Oh ya, tambahan lagi nih...kata ibu saya, semua pelumas itu sama saja. Semuanya sama2 dari oli bekas yang di-treatment kembali dan ditambah aditif untuk mengembalikan kinerjanya saat mengurangi daya gesek logam dan mengurangi peningkatan suhu akibat gesekan. Sisanya yang membuat perbedaan dari masing2 merk ya dari bahan aditifnya dan proses treatmentnya. Ibarat minyak goreng, ada yg versi curah karena proses penyaringannya sederhana dan adapula minyak tak jenuh karena proses penyaringannya yang berulang2. Beliau sempet nyeritain pengalaman di-labnya waktu kuliah dulu, bagaimana memperbaharui pelumas bekas menjadi pelumas layak pakai. Soalnya klo pelumas bekas dibuang begitu saja akan menyebabkan kerusakan lingkungan. Makanya sampai sekarang masih tetap didaur ulang. Klo dipikir2 sih bener juga...
Salam,
Si Penunggang Kebo Biru yang Berboks Ria dengan Tank Bag
________________________________
Dari: Oliver Tobing <seventhstardust@gmail.com>
Kepada: honda-tiger@yahoogroups.com
Cc: RamZ <teh_pahit2004@yahoo.com>
Dikirim: Rabu, 30 November 2011 14:54
Judul: Re: Bls: [honda-tiger] Re: Saran Oli untuk Tiger 2005
Nah ini dia.. demen gw sarannya..
Thx masbrow Ramz
On 30/11/2011 14:29, RamZ wrote:
>
> Betol bangat !!! Buat tiger kesayangan koq coba - coba. Pake yang
> terjangkau aja dah, kita untung bangsa untung..
>
>
> Powered by Maximum Human Performance ®
>
> -----Original Message-----
> From: "Yudi 'JagNe' Setiawan" <udee.s46@gmail.com
> <mailto:udee.s46%40gmail.com>>
> Sender: honda-tiger@yahoogroups.com
> <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com>
> Date: Wed, 30 Nov 2011 07:19:26
> To: HTML<honda-tiger@yahoogroups.com
> <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com>>
> Reply-To: honda-tiger@yahoogroups.com
> <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com>
> Subject: Re: Bls: [honda-tiger] Re: Saran Oli untuk Tiger 2005
>
>
> Ya..ya..ya...jd mahal blom tentu patokan bagus enggaknya suatu produk
> yah.....saiah pun jg sependapat maintenance yg berkala even hanya pake
> paket murmer bisa menjaga keawetan parts teger kesayangan kita
>
>
> *salaman ama mas budi
>
> __
>
> *alternative poor man garage style
>
> .
>
> -----Original Message-----
> From: Superman Buncit <satyabudi_ok@yahoo.com
> <mailto:satyabudi_ok%40yahoo.com>>
> Sender: honda-tiger@yahoogroups.com
> <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com>
> Date: Tue, 29 Nov 2011 22:50:15
> To: <honda-tiger@yahoogroups.com <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com>>
> Reply-To: honda-tiger@yahoogroups.com
> <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com>
> Subject: Re: Bls: [honda-tiger] Re: Saran Oli untuk Tiger 2005
>
> Kesimpulannya jadi gini om
> Pake oli yg biasa aja, wong pake buat harian. Spare part maupun
> perabotan lenong jg
> Rante pake aja yg murmer dan gearnya pake ori. Itu aja udah lebih dari
> cukup.
>
> Salam
> SB
>
>
>
> --- On Wed, 30/11/11, Yudi 'JagNe' Setiawan <udee.s46@gmail.com
> <mailto:udee.s46%40gmail.com>> wrote:
>
>
> From: Yudi 'JagNe' Setiawan <udee.s46@gmail.com
> <mailto:udee.s46%40gmail.com>>
> Subject: Re: Bls: [honda-tiger] Re: Saran Oli untuk Tiger 2005
> To: "HTML" <honda-tiger@yahoogroups.com
> <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com>>
> Date: Wednesday, 30 November, 2011, 1:42 AM
>
>
>
>
>
>
>
>
> Jadi kesimpulannya apa tuh mas bor yg salah...?....
>
>
>
> __
>
> *alternative poor man garage style
>
>
> .
>
> -----Original Message-----
> From: "RamZ" <teh_pahit2004@yahoo.com <mailto:teh_pahit2004%40yahoo.com>>
> Sender: honda-tiger@yahoogroups.com
> <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com>
> Date: Wed, 30 Nov 2011 05:52:08
> To: honda-tiger@yahoogroups.com
> <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com><honda-tiger@yahoogroups.com
> <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com>>
> Reply-To: honda-tiger@yahoogroups.com
> <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com>
> Subject: Re: Bls: [honda-tiger] Re: Saran Oli untuk Tiger 2005
>
> Panjang bener, tapi mantab lah jadi clear. Yang bikin ane bingung koq
> penguapannya tinggi bener ntu oli, padahal semua seal dicek dari bawah
> sampe atas masih okeh.
>
>
> Powered by Maximum Human Performance ®
>
> -----Original Message-----
> From: David Hutajulu <david.hutajulu@yahoo.co.id
> <mailto:david.hutajulu%40yahoo.co.id>>
> Sender: honda-tiger@yahoogroups.com
> <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com>
> Date: Tue, 29 Nov 2011 23:57:14
> To: honda-tiger@yahoogroups.com
> <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com><honda-tiger@yahoogroups.com
> <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com>>
> Reply-To: honda-tiger@yahoogroups.com
> <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com>
> Subject: Bls: [honda-tiger] Re: Saran Oli untuk Tiger 2005
>
> hmmmm.....nice topic nih...Setahu saya, klo di Honda itu istilahnya
> SASS ( Secondary Air Supply System ). Klo AIS itu istilah yg digunakan
> sama pabrikan Yamaha. Kayaknya tiger tahun 2009 keatas sudah
> mengaplikasikan sistem ini. Ini sistem berfungsi mereduksi gas hasil
> pembakaran yang sudah pasti beracun, yang mengandung Carbon Monoksida
> (CO) & Hidro Carbon (HC). Dengan diinjeksikannya oksigen/udara lewat
> nih sistem SASS, pastinya bikin lebih ramah lingkungan agar tidak
> beracun. Logika senyawa kimianya, misalkan CO di lubang buang yang
> sedang mengalir ketemu udara yang mengandung kandungan Oksigen (O2).
> Hasil perkawinannya jadi CO2 yang tidak begitu berbahaya dibanding
> dengan CO saja. Begitupun Hidro Carbon (HC) jika menyatu dengan udara
> yang mengandung Oksigen (O2), maka akan terjadi perkawinan dan
> menghasilkan H2O (Air) & Carbon yang dilepas ke udara. Ini yang
> menjadikan molekul Hidro Carbon yang tadinya berbahaya menjadi ramah
> lingkungan.
>
> Nah, klo cara kerja dimotor yaitu saat motor tsb distarter, terjadi
> ke-vakuman di Manifold. Kevakuman ini diteruskan lewat slang kecil
> menuju rumah keong SASS. Sesaat ketika katup SASS terbuka, maka
> memungkinkan udara dari boks filter terisap akibat dari ke-vakuman
> dari lubang buang. Sehingga udara dari boks filter mengalir menuju
> lubang buang / exhaust, bercampur dengan gas bekas. Oleh karena itu
> kepekatan gas buang jadi berkurang deh...Ya, kurang lebihnya sih
> begitu....( kebetulan diskusi bareng nyokap yg lulusan Teknik Kimia ).
>
> Makanya menurut saya, penggunaan beraneka oli gak begitu berefek
> dengan sistem SASS ini. Kerena sistem ini diluar sistem mesin dan
> tidak mempengaruhi kinerja mesin. Sifatnya hanya mereduksi gas buang
> saja, biar makin ramah lingkungan gitchhuu..ya Go Greenlah...
>
> Wuih...jadi panjang nih sharingnya.....kira2 klo ada yg salah2 tolong
> dikoreksi ya om2...* sambil elus2 palanya om Ramz....
>
> Salam,
>
> Si Penunggang Kebo Biru yang Berboks Ria dengan Tank Bag
>
>
> ________________________________
> Dari: Oom Uban <oom_uban@yahoo.com <mailto:oom_uban%40yahoo.com>>
> Kepada: honda-tiger@yahoogroups.com
> <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com>
> Dikirim: Selasa, 29 November 2011 13:58
> Judul: [honda-tiger] Re: Saran Oli untuk Tiger 2005
>
>
>
> Mohon konfirmasi, Masbro ... apa benar Tigy mengaplikasikan AIS ?
>
> Sedangkan mengenai oli, kembali lagi ke kondisi kendaraan. Kalau
> memang kondisi keausannya sudah mengakibatkan internal parts sudah
> tidak presisi lagi, memang sebaiknya menggunakan oli dengan SAE 20W-50.
>
> Salam,
> Oom Uban
>
> --- In honda-tiger@yahoogroups.com
> <mailto:honda-tiger%40yahoogroups.com>, "RamZ" <teh_pahit2004@...> wrote:
> >
> > Saran ane, tiger lama karena belum mengaplikasikan AIS (Air
> Induction System) pake aja yang mineral 20-50W. Klo 10-40W ane rasa
> ke-enceran..
> >
> >
> > Powered by Maximum Human Performance ®
> >
>
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>
>
>
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
[Non-text portions of this message have been removed]
[Non-text portions of this message have been removed]
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------