebut sebagai 'turbolag'.

Untuk menyiasati hal itu, para perancang turbocharger mendesain

sudu-sudu turbin dengan kemiringan yang dapat berubah-ubah sehingga saat

berputar rendah, turbin utama sudah bisa memberikan tekanan yang cukup.

Setelah putaran ideal tercapai, sudu-sudu tadi berubah ke posisi

semula. teknologi ini dinamai variable turbine geometry.

Putaran turbin yang demikian cepat pada turbocharger membutuhkan

pelumasan yang baik untuk menjaga poros turbin tak cepat aus. Terlebih

perangkat ini dibuat sangat presisi. Umumnya turbo memanfaatkan pelumas

mesin yang dipompakan pada perangkat turbo.

Karena itu mesin turbo tidak dianjurkan untuk dimatikan langsung ketika habis

digeber pada kecepatan tinggi. Ketika mesin langsung dimatikan otomatis

suplai oli terhenti, padahal saat itu turbo masih berputar cepat akibat

gaya inersia yang masih tersimpan.

Umumnya mesin turbo dipasangkan perangkat tambahan yang diberi nama turbo timer agar mesin tetap hidup beberapa saat meski kunci kontak dicabut. Tujuannya

untuk memberikan kesempatan sampai turbin di dalam turbo berkurang

putarannya ke kondisi idle.

Karena perangkat turbo terhubung dengan saluran gas buang yang

merupakan sumber panas, maka suhu udara yang terhisap dalam intake

manifold ikut meningkat. Padahal jika suhu udara panas membuat molekul

oksigen renggang dan menipis.

Pada mesin turbo moderen disisipkan lah perangkatintercooler diantara turbo dan intake manifold untuk menurunkan kembali suhu udara yang panas agar kandungan oksigen menjadi lebih rapat.

Sebagai gambaran betapa dahsyatnya perangkat ini mendongkrak tenaga

ini, di era kejayaan turbo di ajang balap Formula 1, mesin dengan

kapasitas 1.600cc sanggup menghasilkan tenaga hingga 1.200 hp! (Cdx)  

________________________________

From: W A W A N <wawan_only_one@yahoo.com>

To: Honda_Motor@yahoogroups.com

Sent: Friday, November 18, 2011 3:39 PM

Subject: Re: [horneters] Re: [HORNET] diskusi aja ya....Honda cub pake turbo....

 

mumpung lagi ngomongin turbo, mau nanya juga, apa bedanya turbocharger ama supercharger ?

------------

Regards,

NURYANTO 'WAWAN' SETIAWAN

http://nusadesain.blogspot.com/

sent from the heart, powered by love

--- On Fri, 18/11/11, Bayu_BlueTigi <be_flashrider@yahoo.com> wrote:

From: Bayu_BlueTigi <be_flashrider@yahoo.com>

Subject: Re: [horneters] Re: [HORNET] diskusi aja ya....Honda cub pake turbo....

To: Honda_Motor@yahoogroups.com

Date: Friday, 18 November, 2011, 10:18 AM

 

tapi dit di web tentang gokart dia make mesin yamaha 225 cc klo kompresi sih ga tau...trus dipasang turbo....ga ada masalah...trus ada beberapa web yang nerangin mesin 2x kecil pake turbo kayak yamaha YBR 125...honda monkey 125... katanya sih klo memilih turbo juga ga boleh sembarangan kudu matching ma mesin...

katanya sih semakin gede turbo...maka semakin butuh rpm tinggi buat mulai bekerja...itungannya pada berapa bar gitu...maklum dit blom terlalu paham tentang turbo....

http://www.mjmturbos.com/images/SMALLEST.jpg

diatas contoh 2x turbo yang bisa di apply di motor 2x kecil....perbandingan ukuran ma kaleng koka kola....

oia dit, kata lo klo perbandingan 9,0:1 keatas di pasang turbo bakalan jebol...tapi yamaha WR250X udah di produksi turbo aftermarketnya... kompresi WR250X 11,8:1...

tapi memang untuk yang memasang turbo dalam beberapa web gw liat kompresi harus rendah ato paling tidak normalnya kondisi mesin / STDnya.....

hehehe mumpung mo akhir tahun...bonus akhir taun insya allah buat hunting turbo...hehehehe.....

Bayu Prawira Perkasa

Local Staff

Defense Attache of Brunei Embassy

Jakarta, Republic of Indonesia.

PVT,IST-001,MPC-004,HORNET-095,ADV-RIDERS INDONESIA.

--- On Fri, 18/11/11, rahmat faisal <husnulamalia@yahoo.com> wrote:

From: rahmat faisal <husnulamalia@yahoo.com>

Subject: Re: [horneters] Re: [HORNET] diskusi aja ya....Honda cub pake turbo....

To: "Honda_Motor@yahoogroups.com" <Honda_Motor@yahoogroups.com>

Date: Friday, 18 November, 2011, 12:06 PM

 

yuk kapan diskusi teknis?

turbo kalo kompresi masih diatas atau sama dengan 9,0:1 bisa jebol mesin karena namanya udara terkompresi paksa oleh turbo lalu dikompres lagi oleh piston (seher *bahasa utenk) bisa2 material dalam mesin seperti seher, ring seher, klep jebol karena ga bisa nahan kompresi.....

 

Salam,

Dito a.k.a Peturing Bayaran

The MatDerek van Depok

PVT Pool Kelapa Dua

DEREG (Depok Regional Group)

"Don't Chase Me mas, lah kan saya lg ngederek ya pasti pelanlah..."

________________________________

From: "daku.setyo@yahoo.com" <daku.setyo@yahoo.com>

To: HORNET <Honda_Motor@yahoogroups.com>; HORNET <horneters@googlegroups.com>

Sent: Wednesday, 16 November 2011, 11:51

Subject: Re: [horneters] Re: [HORNET] diskusi aja ya....Honda cub pake turbo....

 

Laaah...... Yg keluar suara cius cius gitu bukannya dr Nos ya.

Laaah.... Mesin STD kalo ditambah turbo, pasti berubah lah, namanya aja perangkat tambahan.

Buruan beli Bay, ntar kalo udah beli, gw redo ikhlas dah DARSIMA dipasangin buat eksperimen.

Regard's

Setyo a.k.a utenq™

Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----

From: Bayu_BlueTigi <be_flashrider@yahoo.com>

Sender: Honda_Motor@yahoogroups.com

Date: Tue, 15 Nov 2011 20:47:03

To: <horneters@googlegroups.com>

Reply-To: Honda_Motor@yahoogroups.com

Cc: <honda_motor@yahoogroups.com>

Subject: Re: [horneters] Re: [HORNET] diskusi aja ya....Honda cub pake turbo....

Honda wave 100 yo....klo disini ya supri cepek (supra kite dulu)....untuk suara...dia blom pasang knalpot....dari lubang bibir pembuangan dimesin langsung masuk ke turbo...n blom dipasang silincernya.... so suara cemprengnya masih di bibir turbo...kemungkinan besar yang masang tuh turbo blom masang apaan ya namanya gw lupa....pokoknya buat matiin turbo di rpm rendah... biasanya klo kita denger mesin yang pasang turbo...begitu pedal gas di lepas ato pergantian gear....bakalan kedengeran suara cius...cius.... hehehehe.....

yah untuk ngutik ngutik di jeroan mesin gw blom ngarti tenk...gw lagi penasaran aja ma yang namanya turbo....soalnya katanya tanpa perlu naikin kompresi mesin...istilahnya mesin STD aja klo di tambah turbo udah cukup....

dan abis searching sana sini....klo mesin yang kompresinya tinggi....klo mo pasang turbo diwajibin untuk nurunin kompresinya...takut jebol katanya....

Bayu Prawira Perkasa

Local Staff

Defense Attache of Brunei Embassy

Jakarta, Republic of Indonesia.

PVT,IST-001,MPC-004,HORNET-095,ADV-RIDERS INDONESIA.

--- On Wed, 16/11/11, daku.setyo@yahoo.com <daku.setyo@yahoo.com> wrote:

From: daku.setyo@yahoo.com <daku.setyo@yahoo.com>

Subject: [horneters] Re: [HORNET] diskusi aja ya....Honda cub pake turbo....

To: "HORNET" <Honda_Motor@yahoogroups.com>, "HORNET" <horneters@googlegroups.com>

Date: Wednesday, 16 November, 2011, 11:31 AM

Itu kaya di motor Supra ya. Kalo dr suara knalpotny koq kayaknya biasa aja Bay. Gak ada padet2nya.

Kalo mau naikin power, mending main di seputaran Head. Kalo banya org yg bilang, motor 4 tak, terutama HONDA main di seputaran Blok Head and noken as, pengapian, udah bisa merubah power.

CMIIW (Cobel Me If I'm Wrong)

Regard's

Setyo a.k.a utenq™

Powered by Telkomsel BlackBerry®From: Bayu_BlueTigi <be_flashrider@yahoo.com>

Sender: Honda_Motor@yahoogroups.com

Date: Tue, 15 Nov 2011 20:18:07 -0800 (PST)To: <horneters@googlegroups.com>ReplyTo: Honda_Motor@yahoogroups.com

Cc: <honda_motor@yahoogroups.com>Subject: [HORNET] diskusi aja ya....Honda cub pake turbo....

 

mangstap....

http://www.youtube.com/watch?v=yPWaNFbgEEc&feature=related

buat tigi bisa di aplikasiin nih...katanya penambahan turbo bisa naikin 10 HP yak????

hehehehehe...

oia ini cuma iseng...diskusi seputaran motor aja...sekalian klo ada rejeki mo nyoba....buat temen 2x...mo tanya dong...nyari turbo sekend dimana ya???trus harganya berapaan ya??? pernah hunting turbo baru...wedeh...harganya ga ketulungan....kisaran 5 jutaan keatas...kira 2x ada yang kisaran 1 juta kebawah ga ya???<<< pertanyaan awam, harap maklum....

pernah search juga di internet...ada beberapa gokart pake mesin yamaha 225 CC (penampilan fisik mesin lebih mirip honda GL daripada yamaha scorpio)...di pasangin

turbo....jadi pengen nyoba aja... apa lagi setelah ngeliat perbandingan WR250X sebelum dan sesudah dipasang turbo....hehehehe

ini bukan buat kebut 2xan bukan buat pamer cuma pengen tau aja ngutak ngatik mesin n tukar pendapat dan ilmu serta info...

diharapkan ga perlu komen (mau kemana sih pasang turbo???mau sekenceng apaan sih??? dan lain sebagainya yang sejenis yang ngenyek) terima kasih

Bayu Prawira Perkasa

Local Staff

Defense Attache of Brunei Embassy

Jakarta, Republic of Indonesia.

PVT,IST-001,MPC-004,HORNET-095,ADV-RIDERS INDONESIA.

[Non-text portions of this message have been removed]

--

----------------------------------------------------------

harap dibuang 3 mail sender terbawah.

agar email tidak terlalu panjang dan makan benwit

----------------------------------------------------------

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
Terima Kasih anda telah ikut serta di dalam Milis ini.


*********************************************
Kalau ingin me-reply, mohon pesan yang tidak di perlukan dan sudah panjang di hapus agar message tidak terlalu panjang
Jangan mem-posting message yang tidak ada Hubungannnya dengan Milis ini, SPAM Mail, Junk Mail, SARA.

Tolong Kerjasamanya...
*********************************************

Terima Kasih,

Moderator Team
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___