sumber (http://edorusyanto.wordpress.com)
twt: @edorusia
artikel lain<http://edorusyanto.wordpress.com/2010/04/25/inilah-minerva-r150vx-peluru-baru-mmi/>
*Widih…. Minerva Lampaui Ninja*
PERSAINGAN penjualan sepeda motor di segmen mesin berkapasitas 150cc cukup
ketat. Minerva R150 series, besutan PT Minerva Motor Indonesia (MMI), pada
Januari-Mei 2010, menempati posisi ketiga dengan penguasaan pangsa pasar
11,97%. Pangsa pasar Minerva lebih besar ketimbang Kawasaki Ninja 150 series
yang sebesar 6,98%.
Raja di segmen ini masih dipegang Yamaha Vixion dengan pangsa pasar 49,15%
dan Suzuki Satria FU yakni 28,50%.
Pada periode tersebut, total penjualan sepeda motor 150cc mencapai 182.950
unit. Di luar Minerva, total penjualan anggota Asosiasi Industri Sepeda
Motor Indonesia (Aisi) sebanyak 161.050 unit.
Secara nasional, total penjualan sepeda motor 150cc hanya 5,45% dari total
penjualan yang mencapai sekitar 2,95 juta unit. Jauh di bawah sepeda motor
segmen 125cc yang mencapai 13,21%, terlebih jika dibandingkan segmen 115cc
yang mencapai 28,4%. Jangan dibandingkan dengan tipe 110cc yang mencapai
46,14%.
*Faktor Harga*
Kenapa minat konsumen pada segmen 150cc minim? Ya. Jawaban pertama adalah
karena faktor harga. Tengok saja, daftar harga versi www.kredit-motor.com,
harga terendah Minerva R150 yakni Rp 15,8 juta lalu di dekatnya Satria FU
sebesar Rp 18,45 juta, harga paling tinggi Ninja RR sebesar Rp 32,2 juta. Di
antara kedua motor itu, ada Vixion seharga Rp 20,95 juta, KLX 150S (Rp 21,7
juta) dan Ninja (Rp 22 juta).
Apakah harga yang paling rendah di segmen ini yang pali laku? Ternyata
faktanya tidak demikian. Yuk tengok. Minerva R150 hanya mengantongi
sebanyak 21.900 unit, sedangkan Vixion mampu terjual 89.912 unit. Kedua
produk itu memang tidak bisa dibandingkan secara teknologi. Vixion terlalu
kokoh dengan teknologi *liquid cooled*, 4T, SOHC (*single overhead camshaft*).
Terlebih citra sepeda motor besutan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI)
melekat dengan kecanggihan teknologi dengan sistem injeksi. Sedangkan
Minerva R150 yang model awalnya meniru Honda CBR 150, dianggap kurang solid
karena diproduksi oleh PT MMI. Komponen sepeda motor yang diklaim mengusung
teknologi Jerman itu didatangkan dari berbagai tempat yakni Thailand,
Taiwan, dan Indonesia.
Kembali soal harga. Ninja RR yang dibanderol Rp 32,2 juta masih menunjukkan
kelasnya. Pembeli merek ini adalah konsumen yang gemar dengan kecepatan
tinggi, tentu sebatas kemampuan maksimal mesin 150cc. Motor besutan PT
Kawasaki Motor Indonesia (KMI) itu terjual 12.779 unit sepanjang Januari-Mei
2010. Artinya, pangsa pasar Ninja RR sebesar 6,98%. Sementara itu, Satria FU
besutan Suzuki, walau dikategorikan tipe bebek, cukup berotot dengan
penguasaan pangsa pasar 28,50% dengan total penjualan 52.138 unit. *(lihat
grafik)*
Persaingan segmen sepeda motor 150cc memang khas jika dibandingkan tipe
110-125cc. Konsumen di level ini, cenderung menggemari kecepatan tinggi dan
bergaya futuristik. Tentu saja dengan kemampuan daya beli yang relatif.
Meski begitu, jangan dibandingkan segmen 250cc, yang pada Januari-Mei 2010,
hanya terjual 3.966 unit dengan pangsa pasar hanya 0,13%. *(edo rusyanto)*
artikel lain<http://edorusyanto.wordpress.com/2010/04/25/inilah-minerva-r150vx-peluru-baru-mmi/>
[Non-text portions of this message have been removed]
------------------------------------
-------------------------------------------------------
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/honda-tiger/
<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional
<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/honda-tiger/join
(Yahoo! ID required)
<*> To change settings via email:
honda-tiger-digest@yahoogroups.com
honda-tiger-fullfeatured@yahoogroups.com
<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
honda-tiger-unsubscribe@yahoogroups.com
<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/