Thursday, February 25, 2010

Re: [yamaha_scorpio] Memutar yang Baik (untuk Biker)

 

numpang copas ke milis sebelah ya bro Imam..
makasih banget ilmunya..

Regards,
bennythegreat.wordpress.com

--- On Thu, 2/25/10, Imam Arkananto <imamarkan@gmail.com> wrote:

From: Imam Arkananto <imamarkan@gmail.com>
Subject: [yamaha_scorpio] Memutar yang Baik (untuk Biker)
To: "Mailing List Yamaha Scorpio" <yamaha_scorpio@yahoogroups.com>, "skywaveownerclub" <skywaveownerclub@yahoogroups.com>, "Simc GROUP" <simc@googlegroups.com>
Cc: stan82@yahoogroups.com, sman70-exxi-1982@yahoogroups.com, smpsebelas79@yahoogroups.com, sdblokd2pagi1975@yahoogroups.com
Date: Thursday, February 25, 2010, 11:01 AM

 

Dear All Bro n Sis....

Beberapa waktu yang lalu ada postingan di salah satu milis komunitas biker yang saya ikuti, yang menanyakan bagaimana  cara memutar yang baik, Namun karena kesibukan saya menyebabkan saya  tidak sempat mengikuti topik tersebut sehingga tidak tahu bahasan teman2.

Menurut saya cara memutar yang baik adalah sebagai berikut dibawah ini, mohon di ingat ini adalah pendapat pribadi saya berdasarkan pengalaman  selama ini. Apabila ada saran memutar yang lebih baik yang dikeluarkan dari sumber yang kompeten, maka silahkan ikuti saran tersebut.

Dalam memutar ada tiga hal utama yang harus diperhatikan.

  1. Tempat Memutar
  2. Proses/prosedur Memutar
  3. Mengutamakan keselamatan baik diri sendiri maupun orang lain.

1.       Tempat Memutar

a.       Jalan yang memiliki pemisah jalur

1.       Jika jalanan memiliki  pembatas jalan, maka berputarlah di tempat putaran yang memang disediakan untuk kita (ada rambu tanda berputar – U Turn).

2.       Jangan berputar ditempat putaran yang diperuntukan  kendaraan dari arah berlawanan, ataupun yang terdapat rambu dilarang berputar (U Turn – dicoret)

3.       Jangan berputar di ujung lampu pengatur lalu lintas (traffic light), kecuali jika ada rambu diperbolehkan memutar ditempat tersebut.

4.       Jangan sekali-kali menggunakan jembatan penyeberangan untuk berputar, jalur tanjakan yang disediakan dijembatan penyerberangan adalah untuk gerobak pedagang, bukan untuk sepeda motor. Jembatan penyeberangan adalah untuk pejalan kaki bukan untuk sepeda motor, jika anda menggunakan jembatan penyeberangan untuk memutar, selain melanggar aturan lalu lintas, anda jelas adalah biker kampungan

 

b.      Jalan yang tidak memiliki pemisah jalur

1.       Jika jalanan tidak memiliki pemisah jalur maka carilah tempat yang cukup lebar untuk memutar dan jalur yang lurus serta datar.

2.       Jangan memutar di tanjakan/turunan  yang terjal (ada kemungkinan anda tidak terlihat oleh pengendara lain, selain itu kemiringan jalan bisa mengganggu keseimbangan motor)

3.       Jangan memutar di jalanan yang menikung  - posisi anda mungkin tidak terlihat oleh pengendara lain yang akan masuk ke tikungan tersebut.

4.       Jika situasi lalulintas ramai tunggu sampai situasi cukup aman untuk berputar, selama menunggu jika perlu berhent dulu di sisi kiri jalan.

 

 

2.       Prosedur memutar

1.       Nyalakan lampu sein setidaknya 50  m sebelum U Turn

2.       Lihat spion untuk mengetahui posisi kendaraan2 dibelakang kita

3.       Saat berpindah dari jalur kiri ke kanan jangan memotong jalan terlalu tajam

4.       Jika kendaraan dari belakang cukup ramai jangan paksakan diri untuk memotong

5.       Jika sudah berada diputaran, perhatikan arus dari arah berlawanan, tunggu sampai situasinya memungkinkan anda untuk keluar dari putaran. Memaksakan diri langsung keluar dari putaran bisa membahayakan diri anda dan pengguna jalan lainnya.

6.       Keluar dari putaran jangan langsung memotong arus

7.       Berpindahlah dari jalur kanan ke kiri dengan menyalakan sein dan memperhatikan arus kendaraan dari belakang anda.

 

3.       Utamakan keselamatan.

Utamakan keselamatan adalah hal terpenting dalam kita mengendarai kendaraan (baik motor maupun mobil).  Kedua poin diatas (tempat memutar dan proses memutar) semuanya dimaksudkan agar kita selamat, jadi jangan ragu untuk maju mungkin 100 – 200 meter kedepan untuk mencari tempat berputar yang aman, daripada anda memaksakan diri berputar ditempat yang membahayakan.

 

OK Bro and Sis…selamat berputar dan tetap utamakan keselamatan……..

Silahkan ditambahi jika ada yang kurang


Salam/imam arkan

MiLYS - 170 (Mailing List Yamaha Scorpio)

SOC - 157     (Skywave Owner Club)

SIMC - 018   (Samudera Indonesia Motor Community)

--
visit my weblog
http://imamarkan. multiply. com/


__._,_.___
Recent Activity:
1.. 2.. 3.. 4.. 5..!
Happy 6th Anniversary MiLYS!

===================================================
Biasakanlah hapus pesan-pesan yang tidak perlu
SAVE the limited BANDWITH PLEASE..!
===================================================

- Sampaikan kritik & saran ke milys@googlegroups.com
- Untuk ber-OOT silahkan join milist Gelys kami. Ajukan permintaan
pada saat Kopdar kepada pengurus MiLYS. Syarat & ketentuan berlaku.

======================================================================
.:::Ride Safely & Respect Others:::.
Safety Riding: All day long main lamps ON & wear only SNI helmets
======================================================================

.

__,_._,___