Friday, August 6, 2010

[yamaha_scorpio] Re: [yamaha-jupiter] info transportasi: pembatasan tanpa batas

 



Pemerintah bukan tidak mampu tetapi tidak mau membenahi Transportasi Publik. Penambahan ruas jalan bernilai trilyunan rupiah bisa dianggarkan, tetapi untuk pembenahan transportasi publik? Nol besar. Indonesia sebenarnya sudah memiliki belasan konsep canggih dalam mengatasi …permasalahan lalu lintas, semisal monorel, subway, waterway, bla bla bla….terakhir busway yang sudah running namun masih jauh dari faktor aman dan nyaman serta terjangkau secara akses maupun finansial (?)

Namun saat masuk tataran pelaksanaan? Berbagai kepentingan bermain, utamanya kepentingan bisnis….lihat sisa2 proyek monorel di beberapa ruas jalan di Jakarta? (Entah sekarang mungkin sudah tidak bersisa) sudah habis berapa uang untuk hal …"sia-sia" tersebut?

Sekarang ketika Jakarta terancam lumpuh total di tahun 2015 (metrotv said) berbagai macam wacana yang berbau putus asa digelontorkan, wacana nopol ganjil genap, pelarangan sepeda motor di tahun 2007, yang masih hangat sekarang ini, pembatasan sepeda motor di jam2 tertentu di jalan protokol, pembatasan usia kendaraan… lalu bagaimana "keberanian" pemerintah terhadap industri otomotif? ATPM "dibiarkan" berlomba-lomba memacu produksi nya, industri pun semakin memudahkan cara kepemilikan mobil/motor, bayangkan dengan uang 5 juta sudah bisa bawa pulang mobil, untuk motor? Tanpa bayar DP pun sudah bisa dibawa pulang….

Pemerintah? Apa berani melawan kepentingan kapitalis itu? Coba keluarkan kebijakan pembatasan produksi otomotif…hemmm apa bisa?

Benahi secara total transportasi publik, jangan salahkan masyarakat yang memilih moda transportasinya masing-ma…sing (entah itu mobil, motor atau sepeda) akibat dari tidak beresnya transportasi publik, mampukah pemerintah? Jawabnya mampu, Indonesia punya banyak pakar, ahli transportasi kok….hanya sekarang pertanyaannya, mau tidak?

Sekarang, kalo sudah carut marut begini….? …..Transportasi Publik, riwayatmu dulu? atau kini?



Sent from my LuckyBerry® smartphone
"if you can't follow me on the road, you can follow me on twitter, @luckysubiakto"


From: edorusia rusia <edorusia@gmail.com>
Sender: yamaha-jupiter@yahoogroups.com
Date: Fri, 6 Aug 2010 14:06:17 +0700
To: Milys<yamaha_scorpio@yahoogroups.com>; YJOC Yahoo Groups<yamaha-jupiter@yahoogroups.com>; <Yamaha-Matic@yahoogroups.com>; <yvc-chapter-bekasi@yahoogroups.com>; <vixion-indonesia@yahoogroups.com>; <vixion-chapter-bogor@yahoogroups.com>; <sc-225@yahoogroups.com>; Milis KoBOI<koboi@googlegroups.com>
ReplyTo: yamaha-jupiter@yahoogroups.com
Subject: [yamaha-jupiter] info transportasi: pembatasan tanpa batas

 

dear om momod, numpang benwith dikit yah. smoga berkenan, trims

sumber (http://edorusyanto.wordpress.com)

twitter: @edorusia

artikel lain

Pembatasan Tanpa Batas?

Memasuki Agustus 2010 aroma pembatasan sepeda motor melintas di jalan protokol di Jakarta kian menyengat. Santer terdengar bahwa pembatasan pada jam-jam sibuk di kawasan pusat pemerintahan dan bisnis akan digelar usai Lebaran Idul Fitri yang tahun ini jatuh pada 10-11 September.
Pemprov DKI Jakarta dan Kepolisian Daerah Metro Jaya beralibi, pembatasan terpaksa dilakukan demi kelacaran lalu lintas jalan di kota berumur 457 tahun ini.
Sontak direspons beragam. Ada yang menyangsikan kemacetan lalu lintas jalan hilang sama sekali di jalur Jl Sudirman-Jl MH Thamrin pasca pembatasan sepeda motor. Ada yang setuju, tapi tidak sedikit yang biasa-biasa saja.
Beban jalan Jakarta kian tahun tak mampu menampung kendaraan yang melintas. Hingga awal Agustus 2010, kendaraan pribadi yang terdiri atas mobil dan motor nyaris 10 juta unit. Sepeda motor dominan karena populasinya sekitar 7,5 juta unit, mobil pribadi sekitar 2 juta unit, dan sekitar 800 ribuan unit angkutan umum. Di sisi lain, pertambahan panjang jalan sekitar 0,1% per tahun dari luas Jakarta yang 650 km per segi.
Keruwetan lalu lintas jalan diwarnai pula oleh meruyaknya kecelakaan lalu lintas jalan yang tidak kurang dari 16 kasus per hari.

Kenapa Motor Dibatasi?
Warga Jakarta dan sekitarnya butuh sarana transportasi untuk mendukung mobilitas sehari-hari. Mulai urusan mencari ilmu, beranjang sana, sampai urusan mencari nafkah. Intinya, sepeda motor menjadi sarana transportasi utama, ketika sarana transportasi massal umum dirasakan belum mendukung mobilitas secara nyaman, aman, dan terjangkau secara akses dan finansial.

Nah, ketika ada pemikiran membatasi ruang gerak sepeda motor di Jakarta, sontak para pengendara yang menempatkan sepeda motor sebagai sarana transportasi utama langsung menjerit. "Wah, kalau dibatasi, benahi juga dong transportasi umumnya," tutur Andi, seorang bikers di Jakarta Timur.

Bahkan, "Saya bela-belain kredit motor karena untuk bisa ke kantor tepat waktu dan lebih irit, kalau naik angkutan umum waktunya lebih lama dan biayanya lebih gede," kata Bambang, warga Jakarta yang lainnya.

Ok, kalau Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyatakan bahwa pihaknya mengarahkan agar warga Jakarta memanfaatkan angkutan umum untuk urusan mobilitas. Namun, sudah memadaikah angkutan umum tersebut? Pasti jawabannya beragam. Walau, sebagian besar bakal merasa belum memadai. Itu tadi ukurannya, efektif dan efisien.

Kembali soal pembatasan sepeda motor. Sekalipun dimulai dari jalur utama di Jakarta, tampaknya resistensi bakal mencuat, selama belum ada transportasi umum massal yang aman, nyaman, dan terjangkau. Apalagi jika benar kabar yang beredar bahwa kelak, di seluruh jalan arteri yang ada koridor busway, sepeda motor tak boleh melintas. Pekerjaan rumah Pemrov memang cukup berat. Program transportasi makro harus segera diwujudkan. Kalau tidak sekarang, kapan lagi. Maklum, jeritan hati rakyat tak bisa disepelekan. (edo rusyanto)


artikel lain

__._,_.___
Recent Activity:
1.. 2.. 3.. 4.. 5..!
Happy 6th Anniversary MiLYS!

===================================================
Biasakanlah hapus pesan-pesan yang tidak perlu
SAVE the limited BANDWITH PLEASE..!
===================================================

- Sampaikan kritik & saran ke milys@googlegroups.com
- Untuk ber-OOT silahkan join milist Gelys kami. Ajukan permintaan
pada saat Kopdar kepada pengurus MiLYS. Syarat & ketentuan berlaku.

======================================================================
.:::Ride Safely & Respect Others:::.
Safety Riding: All day long main lamps ON & wear only SNI helmets
======================================================================

.

__,_._,___