dear om momod, numpang benwith yah dikit. smoga berkenan. trims
sumber (http://edorusyanto.
twt: @edorusia
artikel lain
Widih…. Minerva Lampaui Ninja
PERSAINGAN penjualan sepeda motor di segmen mesin berkapasitas 150cc cukup ketat. Minerva R150 series, besutan PT Minerva Motor Indonesia (MMI), pada Januari-Mei 2010, menempati posisi ketiga dengan penguasaan pangsa pasar 11,97%. Pangsa pasar Minerva lebih besar ketimbang Kawasaki Ninja 150 series yang sebesar 6,98%.
Raja di segmen ini masih dipegang Yamaha Vixion dengan pangsa pasar 49,15% dan Suzuki Satria FU yakni 28,50%.
Pada periode tersebut, total penjualan sepeda motor 150cc mencapai 182.950 unit. Di luar Minerva, total penjualan anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) sebanyak 161.050 unit.
Secara nasional, total penjualan sepeda motor 150cc hanya 5,45% dari total penjualan yang mencapai sekitar 2,95 juta unit. Jauh di bawah sepeda motor segmen 125cc yang mencapai 13,21%, terlebih jika dibandingkan segmen 115cc yang mencapai 28,4%. Jangan dibandingkan dengan tipe 110cc yang mencapai 46,14%.
Faktor Harga
Kenapa minat konsumen pada segmen 150cc minim? Ya. Jawaban pertama adalah karena faktor harga. Tengok saja, daftar harga versi www.kredit-motor.
Apakah harga yang paling rendah di segmen ini yang pali laku? Ternyata faktanya tidak demikian. Yuk tengok. Minerva R150 hanya mengantongi sebanyak 21.900 unit, sedangkan Vixion mampu terjual 89.912 unit. Kedua produk itu memang tidak bisa dibandingkan secara teknologi. Vixion terlalu kokoh dengan teknologi liquid cooled, 4T, SOHC (single overhead camshaft). Terlebih citra sepeda motor besutan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) melekat dengan kecanggihan teknologi dengan sistem injeksi. Sedangkan Minerva R150 yang model awalnya meniru Honda CBR 150, dianggap kurang solid karena diproduksi oleh PT MMI. Komponen sepeda motor yang diklaim mengusung teknologi Jerman itu didatangkan dari berbagai tempat yakni Thailand, Taiwan, dan Indonesia.
Kembali soal harga. Ninja RR yang dibanderol Rp 32,2 juta masih menunjukkan kelasnya. Pembeli merek ini adalah konsumen yang gemar dengan kecepatan tinggi, tentu sebatas kemampuan maksimal mesin 150cc. Motor besutan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) itu terjual 12.779 unit sepanjang Januari-Mei 2010. Artinya, pangsa pasar Ninja RR sebesar 6,98%. Sementara itu, Satria FU besutan Suzuki, walau dikategorikan tipe bebek, cukup berotot dengan penguasaan pangsa pasar 28,50% dengan total penjualan 52.138 unit. (lihat grafik)
Persaingan segmen sepeda motor 150cc memang khas jika dibandingkan tipe 110-125cc. Konsumen di level ini, cenderung menggemari kecepatan tinggi dan bergaya futuristik. Tentu saja dengan kemampuan daya beli yang relatif.
Meski begitu, jangan dibandingkan segmen 250cc, yang pada Januari-Mei 2010, hanya terjual 3.966 unit dengan pangsa pasar hanya 0,13%. (edo rusyanto)
"Misi dan Visi Yamaha-Matic Mailing List (YMML)adalah komunitas yang mengajak member milist untuk kompak, guyub, bisa saling berbagi rasa dan tolong menolong, dan membawa kemajuan bagi dunia otomotif khususnya para pembesut dan penggemar Yamaha Matic."