Friday, May 6, 2011

Re: [honda-tiger] Ask: velg atawa arm ya yg (lagi) trouble + mesin bunyi aneh

 

Hallo bro, pengen sharing aja dari pengalaman naik tiger mulai 2003 sampe
sekarang, dan kurang lebih pernah juga ngalamin problem yang mirip2.

1. Kalo masih pake ban tubless trus dah bocor alus yang bikin harus di
tambah angin tiap hari, kalo ane lebih memilih dipakein ban dalam aja,
apalagi kalo misal rute jalan yang dilewati tiap harinya tergolong bersih
dari ranjau paku, jadi dipakein ban dalem menurut ane solusi yang paling
murah selain tambah angin tiap hari (kalo tambah angin nya di POM Bensin pan
gratis yaa..:p). Soulsi lainnya adalah pake cairan penambal ban atau ganti
ban baru sekalian..... :p

2. Kalo ban belakang serasa geal-geol alias gak stabil, paling gampang di
test di jalan yang kering dulu utk liat apakah faktor ban atau faktor lain.
Ane pernah pake BT45 ngelamin masalah ini, padahal cek semua kondisi ban
(gak kempes, kembangnya masih bagus, jalan kondisi kering) dan arm so far
bagus semua. Sumber permasalahannya ternyata gak terduga sama sekali karena
ternyata ada di bagian komstir. Jadi gak ada salahnya cek komstir juga. Tapi
problem yang di point nomor satu harus disolved dulu, alias ban jangan
sampai bocor alus lagi dan tekanan udara di ban harus sesuai.

3. Mungkin suara yang kedengeran waktu mesin stasioner itu gejala awal dari
rantai keteng yang kendor, coba di setel lagi tonjokan tensioner ketengnya,
atau ganti sekalian rante ketengnya kalo ada rejeki (terakhir beli rantai
keteng AHM nya aja sekitar 75rb, gak tau KW berapa tapi dah hampir dua tahun
belom bermasalah)
4. Kalo susah dinetralin pas masuk gigi, umumnya karena setelan kopling yang
tidak pas (dengan catatan kodisi kabel koplingnya masih bagus, soalnya kalo
kabel kopling dah mulai putus serabut kawatnya biasanya kopling gak bisa
ketarik dgn utuh waktu tuas kopling di tekan, jadi seolah2 kaya gak pas
waktu ngoper giginya). Coba setel kopling sendiri sesuai dgn feeling kita
sendiri, soalnya ane kadang ngalamin kalo kopling disetel sama mekanik
bengkel sering gak ngerasa cocok feelnya. Trus kalo misal pake asesoris
semacam ekstension tuas kopling yang di blok mesin mending dicopot aja,
emang seeh lebih enteng pas narik kopling tapi kadang ini juga bikin susah
ngoper gigi jadinya.

Sekedar sharing aja mudah2an bisa membantu...

~Prianto~
B 6420 KD
Cimanggis-Bekasi tiap hari

2011/5/6 Wi <wibi.naughty@yahoo.co.id>

>
>
> brader,
>
> mau minta advis dong:
> ban belakang saya ada bocor halus, spt ada kawat masuk dan ada di beberapa
> titik, kondisi sih tiap 3-4 hari sekali saya isi angin lagi. ban tubles blkg
> ya. nah opsi terbaik apakah: ditambal secara konvensional, injec semacam
> cairan tubles lalu cabut kawat, atau biarin aja dan tiap bbrp hari isi angin
> aja?
>
> masih ban blg, rute saya lewatin jalan yg rada mulus (sudirman + kemang)
> nah knp ya kog kalo di spedo mendekati 80kpj, seolah motor nda stabil, ban &
> body serasa ban nda lurus alias posisi ban ga rapet di pegang arm nya. saya
> cek sekilas ban terpegang kokoh..ini baru seminggu ini.
>
> satu lagi mesin:
> bbrp hari ini mesim bunyi spt ceglok2 gitu pas distarter dan pas
> dipanaskan. kadang pas stasioner pelan pas lamer juga. baru saya ganti oli 2
> hari lalu dan kmrn baru diijeksi nanonizer, tp masih ada suara gitu. plus,
> kopling kog mau dinetralin agak suka bablas ke gear 2 atau keras...why
> yaaaa....advis dong...
>
> help dong...bsk rencana mau ngebengkel (lagi) jd udah ada ancer2 nih...
>
> makasih2 ya brader
>
> WB
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
-------------------------------------------------------
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------
.

__,_._,___