Wednesday, February 17, 2010

RE: [honda-tiger] (WTA) Kapasitor Bank

 

***********************
Your mail has been scanned by InterScan.
PT. AJ Central Asia Raya
02/17/10 09:28:40
***********-***********
Waduh..ikutan dung...urutan ke 4 nie...mau ya..

*japri ane kalo dah ok.

________________________________

From: honda-tiger@yahoogroups.com [mailto:honda-tiger@yahoogroups.com] On Behalf Of Deni_Suhendro@Manulife.com
Sent: Wednesday, February 17, 2010 8:13 AM
To: honda-tiger@yahoogroups.com
Cc: honda-tiger@yahoogroups.com
Subject: RE: [honda-tiger] (WTA) Kapasitor Bank

gw juga ikutan...

*ngantri di barisan ketiga...sambil nyiapin uang Rp. 23.500,- + Biaya
Khursus *

"decky" <deckyiman@gmail.com <mailto:deckyiman%40gmail.com> >
Sent by: honda-tiger@yahoogroups.com <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com>
02/16/2010 10:08 PM
Please respond to
honda-tiger@yahoogroups.com <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com>

To
"honda-tiger@yahoogroups.com <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com> " <honda-tiger@yahoogroups.com <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com> >
cc

Subject
RE: [honda-tiger] (WTA) Kapasitor Bank

Wahh bener juga tuh om rully...
*ikutan ngantri dibelakang om rully*

Sent from my Nokia phone
-----Original Message-----
From: Rully Yogaswara
Sent: 16/02/2010 20:45:24
Subject: Re: [honda-tiger] Re: (WTA) Kapasitor Bank

Mas didi kenapa ngga di buat massal aja mas?

*mau minta bikinin ah

such a little thing makes such a big difference

-----Original Message-----

From: "Didi Agustiadi" <didiagustiadi@yahoo.com <mailto:didiagustiadi%40yahoo.com> >

Date: Tue, 16 Feb 2010 10:23:36

To: <honda-tiger@yahoogroups.com <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com> >

Subject: [honda-tiger] Re: (WTA) Kapasitor Bank

Teori Capasitor Bank

Seringkali kita menemui kendala susah start atau lampu redup pada saat
pertama kali menghidupkan motor, atau akselerasi yang kurang mantap.
Kemungkinan hal tersebut disebabkan accu yang sudah loyo atau tekor, atau
karena faktor daya yang buruk. Pada dasarnya rangkaian motor mayoritas
berupa koil/kumparan seperti Koil pengapian, Filamen Lampu. Secara teori
kelistrikan dengan semakin banyaknya beban yang berupa kumparan maka akan
menyebabkan arus listrik tertinggal phasanya dibanding
tegangannya(voltage). Hipotesa saya hal tersebut akan menyebabkan
akselerasi susah meningkat.

Nah untuk mengembalikan phasa agar kembali seperti semula maka digunakan
kapasitor untuk menyeimbangkan. Fungsi lain kapasitor adalah menyimpan
muatan listrik dan melepaskannya di lain waktu. Fungsi tersebut sangat
berguna pada fungsi penyearahan oleh dioda. Setelah disearahkan oleh dioda
biasanya tegangan yang timbul berupa tegangan DC(direct current) tapi
tidak sempurna karena masih berupa riak-riak gelombang. Jadi tidak stabil
pada tegangan kerja. Tugas capacitor akan mengurangi beda tegangan
tertinggi dengan tegangan terendah dengan kata lain pada saat tegangan
tinggi dia akan menyimpan arus dan pada saat tegangan terendah akan
mengeluarkan arus. Sehingga mengurangi selisih/beda tegangan dan membuat
tegangan lebih rata. Fungsi membuat lebih rata oleh sebagian orang disebut
stabilizer (penstabil tegangan)

Terus berapa besaran capacitor yang harus digunakan ? data di diketahui
kapasitas alternator motor kira-kira 0.106KW atau 106 Watt. Rumus Power =
V x I atau I = P/V Jadi 106Watt : 12V kira-kira besarannya = 8.83 A.
Sesuai dengan pelajaran elektronika dasar tentang Rectifier/penyearahan
didapatkan "Thumb Rule" buat besarnya capacitor berdasarkan besaran
Ampernya. Thumb Rule tersebut : untuk setiap 1A dibutuhkan 2200 mikro
Farad. Jadi untuk kasus di atas besaran kapasitor yang dibutuhkan adalah
8.83 x 2200 = 19.426 mikro Farad. Tapi harus diingat bahwa besaran arus di
motor di batasi oleh kapasitas regulator/Kuproknya. Untuk contoh kasus di
atas kita menggunakan kapasitor sebesar 10.000 mikro Farad dengan asumsi
berpatokan pada accu yang digunakan yaitu 3,5Ah. Maka akan didapat 3,5 x
2200 = 7.700 mikro Farad. Di pasaran nilai tersebut tidak tersedia jadi
kita pakai angka yang di atasnya yaitu 10.000 mikro Farad. Alasan lainnya
adalah masih ada keinginan untuk mengganti accu original dengan kapasitas
yang lebih besar yaitu 5Ah (buat spare bro…). Terus berapa besar tegangan
kerja capacitor tersebut ? Besarnya tegangan kerja untuk capacitor kita
patok 2x tegangan kuprok. Jika di kuprok tegangan yang keluar 15V maka
tegangan kerja capacitor = 15 x 2 = 30V. Buat safetynya kita pakai
tegangan 50V. Toh perbedaan harga capacitor untuk kedua tegangan tidak
signifikan.
Terus gimana pengkabelannya ? Beli capacitor 10.000 mikro Farad tipe
konektor/model baut seharga Rp. 15.000, kabel tiga warna AWG8(merah, hitam
hijau) (diameter core 8mm) beli Rp. 3.000, kabel skun 5 pcs (2 spare)
diameter disesuaikan dengan lubang baut accu dan massa beli Rp 2.500 dan
konektor 5 pcs (3 pcs spare) beli Rp 1.000, sumi tube sesuai ukuran kabel
beli Rp. 2.000. Jadi total jendral pengeluarannya adalah : Rp. 23.500.
Pasang konektor kabel merah ke kutub positif kapasitor dan ujung yang lain
dipasang di kutub positif accu. Gabungkan kabel hijau dan hitam (1
konektor untuk 2 kabel) kemudian pasang konektornya pada kutub negatif
capacitor dan ujung kabel hitam dipasang di kutub negatif accu. Sedangkan
ujung kabel hijau yang lain dihubungkan ke massa atau casis.
Karena ukuran kapasitor yang lumayan besar, sebaiknya ditaruh ditempat
yang tidak terlalu mengganggu tapi juga enak dilihat.
selamat mencoba ya bro...
sebenarnya relay tu fungsinya sebagai saklar elektronis jd dia akan aktif
apa bila dialiri listrik...
fungsi dari rangkaian di atas tu mengambil jalur by pass dari aki langsung
ke lampu besar(utama).....
sedikit tambahan ...seumpama menggunakan capasitor usahakan yg tegangan
kerjanya max 50 V aja sbab apa bila sumber tegangan kita cabut, sementara
beban masih bekerja akibatnya capacytor akan mem back-up tegangan sesuai
dg tegangan kerja capacytor itu sendiri...
its tambahan sorry nyusul...
untuk nilai Farrad-nya cari yg besar..minim 8600uF ato lebih besar lg...
jd kira-kira ukurannya begini: capacytor 50 V 8600 uF
……The End…
Ada yang mau nambahin tentang ini?

Jabat Erat

D2494UH

--- In honda-tiger@yahoogroups.com <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com> , "decky" <deckyiman@...> wrote:
>
> Mas Bro,
> Tolong sharenya dong yang macannya udah pake kapasitor bank,
kelebihan-kekurangan-tempat pasang ( daerah jakarta timur ) dan ongkosnya.

> Soalnya tigi ane klo dipake klakson atau nyalain sein atau lampu besar /
lampu netral di speedo pasti ngedip,padahal aki baru ganti...
>
> thanks B4
> Regards,
> Decky
> F3454KN
>
> Sent from my Nokia phone
>

[Non-text portions of this message have been removed]

------------------------------------

-------------------------------------------------------
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
-------------------------------------------------------
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------
.

__,_._,___