Wednesday, September 1, 2010

Re: [Yamaha-Matic] Servis bulan pertama

 

SOP sebenarnya aturan baku untuk menjalankan aktifitas, bukan hanya di institusi besar smacam ATPM, paling sederhana di rumah kita sndiri. Pasti setiap rumah punya aturan sendiri yg berlaku buat penghuni rumah atau tamu nantinya.
Untuk bkl, sebelum dia mengajukan menjadi beres, salah satu syarat harus mengikuti pedoman pada SOP masing2 ATPM, bukan masing2 beres. SOP yg harus ditaati bukan hanya bagaimana melakukan perawatan motor dengan standar, tapi operasional secara keseluruhan bkl tsb.
Tapi ada kalanya, beres juga punya standar kebijakan sendiri sebagai tambahan, bila pada SOP ATPM tidak tercantum (mis: jam buka bkl sampe malam, hari minggu buka, dll).
Masalah implementasi beres di lapangan yang berbeda2 (mungkin tdk sesuai SOP?), itu memang sulit dikontrol ATPM mengingat jumlah beres dan penyebarannya yg luas dan banyak.
Untuk itulah, kita sbg pengguna jasa beres seharusnya memberikan masukan (kritik/komplain) ketika mendapatkan pelayanan yang tidak memuaskan.
SOP perawatan berkala motor, juga sudah diatur setiap km, apa saja yg hrs dilakukan oleh mekanik untuk tiap tipe. Mungkin, kita juga lupa membuka Buku Panduan Perawatan yg diberikan ketika membeli motor baru (bukan bekas lho ya). Disitu juga ada point2 apa saja yg harus dilakukan.
So, apakah kita tdk mau jadi "pengingat" untuk hal2 yang salah? Apakah kita juga tdk mau menegur biker yg berhenti di zebra cross?, menerabas lampu merah?, belok tdk mberi isyarat?, naek ke trotoar?, tdk pake helm std?
-smoga lebih baik-

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!


From: "Yoga" <ade_yogaswara@yahoo.co.id>
Sender: Yamaha-Matic@yahoogroups.com
Date: Wed, 1 Sep 2010 20:33:32 +0700
To: <Yamaha-Matic@yahoogroups.com>
ReplyTo: Yamaha-Matic@yahoogroups.com
Subject: Re: [Yamaha-Matic] Servis bulan pertama

 

Sebenarnya SOP untuk perawatan berkala sepeda motor tuh gimana sih bro? Apa masing-masing bengkel bikin SOP sendiri atau memang sudah ada SOP khusus-nya yang bener-bener disebut "Standar"?
 
Karena hal ini bukan cuma di brand kita, ternyata di brand-brand tetangga juga gitu kejadiannya.
Beda banget kalo di otomotif roda 4, perawatan berapa rb km, cek list apa saja, cek list apa saja, penggantian apa saja dsb. Dan itu kemudian diadopsi oleh bengkel bengkel non atpm yang kemudian berkembang jadi lebih advance..
 
 
regards,
 

Yoga ~ kforever
Drive / Ride safely
2w CVT Belt Bando : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4845981
----- Original Message -----
Sent: Wednesday, September 01, 2010 1:25 PM
Subject: Re: [Yamaha-Matic] Servis bulan pertama

Mau share ajah ya...
Terlepas dari kualitas kerja mekanik neh.
Kalo bro smua msk ke beres, pernah lihat poster perawatan berkala tiap jenis motor ga ya? Atau ada bbrp beres jg pake SOP Card.
Nah, di situ terdapat berapa point yg hrs dikerjakan setiap service berkala tiap tipe mtr. Atau bisa juga dilihat di BUKU PETUNJUK PEMILIK.
Kalau diamati, disitu jelas bhw utk karburator, pada tiap service berkala dilakukan pembongkaran "apabila diperlukan" (ada masalah di karburator), utk melakukan pembersihan atau penyetelan.
Jadi, sebenarnya setiap service berkala, karburator "tidak wajib" dibongkar.
Masalahnya adalah masih banyak pemakai motor, punya persepsi bila masuk ke beres utk service, menu utamanya bongkar karburator, padahal sistem bbm nya tdk ada masalah. Kalau beres tdk melakukan pembongkaran karburator, dia akan ditinggalkan konsumen.
Utk kasus malprakatek td, klo sy yg mengalami, pasti akan kembali utk complain sampe masalah selesai. Sebab kalo kita tdk complain, bgmn bisa membuat seseorang menjadi lebih baik kalau dia tdk tahu kekurangannya????
-salam-

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!


From: zsadhu.pramana@gmail.com
Sender: Yamaha-Matic@yahoogroups.com
Date: Wed, 1 Sep 2010 05:48:24 +0000
To: <Yamaha-Matic@yahoogroups.com>
ReplyTo: Yamaha-Matic@yahoogroups.com
Subject: Re: [Yamaha-Matic] Servis bulan pertama

 

Banyak Beres yamaha yang mekaniknya masih kurang memahami Sistem Operating Prosedur dalam menangani Xeon...

Dan mohon bimbingan nya neh utk YMKI apakah memang service Xeon yang pertama dan yang ke dua atau sampai ke berapa karburator boleh di buka...

Kalau di Beres tempat saya malah dibilang motor baru kenapa harus buka karburator...

Jadi mohon YMKI memberikan jalan atau info kepada kami..

Thx

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT


From: "Zerry" <zerry.jkt@gmail.com>
Sender: Yamaha-Matic@yahoogroups.com
Date: Wed, 1 Sep 2010 09:10:14 +0700
To: <Yamaha-Matic@yahoogroups.com>
ReplyTo: Yamaha-Matic@yahoogroups.com
Subject: RE: [Yamaha-Matic] Servis bulan pertama

 

Sekedar Berbagi pengalaman aja Bro,

Sama seperti ane, service pertama Xeon juga kayak itu, waktu itu 390 KM ane
service, ane liatin, biasa diperetelin, kemudian dipasang lagi, karbu
disemprot saja, setelah itu ane pulang motor malah enakan sebelum service,
jadi bensin masuk banyak, tenaga nggak ada asep keluar baunya kurang enak,
perih padahal bensin udah pake yan biru, pas dipakai jalan boros, akhirnya
ane kagak sabar juga, telpon orang kepercayaan ane, malem-malem dibuka stel
klep, setel angin, udah jajal nggak pake di test Cuma rasain bau asepnya
sudah keluar enak dan tidak perih lagi, alhamudilillah Xeon Racun ane sudah
bisa mengaspal dengan mulus dan normal kembali..., besok mah service
gratisnya Cuma minta stempel aja ama bawa pulang oli aja deh, ganti dirumah,
buka malem, isi pagi.

Salam,
zerry

-----Original Message-----
From: Yamaha-Matic@yahoogroups.com [mailto:Yamaha-Matic@yahoogroups.com] On
Behalf Of zsadhu.pramana@gmail.com
Sent: Wednesday, September 01, 2010 4:34 AM
To: Yamaha-Matic@yahoogroups.com
Subject: Re: [Yamaha-Matic] Servis bulan pertama

Setahu saya di BERES langganan saya, dan sudah 2 kali service si Xeonfly,
karbu tidak di buka alias di utak-atik... Hanya yang diperiksa adalah
setelan gas dan ganti oli saja... Dan larinya tetep OK lah...

Salam,

Zack
Sent from my BlackBerryR
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: "Budhi@mobile" budhi5758@gmail.com
Sender: Yamaha-Matic@yahoogroups.com
Date: Tue, 31 Aug 2010 16:48:34
To: <Yamaha-Matic@yahoogroups.com>
Reply-To: Yamaha-Matic@yahoogroups.com
Subject: [Yamaha-Matic] Servis bulan pertama

Mohon sharingnya, 2 minggu lalu saya servis Xeon di beres dekat Tugas /
pulogadung, yang untuk bulan pertama, km baru 400an, yang dikerjakan kok
cuma buka membran vaccum karbu, cek lampu2 dan ganti oli mesin, cvt dan
kekencangan baut2 gak di cek, katanya gak perlu.
Keluar dari beres motor gak bisa lari (max. 60 kpj) trus saya balik ke beres
lagi, bongkar lagi tuh karbu, sepertinya pasang membran skepnya gak bener,
ceroboh banget tuh montir ya?
Sekarang kok selang pembuangan bensin dari karbu basah terus (kadang netes
ke standar tengah) apa nutup karbunya kurang kencang ya?

Salam,
Budhi

Sent from my XeonBerryR smartphone from BBM Bagus Shell, Gas Teruuusss...!

------------------------------------

please visit http://www.yamaha-matic.org

"Misi dan Visi Yamaha-Matic Mailing List (YMML)adalah komunitas yang
mengajak member milist untuk kompak, guyub, bisa saling berbagi rasa dan
tolong menolong, dan membawa kemajuan bagi dunia otomotif khususnya para
pembesut dan penggemar Yamaha Matic."
Yahoo! Groups Links

------------------------------------

please visit http://www.yamaha-matic.org

"Misi dan Visi Yamaha-Matic Mailing List (YMML)adalah komunitas yang
mengajak member milist untuk kompak, guyub, bisa saling berbagi rasa dan
tolong menolong, dan membawa kemajuan bagi dunia otomotif khususnya para
pembesut dan penggemar Yamaha Matic."
Yahoo! Groups Links

__._,_.___
Recent Activity:
please visit http://www.yamaha-matic.org

"Misi dan Visi Yamaha-Matic Mailing List (YMML)adalah komunitas yang mengajak member milist untuk kompak, guyub, bisa saling berbagi rasa dan tolong menolong, dan membawa kemajuan bagi dunia otomotif khususnya para pembesut dan penggemar Yamaha Matic."
.

__,_._,___