Monday, July 12, 2010

Re: [honda-megapro] Jenis-jenis Aki

 

Jadi, kalau misalnya kita ganti aki dari (standar) 5A menjadi 7A itu sebenarnya tidak terlalu pengaruh ya?

erwinwp


--- On Mon, 7/12/10, Taufiq Ashari <moski_tnt@yahoo.co.id> wrote:

From: Taufiq Ashari <moski_tnt@yahoo.co.id>
Subject: [honda-megapro] Jenis-jenis Aki
To: hondamegaproclub@yahoogroups.com
Date: Monday, July 12, 2010, 8:58 AM



Meski ada puluhan merek aki, mau jenis basah sampai kategori bebas perawatan, padahal fungsinya sama saja sebagai media penyimpan arus listrik. Tinggal beda ragam dan kegunaannya. Biar sampeyan paham soal jenis aki, RWS bakal bahas satu persatu. BATERAI

Kalau ada istilah aki kering, mestinya baterai yang lebih pas karena sama sekali tak ada cairan di dalamnya. Kategorinya, ada baterai sekali pakai alias nggak bisa dicharge dan baterai yang bisa diisi ulang (rechargeable).

Dari segi bahan pun beragam. Dari paling kuno Nickel-Cadmium (Ni-Cd), Nickel-Metal Hybride (Ni-Mh), Lithium Ion sampai tercanggih Lithium Polymer. Biasanya dipakai untuk peralatan elektronik karena bisa dibikin ringkas, makanya lazim diaplikasi di ponsel, kamera digital sampai laptop. Tapi nggak umum dipakai di dunia otomotif. Kenapa sih?

"Nggak cuma harganya yang mahal, faktor daya tahan rendah karena di motor panas plus getaran tinggi. Selain itu, baterai amperenya rendah," buka ARIP dari Quality Assurance PT FIRA Battery, produsen aki F-Force yang masih sodaraan sama Yu'asa.

Belum lagi faktor pengisian (recharge) yang beda. Baterai Ni-Cd nggak bisa diisi sebelum habis, kalau masih ada sisa arus listrik dan langsung dicharge bakal merusak sel dalam baterai. Jadi wajib dikuras dulu atau dipakai sampai habis.

AKI BASAH

Media penyimpan arus ini paling popular. Meski rada kuno, tapi faktor harga yang murah jadi alasan banyak di motor. "Lazim disebut baterai basah karena di dalamnya diisi elektrolit asam sulfat yang akan bereaksi dengan lempengan timah (Pb)," tambah Arip.

Ada dua jenis cairan, Bro. Yang pertama botol merah atau asam sulfat yang ngetop dipanggil air Zuur, ini dipakai untuk pengisian pertama kali. Jenis kedua yaitu botol biru yang isinya air murni (aqua demineral) untuk pengisian ulang.

Pengembangan lebih moderen dari aki basah adalah aki hybrid. "Sifatnya semi MF (Maintenance Free) karena penguapannya rendah hingga nggak perlu sering diisi air aki," ujar pria ngantor di PERUM MONDOKAN SANTOSA KAV T-20. Sayang aki ini belum dibikin buat motor alias buat mobil doang.

AKI MF (MAINTENANCE FREE)

Generasi aki paling canggih karena nggak perlu ditambah cairan elektrolit lagi. Pokoknya bebas perawatan deh. Mulai dikenal awam sejak dipakai di Honda Karisma dan Kirana.

"Ini yang banyak salah kaprah, aki MF dibilang aki kering padahal di dalamnya tetap ada cairannya tapi air aki ini cuma diisi saat pertama kali," tambah Arip.

Aki MF bisa dibagi dua jenis, jenis tertutup tanpa lubang pengisian macam GS GTZ5S bawaan Karisma yang sudah diisi langsung oleh produsennya. Ada pula yang tipe terbuka, jadi konsumen harus memasukkan botol pengisian ke rongga penyimpan.

Tapi cukup sekali doang kok ngisinya. Begitu cairan elektrolit sudah masuk, sampeyan harus memasang panel penutup. Udah gitu doang, tinggal pakai! Yang pasti harga jual aki MF bisa lebih mahal 40% dari aki basah.

Berarti aki MF masih ada airnya. Kalau kena panas, air penguapannya ditampung dalam aki. Sehingga tidak kaluar. Begitu aki dingin, uap air disirkulasikan kembali ke dalam ruang sel aki. Sehingga air aki terus berputar.

AGAR AKI AWET

Aki, khususnya aki basah, alias accu atawa baterai di motor kayak jantung. Terutama motor yang mengandalkan pengapian DC alias Direct Current. Sekali bermasalah, bisa repot. Nyawa pun bisa melayang, maksudnya nyawa aki kalau perlakuannya nggak teratur.

Paling gampang malam hari ketika motor nggak nyala. Terus, pagi hari pas mau digas. Jangan langsung pencet electric-starter. "Sebaiknya dislah aja. Ini salah satu bentuk perawatan usia aki," terang Freddyanto Basuki, Asisten Manager Technical Service, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Kok begitu? Aki menyuplai arus ke semua bagian kelistrikan motor. Cara kerja aki nggak langsung jos menyuplai arus. Tapi, butuh waktu supaya arus semua terkirim ke komponen kelistrikan. "Kalau sesuai perputaran mesin, di rpm tertentu arus dari aki baru ngisi maksimal. Berapa rpmnya, bergantung jenis motor dan merek-tipe aki," tambah Freddy yang berkantor di Jl. Perintis Kemerdekaan, Jakarta Utara.

Makanya, butuh pakai kick-starter setelah semalaman motor nganggur. Seandainya mau lewat electric-starter kudu sabar. Setelah putar kunci ke arah ON, biarkan sekitar 2 menit agar suplai arus merata. Baru deh pencet electric starter. Juga bila mesin tidak langsung hidup, jangan langsung pencet ON lagi. Tunggu sekitar 5 detik baru boleh pencet lagi.

Nyambungin kalau kuda besi didiamkan lebih dari sehari. Enggak disadari kalau arus dari aki tetap ngirim karena ada kontak positif-negatif aki ke komponen kelistrikan. Berarti arus cuma disuplai. Makanya, aki bisa tekor. Padahal, kerja aki, kan di saat mesin hidup arus bersirkulasi. "Mending kalau ninggalin motor lebih dari sehari terminal positif-negatifnya dicopot," bilang Freddy yang tinggal kawasan Bukit Sentul, Bogor. Simpel, kan!

AMPERE SESUAI KEBUTUHAN

Masih banyak yang nggak ngeh makna angka yang tertera di aki. Seperti 12V/3,5 Ah atau 12V/7 Ah. Itu adalah beban aki. Dimana aki memiliki tegangan 12 volt, namun mampu menyuplai arus maksimal 3,5 atau 7 ampere dalam waktu 1 jam.
"Tapi kalau aki masih bagus (baru), tegangannya bisa 12,5~13 volt. Itu lantaran sel-sel dalam aki kondisinya masih baik dan mampu menyimpan arus," jelas Saut Sihombing dari training servis main dealer Honda PT Capella Dinamik Nusantara.

Lantas gimana dengan aki yang punya beban 12V/3,5 Ah, apakah mampu mendukung semua beban yang ada di motor? Seperti bohlam lampu utama, sein, rem, motor starter atau klakson.

Tenang. Menurut Saut, penentuan kode di aki sebenarnya sudah dihitung pabrikan sesuai kebutuhan beban di motor. Dimana semua bisa dilihat dari jumlah sel yang ada, lalu diimbangi dengan beban tersedia. Tentu saja semua menganut perhitungan tegangan, arus dan daya yang dihasilkan.

Misalkan, diketahui aki memiliki tegangan 12 volt dengan tahanan beban lampu utama yang didapat 6 ohm diukur pakai alat multitester. Kemudian untuk mengetahui ampere-nya kita gunakan rumus I = V / r dimana I = ampere, V = tegangan dan r = tahanan. Hasilnya, 12 / 6 = 2 ampere.

"Maka arus yang diberikan aki ke bohlam lampu utama dalam 1 jam, adalah 2 ampere. Begitu juga dengan beban lainnya. Tentu masih di bawah spek kode aki," jelas bapak berkantor di Jl. Jend. Sudirman, Pekanbaru, Riau. Dan sebaliknya jika ingin mengetahui daya yang dihasilkan, tinggal gunakan rumus I x V = daya (watt) lampu utama.

Eit, jangan ada pikiran takut kehabisan arus litsrik setelah terpakai oleh lampu utama. Selama kondisi aki dan pengisian dari sepul yang sebelumnya dibatasi oleh kiprok, masih berkerja dengan baik. "Aki nggak bakal tekor," pasti Saut.(arip_rws)
 

 

 

 

(3S) Salam Sukses Selalu

Taufiq Ashari / Tawvic Moskie

- Honda MegaPro Club Indonesia

- Blogger Bekasi


contact me :

YM        : moski_tnt

Gtalk    : tawvic

FB       : tawvic@gmail.com

Twitter : tawvic_moskie







__._,_.___
Recent Activity:
==============================================
Official Forum  HMPC:
http://www.honda-megapro.or.id/forum/index.php
==============================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___