Mas brow,
Utk motul 5100 gantinya tiap brp ribu km?
Pernah tanya ke Toda gak mas brow, mrk kan lebih paham soal oli..
candy red tirev 07
full box, safety driving 1st
-----Original Message-----
From: "Yudi 'JagNe' Setiawan" <udee.s46@gmail.com>
Sender: honda-tiger@yahoogroups.com
Date: Fri, 24 Sep 2010 01:57:21
To: HTML<honda-tiger@yahoogroups.com>
Reply-To: honda-tiger@yahoogroups.com
Subject: Re: Bls: [honda-tiger] Oli Mesin Menguap??
Ke Toda radio dalem aja mas bor....dulu saiah jg pake motul 5100...ini olie okeh banggetttt.......berhubung skrg hrgnya gak okehh bangggettt jd terpaksa ganti....skrg pake motul 3100....mudah2an hrgnya gak naik terlalu jauh
Sent from my Jagoan Neon® @ mesin banter, gas Teruuusss...!
-----Original Message-----
From: benny hidayat <runbbg@yahoo.com>
Sender: honda-tiger@yahoogroups.com
Date: Fri, 24 Sep 2010 09:53:18
To: <honda-tiger@yahoogroups.com>
Reply-To: honda-tiger@yahoogroups.com
Subject: Re: Bls: [honda-tiger] Oli Mesin Menguap??
Nah..kang mas bro...Ane mo tanya nich...
klo tempat beli oli motor yg asli kira2 dimana...??klo bisa mah daerah Jaksel...
soalnya ane sekarang pake Motul 5100, klo dalam kondisi dingin, cuaca adem, mesin halus walaupun dalam keadaan macet...tp klo cuaca panas, macet pula..mesin kasar dan tarikan berat....
D 5289 ZC
MaungYangMerambahRanahMetropolitan
--- On Thu, 9/23/10, Arif Budiman <arif11.budiman@lge.com> wrote:
From: Arif Budiman <arif11.budiman@lge.com>
Subject: Re: Bls: [honda-tiger] Oli Mesin Menguap??
To: honda-tiger@yahoogroups.com
Date: Thursday, September 23, 2010, 5:42 PM
oli motor kayaknya ga bisa disamain dengan oli mobil
coba liat tugasnya aja beda, oli motor selain berfungsi untuk melumasi mesin, musti mendinginkan kopling juga.
sedangkan mobil pendinginan mesin dibantu sama radiator, jadi oli nggak terlalu menguap seperti di motor.
terus beban kerjanya juga beda, rata-rata mesin motor berputar di rpm 5000-7000 bahkan sampe 9000, sedangkan mesin mobil jarang tuh sampe segitu, paling 3000-4000 rpm aja.
ngeliat tachometer di mobil aja paling mentok skala rpm di 6000-7000, sedangkan motor redlinenya di 10-11ribu.
----- Original Message -----
From: fikko_windu@yahoo.com
To: C. HTML
Sent: Friday, September 24, 2010 6:26 AM
Subject: Re: Bls: [honda-tiger] Oli Mesin Menguap??
Dulu gw ganti per 2500 diketawain sama penjualnya bro,
Saking penasaran gw cari info sama bbrp penjual katanya sampai 10rb bro tp utk kondisi jkt yg macet sebaiknya 7500 diganti,
Rata2 mrk bilang spec motul yg 5100 ester itu bagus, sama dgn repsol or castrol yg type apa gitu gw lupa, tp krn ke-2 type merk terakhir agak susah dicari, gw pake motul itu,
kata mrk kalo mo yg per 2rb diganti mending pakai oli yg spec-nya biasa aja, krn malah jd boros biaya-nya soalnya..
Kalo gw pikir logika ada benernya, oli mobil aja yg mesinnya lebih canggih, lebih ruwet jeroan mesinnya dan sering dipakai pada kecepatan tinggi rata2 skrg std bengkel per 10rb digantinya..
Kan basic-nya sama2 4 tak..
candy red tirev 07
full box, safety driving 1st
-----Original Message-----
From: edipamadi@yahoo.com
Sender: honda-tiger@yahoogroups.com
Date: Thu, 23 Sep 2010 16:08:26
To: <honda-tiger@yahoogroups.com>
Reply-To: honda-tiger@yahoogroups.com
Subject: Re: Bls: [honda-tiger] Oli Mesin Menguap??
Bro fikko,
Tanya bro, motul 5100 itu sebenernya sampai brp km yah pemakaiannya?
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
-----Original Message-----
From: fikko_windu@yahoo.com
Sender: honda-tiger@yahoogroups.com
Date: Thu, 23 Sep 2010 10:24:43
To: C. HTML<honda-tiger@yahoogroups.com>
Reply-To: honda-tiger@yahoogroups.com
Subject: Re: Bls: [honda-tiger] Oli Mesin Menguap??
Sampai saat ini masih bertahan pake motul 5100 ester, penggantian tiap 4000km..
Sejauh yg gw pake selama ini tingkat penguapan kecil..
candy red tirev 07
full box, safety driving 1st
-----Original Message-----
From: ferico_fs@yahoo.com
Sender: honda-tiger@yahoogroups.com
Date: Thu, 23 Sep 2010 10:11:45
To: honda-tiger@yahoogroups.com<honda-tiger@yahoogroups.com>
Reply-To: honda-tiger@yahoogroups.com
Subject: Re: Bls: [honda-tiger] Oli Mesin Menguap??
Menurut mas bro oli merk apa yg bgus dan pas buat si tigi mas bro..sekalian serinya..mksh
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal maung #831
☑ym : ferico_email@yahoo.com
-----Original Message-----
From: benedictus adisurya <benedic_no1@yahoo.co.id>
Sender: honda-tiger@yahoogroups.com
Date: Thu, 23 Sep 2010 16:50:20
To: <honda-tiger@yahoogroups.com>
Reply-To: honda-tiger@yahoogroups.com
Subject: Bls: [honda-tiger] Oli Mesin Menguap??
Dear all
terjadinya penguapan itu karena panas mesin dan karakter si oli tidak mampu
terhadap panas yg tinggi.
pada umumnya Pelumas Group I (Pelumas Mineral) tidak memiliki tingkat Flash
Point yg cukup tinggi,sehingga tidak mampu terhadap
panas tinggi,maka menguap.karena itu untuk lebih baik secara performance dan
juga tahan terhadap suhu tunggi,maka gunakan Pelumas Synthetic atau minimal
pelumas Group III.perbedaannya dengan pelumas mineral biasa/Group I yaitu pada
Proses pemurnian/pembuatan Pelumas dari Minyak mentah menjadi Base oil.
dimana mengurangi kadar sulfur pada Crude Oil,dan meningkatkan Viscositas Index
serta Flash Point maka menjadi Base oil yg cukup baik karakternya
bahkan pelumas Synthetic dibuat dari Chemical/Kimiawi maka itu lebih stabil
terhadap panas/temperatur tinggi.
ga hanya itu saja bahkan dapat digunakan pada Drain Interval yg panjang.memang
masalah harga,jauh berbeda.pelumas Group III bahkan Synthetic rata2 harganya
diatas 100.000 Tapi bila dibandingkan kerusakan mesin dimasa yg akan datang maka
ada baiknya tidak mempertimbangkan Harga.
Regards,
Ben
________________________________
Dari: jack Dawson <the_ti93r@yahoo.com>
Kepada: honda-tiger@yahoogroups.com
Terkirim: Kam, 23 September, 2010 14:57:32
Judul: [honda-tiger] Oli Mesin Menguap??
Dear All Brother..
Mau sharing nih, kemarin tigi2000 hitam ane bawa mudik JKT-Solo-JKT
Dua hari sebelum berangkat ke Solo ane ganti Oli Repsol perjalanan asik dan aman
selamat smpe Solo ( perjalanan 20 jam habis bensin 18L ).
Karena sayang ma mesin tigi ane, ganti Oli Repsol lagi sehari sebelum balik ke
Jakarta dan sisa Oli yang lama ane liat masih bnyak dan ga ada yang
mencurigakan.
Perjalanan Solo-Jakarta 600KM kecepatan 80-130 KM/H + istirahat = 12 Jam sampe
JkT.
Sampe Jkt ane bawa ke Depok,Bogor,Tanggerang jadi total KM= 900an.
Baru terasa mesin bersuara gemeretak aneh dan buru2 ane bawa ke bengkel
langganan , setelah diliat masa amppuunn Oli nya kosong ( tinggal 2 tetes )
padahal tidak ada tanda2 Oli bocor,Merembes atw kluar ga wajar.
Dan di Opname plus di vonis kena Stang seher,set seher,Plat Kopling.
Totalan Lumayan harus rogoh dalem2 dompet.
Ada yang pernah kejadian seperti ini ? Kemungkinan kenapa bisa begitu? Biar ga
terulang kembali, maklum masin newby baru 2 thn pake tigi.
Mohon sharingnya.. Thanks and keep brothership with HTML.
Regards
Jack
[Non-text portions of this message have been removed]
[Non-text portions of this message have been removed]
[Non-text portions of this message have been removed]
[Non-text portions of this message have been removed]
[Non-text portions of this message have been removed]
[Non-text portions of this message have been removed]
[Non-text portions of this message have been removed]
[Non-text portions of this message have been removed]
[Non-text portions of this message have been removed]
[Non-text portions of this message have been removed]
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------