Saturday, September 19, 2009

[HVC] Service Gratis Pembawa Sial

 

Om mod, maaf saya newbie ingin menyampaikan unek2 terkait dengan Vario CBS saya, mudah2an ada orang dari AHM yang baca ini.

Saya cukup puas dengan performa Vario CBS yang saya beli tanggal 19 Agustus 2009. Tidak ada keluhan sama sekali selama saya kendarai, hanya memang agak boros dibanding motor sebelumnya Honda Karisma, tapi saya anggap wajar karena memang motor matik punya karakter beda & sesuai dengan kenyamanan yang didapat.

Sesuai buku pedoman pemilik, saya diharuskan servis pertama saat KM 500. Sebagai konsumen yang patuh maka tanggal 18 September (KM 470) lalu saya lakukan service walaupun sebetulnya agak malas juga krn kondisi motor cukup enak, namun saya tetap lakukan agar garansi tetap berlaku. Jika saya menunggu setelah libur Idul Fitri khawatir penunjukan KM sudah di atas 500 dan bisa jadi alasan bagi AHM untuk menolak klaim garansi (jika ada) suatu saat nanti.

Saya melakukan service di Bengkel AHASS 2829 Naga Mas Motor JL Soekarno Hatta Bandung. Sepulang service tidak ada masalah dengan motor. Namun keesokan hari ketika saya pakai tiba2 motor tidak ada tenaga dan mati. Bau bensin tercium cukup menyengat. Saya coba starter & motor bisa jalan lagi namun terlihat tetesan bensin cukup deras sepanjang jalan. Akhirnya motor mati total krn bensin habis 100%.

Bengkel AHASS di hari itu tanggal 19 September sudah tidak ada yang buka (libur masal Idul Fitri) . Saya coba call ke nomor yang saya temukan di Buku Service yaitu Honda Customer Service Care Center 022-6051000 dan Astra Honda Call 500989 tidak ada repon, mungkin semuanya ikut libur. Akhirnya terpaksa motor saya dorong untuk cari bengkel yg masih buka, dengan rasa malu krn motor masih baru kok dah mogok.

Untungnya saya temukan bengkel umum yang masih buka & langsunng karburator motor dibongkar. Krn bukan spesialis honda kelihatan si mekanik trial & error saja. Sedih juga sih motor baru udah dibongkar bukan sama ahlinya, namun pasrah saja daripada motor ga bisa jalan sama sekali. Akhirnya setelah diutak-atik sekitar 2 jam & diisi bensin motor dapat hidup walaupun mesin agak getar, suara menjadi kasar dan tenaga drop.

Saya tidak menyalahkan kualitas bengkel pinggir jalan tsb karena memang dia tidak familiar dengan mesin vario, yang justru terbayang di benak saya ingin rasanya saya tonjok si mekanik AHASS yang menyebabkan motor saya spt itu.

Pertanyaan terbuka saya untuk AHM maupun AHASS :
1. Untuk apa diadakan program service gratis 500 KM kalo bikin motor jadi mogok, lebih baik bayar saja tapi motor jadi bagus.
2. Apakah ada perbedaan SOP antara service gratis dan servis yang bayar ?
3. Apakah dilakukan training & sertifikasi untuk para mekanik sebelum mereka terjun ?
4. Apa tindakan dari AHASS maupun AHM terhadap para mekanik seperti itu ?
5. Meskipun Vario CBS adalah motor yang baru dilaunch, namun mesin masih sama dan sebangun dengan Vario lama maupun dengan Beat, jadi seharunya mekanik sudah paham benar dengan perawatan mesin tsb. Saya jadi sangsi apabila Honda mengeluarkan motor yang benar2 baru, bagaimana dengan kesiapan mekaniknya ?
6. Silakan lakukan survey, saya menduga kekalahan penjualan Honda dari YAMAHA beberapa bulan berturut2 jangan2 krn konsumen ragu dengan kualitas mekanik AHASS.

Ini hanya sekedar unek2 saya saja karena kl tidak saya tulis bisa jadi penyakit, sekaligus masukan buat AHM maupun AHASS. Tanggal 24 September nanti akan saya bawa kembali motor saya ke Bengkel AHASS 2829 Naga Mas Motor JL Soekarno Hatta Bandung untuk klaim atas kecerobohan mereka.

Maaf kepanjangan & silakan delete jika tidak berkenan.

Iwan Setiawan
D 4720 GV

__._,_.___
"I'M VARIO"
www.varioclub.com
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___