Salam kenal smua Mas Bro....
Newbie mau share sedikit mengenai NMP yg sptnya kok kasusnya mirip2 ya dgn yg newbie alami berikut 3 motor yg complain ke AHASS Motocare Sawangan...
begini kasusnya : setelah servis ke-2 di akhir Februari 2011 (km 19xx) motor masih normal, namun setelah di KM 28xx (awal Maret 20111) motor sering mati2 di jalan + knalpot nembak2...jdar..jdor..., shg agar ttp idup & bisa jalan mainkan chuck walaupun hanya mengurangi sedikit krn RPM harus ditahan min. 4000 (grung...grung....trus walopun macet). akibat nya busi gosong. pikiran di hati (paling cuma salah setting, nanti kl sempet mampir AHASS utk setting ulang...), langsung brangkat ke AHASS tapi awalnya cm sempet beli busi (dikasi busi karisma, krn katanya sama..).
Setelah ganti busi balik ke kondisi normal, tapi setelah pemakaian 2 hari kembali terjadi hal serupa, mati2, knalpot nembak2 kaya bawa pistoL. krn blm sempet utk cek lebih jauh ke AHASS, akhirnya beli lagi busi baru, ttp sama...2 hari..modar....lagii
lalu, terpaksalah complain ke AHASS, analisa hari 1 :
- settingan klep berubah, jadi lebih kendor, yg dikerjakan : hanya setting ulang kerenggangan klep, test pakai 1 hari --> ngga solusi, hanya nembak2nya berkurang..
balik lagi hari ke 2, analisanya :
- mungkin tangki bensin kotor, padahal dari pertama motor dateng di akhir november selalu masuk pertamax, akhirnya kuras tangki & memang benar didalam tangkinya banyak karat/lumpur + air (oke lah memang biasa dari motor meggy sebelumnya selalu kuras tiap 4 bulanan)
- ada tabung buangan di karburator yang mestinya ngga perlu ( tabung isi akhirnya disumbat)
- selang2 buangan dr karburator susunannya tidak benar, sehingga jika sudah panas bisa tersumbat (dilakukan re-konstruksi selang2 dari karburator)
- membran nge-lossss (di bengkok2in dikit sm mekaniknya)
- diminta pakai premium dulu, ga blh pake pertamax.....aneh.com, tapi yo wis ikutin ajah dulu...
selesai kuras + setting2, test pakai 1 hari --> ngga solusi, malah spt ada batuk2 di bagian karburator & gas ngga bisa langsam (walaupun gas ditahan pada RPM 3000) pada kondisi mesin dingin (pagi/sore)
balik lagi hari ke-3 :
motor akhirnya diminta ditinggal utk analisa lebih lanjut, setelah 3 hari di telp katanya sudah OK dengan test 30km per hari, kondisi sudah normal.
tapi nyatanya setelah di test pakai 2 hari --> batuk2 di bagian karburator & gas ngga bisa langsam (walaupun gas ditahan pada RPM 3000) ttp saja terjadi dan sesekali gas hilang spt mati/kosong saat di jalan waktu oper gigi.
pikir2 dr pd ngemeng2 ke AHASS, langsung aja telp pihak AHM via customer center, tanya2 mungkin pernah ada kasus serupa....tapi infonya belum ada, akhirnya dpt panggilan dari AHASS utk ganti karburator copotan dr motor BARU yg ada di dealer AHASS tsb.
balik lagi yg ke-4 kali utk tuker karbu baru dgn harapan penyakitnya sembuh :
- spt ngga dilakukan apa2, kondisi masih sama persis dgn hari sebelumnya hingga hari ini....
mungkin ada Mas Bro di milis ini dari AHM bisa membantu mencarikan solusi, kira2 apa yg gagal/salah dalam NMP 2010 ini ?
terima kasih & mohon maaf jika share nya kepanjangan, hanya untuk perbaikan kualitas dari NMP....
salam,
ade
Official Forum HMPC:
http://www.honda-megapro.or.id
==============================================