Wednesday, September 30, 2009

[karisma_honda] Re: [ASK] Alat ukur RPM mesin motor

 

hahah.... lumayan bkin puyeng jg
btw klo ada referensi/sumber bacaan
boleh dong bos, bagi-bagi ilmu nya

--- In karisma_honda@yahoogroups.com, fajar fajar <fajar.bumen@...> wrote:
>
> sama-sama om..
> saya nerangin cm dari baca2 doang..
> saya ga ada dasar tekniknya..hehee
> cara ngambil sinyal arus ke busi dari kabel busi...
> karena tegangan ke busi sedemikian besar kurang lebih bisa sampai 150.00volt
> saya asumsikan ada medan listrik/magent tercipta disekitarnya..
> soalnya arus listrik tersebut bisa loncat ke kutub negatif sampai 1 cm
> lebih...(pernah kesetrum kabel busi motor lama padahal ga nempel kabel
> businya)
> revolusi: kalo di tata surya dianalogikan sama dengan 1 tahun atau satu
> proses/siklus 1 titik permukaan bumi kembali ke 1 titik tersebut dalam
> pergerakannya mengelilingi matahari..
> kalo di motor dianalogikan dengan 1 siklus mesin utk mendapatkan tenaga..
> mesin 4 tak memiliki 4 langkah yaitu isap, kompresi, pengapian dan buang...
> 4 langkah itu dari TMA piston ke TMB utk langkah isap (Klep isap terbuka
> bensin masuk), TMB ke TMA utk kompresi (2 klep tertutup), dan busi meledak
> piston terlempar TMB sehingga diperoleh tenaga (klep tertutup)dan langkah
> terakhir TMB ke TMA utk pembuangan (klep buang terbuka)
> jadi ada TMB-TMA, TMA-TMB, TMB-TMA dan TMA-TMB 4 langkah -->2 kali putaran
> kruk as --2 ROTASI --> 1 revolusi,
> kalo 2 tak..2 langkah saja..
> karena bahan bakar masuk dan sisa pembakaran terbuang melalui lubang isap, n
> lubang buang di body boring/silinder ..
> 1 langkah isap TMA-TMB:setelah ring piston melewati lubang isap, bahan bakar
> masuk, karena gaya dari kruk as piston terlempar ke TMA lagi dan busi
> meledak, piston ke TMB lagi melewati lubang buang utk membuang sisa
> pembakaran dan selanjutnya melewati lubang isap nyedot bahan bakar dan
> siklus terulang..
> jadi cuma ada TMA-TMB dan TMB-TMA atau 2 langkah--> 1 putaran kruk as -- 1
> ROTASi --> 1 revolusi..
> so...buat temen2 tau kan mengapa mesin 2 tak lebih banyak mengeluarkan
> polusi..?
> karena ketika lubang isap terbuka..lubang buang jg terbuka..jadi ada bahan
> bakar yg belum terbakar ikut terbuang ...
> kesimpulannya..
> utk 2 tak n 4 tak ketika busi sama2 menyala 1 x dan menghasilkan 1 x
> revolusi tapi beda rotasi, 2 tak 1 rotasi dan 4 tak 2 rotasi..
>
> maaf kalo kepanjangan...
>
> asyik juga ngobrolin teknik yah... :-)
>
> 2009/9/29 xion_core <xion_core@...>
>
> >
> >
> > mkasi bos ud djawab.....
> > tapi kira2 cara ambil sinyal arus yg ke busi ini gmn y cara nya? ?
> > kemudian yg dmaksud REVOLUSI, ROTASI gmn?
> > apakah beda htungan nya
> > untuk ngukur RPM d mesin 4 tak dan 2 tak? ?
> > mav klo bnyk nanya...
> > saya berencana membuat alat ukur RPM ini
> > untuk skripsi saya
> > trima kasih atasa bantuan nya
> > ,Regards
> >
> > --- In karisma_honda@yahoogroups.com <karisma_honda%40yahoogroups.com>,
> > "fajar.karyanto" <fajar.bumen@> wrote:
> > >
> > > Setau saya..
> > > Alat ukur itu cm ngambil sinyal arus yg ke busi...
> > > Utk 1 x nyala artinya satu revolusi mesin...
> > > Atau 2 putaran kruk as...
> > > Jd 1300 rpm = 1300 revolution per minute..
> > > Kalo rotation : 2x nya karena ini mesin 4 tak..
> > > Cmiiw yah...
> > > Sent from eFKa'sBerry®
> > > powered by MATRIX
> > > YM: fajar_bumen
> > > Gtalk: fajar.karyanto
> > >
> > > -----Original Message-----
> > > From: "xion_core" <xion_core@>
> > > Date: Mon, 28 Sep 2009 10:56:24
> > > To: <karisma_honda@yahoogroups.com <karisma_honda%40yahoogroups.com>>
> > > Subject: [karisma_honda] [ASK] Alat ukur RPM mesin motor
> > >
> > > mav klo sbelumnya pernah dibahas, saya mau tanya apakah ada yang tau alat
> > ukur putaran mesin (RPM) yang biasa nya ada di bengkel AH*SS ...jadi alat
> > nya hanya d tempelkan pada busi, nanti akan terukur berapa RPM mesin motor
> > tersebut, klo ada yang tau cara kerja alat ini mohon d sharing... terima
> > kasih.
> > >
> >
> >
> >
>

__._,_.___
<Available for sponsorship, contact : pengurus@khcc.or.id>
- Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir & Bathin
- KOPDAR RUTIN KHCC 1x 1 bulan, minggu pertama hari Jum'at, Pelataran Patung Panahan Senayan, Jam 18.30 - 21.30
==========================================================================
- Info, masukan, saran maupun kritik untuk KHCC, jangan ragu untuk kirim email ke : pengurus@khcc.or.id
- Di jalan melihat member KHCC yang melakukan pelanggaran dalam berlalu lintas? silahkan melaporkan detailnya (plat nomer, no id dan pelanggarannya) ke : sr@khcc.or.id
===========================================================================
Related Link:       http://www.khcc.or.id
Recent Activity
Visit Your Group
Cat Groups

on Yahoo! Groups

discuss everything

related to cats.

Find helpful tips

for Moderators

on the Yahoo!

Groups team blog.

Yahoo! Groups

Mom Power

Discover doing more

for your family

.

__,_._,___