om yg rusak bukan itu x..yg rusak cepet mah rpmmeter....
Salam,
anjar
newtirevsportcruise
____________
Dari: Ega Pawana <xenus3006@yahoo.
Kepada: honda-tiger@
Terkirim: Kam, 21 Januari, 2010 11:15:54
Judul: Re: [honda-tiger] tips ; naik kompresi tigy tanpa operasi....
Ada benernya juga om y dibawah..itu makin cepet lagi jebolnya.. :p tapi selama knalpot g diganti y free flow yang kalah bukan stang.,tapi silinder head..silinder head pasti naik kalo digeber di rpm tinggi terus..
Nah kalo knalpot udah diganti, yang bikin jebol udah pasti kompresinya. . Dibayangin aja kalo om2 pada jatuh.. Lebih parah mana rusaknya jatuh dengan hantaman keras (nyusruk+ditabrak kendaraan lagi) atau dengan hantaman pelan (sekedar nyusruk).. :)
------- Original message -------
From: Forum <goyoungsomepaythek
To: honda-tiger@ yahoogroups. com
Sent: 21.1.'10, 10:33
>
>
> Motornya jadi enak larinya, jadi di bejek2 mulu kali. Setau gua selama bawanya ngga di sentak stang seher bakal awet2 aja. Kompresi naek tarikannya lebih yahud
>
> Sent from my iPhone 3G
>
> On 21 Jan 2010, at 09:08, must movefront <mustmovefront@ gmail.com> wrote:
>
> numpang tanya om bro,
> umur stang seher jadi lebih pendek ya..?
> kok bisa ya..?
> maap nyubie banyak tanya
>
> Pada 20 Januari 2010 21:35, Ega Pawana <xenus3006@yahoo. co.id> menulis:
>
> Memang sih cara ini bisa bikin performa motor naik.. Untuk dapet ke rpm
> tinggi gampang banget.. Tapi umur stang seher jadi mundur..
>
> *yang lagi bingung nyari stang seher+laher bambu ori..
>
> ------- Original message -------
> From: must movefront <mustmovefront@ gmail.com <mustmovefront% 40gmail.com> >
> To: honda-tiger@ yahoogroups. com <honda-tiger% 40yahoogroups. com>
> Sent: 20.1.'10, 18:16
>
> just FYI dan share
>
> Oto-Tips Honda Tiger
> Si Macan Naik Kompresi Tanpa Operasi
> ------------ --------- ---------
>
> *OTOMOTIFNET* - Umumnya, menaikkan kompresi dilakukan dengan memapas
> sedikit
> kepala si linder. Biasanya berkisar antara 0,2-0,3 milimeter. Tetapi,
> kalau
> masih ingin mempertahankan kepala silinder seperti aslinya, bisa saja
> tanpa
> diutak-atik.
>
> Seperti Honda Tiger milik Indra yang ring piston dan pistonnya sudah
> 'berumur', sekaligus ingin naik kompresi. "Bisa diganti piston sama
> ringnya
> saja yang lebih jenong," ungkap Sutrisno, dari bengkel Jawa Motor di
> kawasan
> Palmerah Barat, Jakbar.
> *
> MEGAPRO NEOTECH*
>
> Setelah digunakan bertahun-tahun sudah sewajarnya Tiger milik Indra ini
> perlu penyegaran. "Ganti piston berikut ringnya, tetapi masih 0 alias
> belum
> oversize," katanya. Diboyonglah Honda Tiger dengan mesin yang knalpotnya
> mengeluarkan asap mirip sedang fogging antinyamuk ke bengkel Jawa Motor.
>
> Di sana, pak Tris langsung menyatakan memang piston dan ring perlu
> diganti
> (gbr.1), terlebih kompo nen lain juga perlu tukar, setelah mesin
> dibongkar.
> Lantas, tawaran menaikkan kompresi pun dilontarkan oleh Indra. "Wah,
> kalau
> mau naik kompresi enggak usah dipapas head-nya," tawar Pak Tris.
>
> Memang, papas head cukup murah, biayanya sekitar Rp 40 ribuan. Namun
> kondisi
> jadi tidak standar lagi. Nah, mumpung ganti piston dan ringnya, tukar
> pakai
> milik Honda Megapro Neotech saja (gbr.2).
>
> *Gbr 1*
> *gbr 2*
>
> Diameternya sama, langsung pasang juga ke setang pistonnya. "Tetapi, saya
> papas sedikit pistonnya, sekitar 0,25 mm," tutur Sutrisno. Maksudnya,
> agar
> kompresinya tidak terlalu tinggi, jadi kalau dipakai perjalanan jauh,
> mesin
> tak panas. Lalu klep mentok enggak? Pada bagian piston yang berdekatan
> dengan klep, baik masuk dan buang, dibuang 0,5 mm (gbr.3).
>
> *Gbr 3*
>
> Kenapa pakai piston Megapro Neotech? "Antara Tiger dan Megapro diameter
> pistonnya sama, hanya langkahnya saja lebih panjang Tiger," tutur pak
> Tris.
> Begitu pun transmisi dan sproketnya, Tiger memiliki 6 percepatan, Megapro
> 5.
>
> Jadi, tak ada perubahan yang berarti pada liner alias boring Tiger ini.
> "Setang piston pun bisa langsung terpasang," jelas pak Tris.
>
> Indra pun kembali tersenyum, karena tunggangan kesayanganya kembali
> bertenaga. "Tarikan terasa lebih padat," katanya.
>
> Eits, tunggu dulu, jangan langsung dikebut, sebaiknya lakukan inreyen
> saja.
> "Putaran mesin dijaga jangan terlalu tinggi, di kisaran 4.000 rpm saja
> maksimum," jelas Indra, sesuai anjuran Pak Tris.
> *
> Penulis/Foto: Ben / Reza*
>
> *sumber :
>
> http://www.otomotif net.com/otoweb/ index.php? templet=ototips/ Content/0/ 0/1/7/8371
> *
>
> *
> *
>
> --
> perantau yg ga jelas juntrungannya. ...
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
> ------------ --------- --------- ------
>
> ------------ --------- --------- --------- --------- -------
> HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
> ------------ --------- --------- --------- --------- -------Yahoo! Groups
> Links
>
> --
> perantau yg ga jelas juntrungannya. ...
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
> ------------ --------- --------- ------
>
> ------------ --------- --------- --------- --------- -------
> HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
> ------------ --------- --------- --------- --------- -------Yahoo! Groups Links
>
>
>
Lebih Bersih, Lebih Baik, Lebih Cepat - Rasakan Yahoo! Mail baru yang Lebih Cepat hari ini! http://id.mail.
[Non-text portions of this message have been removed]
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------