Sunday, July 4, 2010

Re: [honda-tiger] Akhirnya jebol juga :))

Ya itu tadi yg saya bilang masbro. Cari tau dulu, kiprok anda mengalirkan arus ke aki brapa ampere? Kalo kiprok standar tiger posisi 1400RPM mengalirkan 1,8A. Kalo kiprok Jungkiwenas mengalirkan 3A pd posisi RPM yang sama. Namun permasalahannya adalah Bak Mandi (Aki) anda brapa Ampere? Kalo cuman 7A ya ga cukup, kalo 10A, liat dulu pengisian ke aki 10A anda brapa? Itungannya gini, lampu H4 90watt itu mengambil arus dari aki 7,5A (lampu H4 berjalan normal dan terang). Nah kalo pake Aki 10A maka ada sisa 2,5A yang bisa digunakan untuk klakson, lampu sein, lampu senja, lampu blakang dan lampu rem. Lampu H4 90watt akan menyedot arus aki 7,5A selama perjalanan anda, kalau anda berjalan lebih dari 1 jam, maka arus sbesar 7,5A akan tersedot smua, nah balik lagi ke pengisian, kalo pakai kiprok standar, maksimal bisa diatas 6000RPM maka kiprok standar akan mengisi 3,5A selama 1jam, itu dgn catatan anda kecepatan konstan bisa dapet 6000RPM (mustahil dilakukan dijalanan Jakarta yang macet). Kalo arus selama 1jam terpakai H4 sebesar 7,5A, kiprok standar mengisi konstan 3,5A selama 1jam dan sisa 1,5A di aki (sisa terpakai dari jatah 2,5A untuk lampu sein, klakson, lampu rem dll) brati lewat dari 1jam anda hanya akan memiliki 3,5A + 1,5A = 5A. Knapa saya bilang begitu? Krn pd saat kondisi lampu H4 saya redup, dan kiprok kondisi idle 1400RPM cuma mengalirkan arus 3A, lampu H4 90watt cuma dapet jatah 5,7A (ini kondisi lampu redup). Begitu pencet klakson lngsung nda bunyi tuh klakson....

Nah dr sini akhirnya saya melihat perlunya kita berhitung, brapa arus yg masuk mengisi aki, dan brapa arus yg kita pakai untuk menghidupkan lampu dan peralatan lenong lainnya. Mau nambah capbank jg ga ada gunanya tanpa anda merubah pengisian ke aki anda (kiprok). Jd buat apa beli mahal2 capbank lha Wong prinsip nya udh jelas, brapa arus yg masuk > brapa arus yg kluar kalo ga ingin aki keok dan tekor yg buntut2nya aki jebol dan ganti aki melulu krn ini ga ada hubungannya ama pengaturan jaringan yg rapi. Jaringan yg rapi hny menjamin tdk terjadinya hubungan pendek tp tetep aja hitungan matematika nya arus masuk > arus keluar dalam 1 jam kalo ga mau keok akinya. Bagi yg punya daihatsu Taft di mobil itu kalo ga salah ada amperemeter. Kalo saja bisa diaplikasikan ke motor maka smua akan lebih jelas...

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: "f1tR@ ." <muhamadfitra@gmail.com>
Sender: honda-tiger@yahoogroups.com
Date: Sun, 4 Jul 2010 00:16:48
To: <honda-tiger@yahoogroups.com>
Reply-To: honda-tiger@yahoogroups.com
Subject: Re: [honda-tiger] Akhirnya jebol juga :))

itu juga yg mau ditanyain kalo double kiprok or penggunaan kiprok buatan
jungkiwenas ada efek sampingnya ga nanti kalo overcharge, nah jangan2x nanti
jebol lagi kiproknya atau akinya kelebihan muatan efek sampingnya apa bro?,
makanya masih mikir2x juga nieh mo ganti kiprok tapi aki masih 7A (tapi dah
pake kapasitor bank 3.5 farad) so far sieh penggunaan klakson denso dan
lampu h4 60/55 watt masih sanggup ga bakalan tekor tapi pas gunain 100/90
watt ga ada 2 jam dah lemes tuh si macan kalo mo distarter hidupin lagi :(
yg pada intinya dah pake kapasitor bank juga cepet juga kesedot arusnya :P

2010/7/3 ODY <deskuntil@yahoo.com>

> Maaf Om mau tanya...
> Kalo kasus ini di aplikasikan penggunaan kiprok ganda atau capbank ataupun
> menggunakan keduanya bersamaan apakah dapat mengatasi masalah tersebut?
> Sebab kiprok gunanya untuk membantu pengisian aki sementara kapbank adalah
> penyimpan listrik sementara
> Terima kasih
> *yang penasaran*
> Salam
>
> Oky
>
> Sent from my PearlBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>
> -----Original Message-----
> From: bondberry.traffic@gmail.com
> Sender: honda-tiger@yahoogroups.com
> Date: Sat, 3 Jul 2010 15:43:36
> To: Html<honda-tiger@yahoogroups.com>
> Reply-To: honda-tiger@yahoogroups.com
> Subject: Re: [honda-tiger] Akhirnya jebol juga :))
>
> Nope... Ga gitu jagne. Td gue cek pake peralatan pengukur arus amperemeter
> punya jungkiwenas. Dr kiprok mengalir arus mengisi aki sebesar 3A pd posisi
> 1400RPM dan 5,7A pd posisi diatas 3000RPM. Tp pd saat yg bersamaan kondisi
> lampu menyala mengambil arus dr aki sebesar 7,5A. Sementara Klakson kalo
> dibunyikan juga menyedot arus dr aki sebesar 60watt x 2. Walopun aki
> menyimpan arus sebesar 10A x 12V = 120watt, tp digunakan untuk lampu 90watt,
> lampu blakang dlm kota 5watt, lampu senja 5watt dan klakson sesekali per
> 2kali din din sebesar 120watt.... Akibatnya arus yg keluar tidak sebanding
> dgn Arus yg mengisi ke dalam aki. Let say, kecepatan konstan di 4000RPM maka
> aki hny di isi dengan arus 5,7A sementara penggunaannya untuk lampu H4 dan
> lain2nya menghabiskan lebih dari 5,7A. Akibatnya apa?? Yg karena aki sebagai
> penyimpan arus sementara maka abis dimakan untuk konsumsi yg berlebihan
> sehingga menjadi minus. Kondisi minus ini kalo berlangsung terus menerus
> maka ga heran aki tekor juga. Aki saya baru tekor setelah 4 hari pasang
> lampu H4 90watt... Artinya secara ilmiah dgn menggunakan alat untuk
> mengitung amperemeter, maka segala sesuatunya jd lebih jelas.
>
>
> Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
> Teruuusss...!
>
> -----Original Message-----
> From: "Yudi 'JagNe' Setiawan" <udee.s46@gmail.com>
> Sender: honda-tiger@yahoogroups.com
> Date: Sat, 3 Jul 2010 15:16:17
> To: HTML<honda-tiger@yahoogroups.com>
> Reply-To: honda-tiger@yahoogroups.com
> Subject: Re: [honda-tiger] Akhirnya jebol juga :))
>
>
> AFAIK akinya boni dah 10 A deh...harusnya pake 90 watt msh support......
>
>
>
>
>
> ------Original Message------
> From: armandes
> Sender: HTML
> To: HTML
> ReplyTo: HTML
> Subject: Re: [honda-tiger] Akhirnya jebol juga :))
> Sent: Jul 3, 2010 14:24
>
> thanks bro Boni atas sharingnya
> setahu saya antara kelistrikan dengan pengapian untuk engine di tiger itu
> dipisahkan, cmiaw . artinya : hrsnya engine tiger menyala saat di engkol
> walaupun accu di copot. kasus di motor bro boni, ini hrs di cari
> permasalahannya tuh bro..
>
> sekedar saran buat teman-teman yang sudah pakai/mencoba H4 100/90 Watt ,
> segera ganti dengan yang 60/55 watt saja . terangnya sudah cukup
> mumpuni.dan
> jg tidak terlalu menyedot/membebani accu yang ada.
>
> Hitungan teori lagi, aki tiger hanya 7 Amp , yg tadi bro Boni sampaikan
> bahwa head lam 100/90 watt membutuhkan arus sebesar 6 Amp (dihitung pakai
> alat) dengan 60/55 watt kita bisa saving separuhnya.
>
> salam,
>
> -panglima-
>
>
>
>
>
> ----- Original Message -----
> From: <bondberry.traffic@gmail.com>
> To: "Html" <honda-tiger@yahoogroups.com>
> Sent: Saturday, July 03, 2010 12:50 PM
> Subject: [honda-tiger] Akhirnya jebol juga :))
>
>
> > Sempet panik krn abis test kiprok di jungkiwenas kemudian mengarah ke
> > bronx, motor mati mendadak... Halah...... Nah ini ada sedikit sharing
> buat
> > teman2 bahwa hal-hal yang ilmiah dan praktek itu penting.
> > Kejadiannya gini, stlah pasang H4 90watt, tdk terjadi gejala tekor kurang
> > lebih 4 hari. Stelah itu tnyta tekor mulai dr lampu redup, klakson ga
> > bunyi, dan stater elektrik kaga idup. Akhirnya mumpung hari sabtu, buru2
> > ke jungki krn malam ini kudu ke semarang. Cek di jungki, kiprok aman dan
> > mengalirkan arus sebesar 3A pd posisi 1400RPM. Kalo di gas ke 3000RPM
> > mengalirkan arus ke aki sebesar 5,4A. Cek ke kabel lampu H4 90watt tnyta
> > arusnya sbesar 6A lebih dan udah redup tuh lampu. Tnyta kondisi itu yg
> > bikin aki tekor krn gue jg pake klakson 60watt x 2 kl skali pencet bikin
> > boros. Hehe. Pas lg jalan ke bronx untuk ganti lampu H4 55watt dan charge
> > aki, motor tewas mati total. Hehe... Pdhal jarak udh deket. Akhirnya
> > dorong bentar nyampe di bronx. Tnyta aki memang soak dan ada 1kabel ijo
> yg
> > lepas di rumah lampu. Td di engkol dah bisa nyala lagi. Skarang masi
> > nunggu aki di charge. Jd intinya kiprok itu mengalirkan arus ke aki untuk
> > disimpan sementara yang nantinya aki tersebut dipakai untuk menghidupkan
> > lampu, klakson, sein, lampu rem, cdi dan lain2nya. Artinya apa? Kalo pake
> > aki 10A dan sesuaikan pengisian ke aki pake kiprok yg bagus. Tp juga
> > diatur konsumsinya ya. Memang alat pengukur arus itu ada manfaatnya juga
> > jd kita bisa tau arus masuk ke aki brapa ampere dan konsumsi lampu brapa
> > ampere. Jg tmasuk konsumsi radio komunikasi. Sehingga ga bakalan jd minus
> > dhe. Demikian sharingnya di siang hari.
> >
> >
> > Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
> > Teruuusss...!
> >
> > ------------------------------------
> >
> > -------------------------------------------------------
> > HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
> > -------------------------------------------------------Yahoo! Groups
> Links
> >
> >
> >
> >
>
>
>__________ Information from ESET NOD32 Antivirus, version of virus
> signature database 5247 (20100702)__________
>
> The message was checked by ESET NOD32 Antivirus.
>
> http://www.eset.com
>
>
>
>
>
> ------------------------------------
>
> -------------------------------------------------------
> HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
> -------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
>
>
>
>
>
> Sent from my Jagoan Neon® @ mesin banter, gas Teruuusss...!
>
> ------------------------------------
>
> -------------------------------------------------------
> HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
> -------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
>
>
>
>
>
> ------------------------------------
>
> -------------------------------------------------------
> HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
> -------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
>
>
>
>
>
> ------------------------------------
>
> -------------------------------------------------------
> HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
> -------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
>
>
>
>


[Non-text portions of this message have been removed]


[Non-text portions of this message have been removed]

------------------------------------

-------------------------------------------------------
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/honda-tiger/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/honda-tiger/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
honda-tiger-digest@yahoogroups.com
honda-tiger-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
honda-tiger-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/