Sy akan coba jawab ya :
1. Vario diproduksi untuk kondisi normal bos,artinya memang tidak disetting utk kecepatan tinggi.Beda dgn matic yg lain,kapasitas cc nya saja kita cuma 110cc,yg lainnya lebih dari itu.Kalo memang agar lebih bertenaga tetapi untuk harian,coba ganti rumah drive pully depan dgn yg racing dgn roller 13gr yg racing juga.Ditambah dgn ganti kampas kopling yg racing juga.Utk yg lain tetep pake yg standard.
2. Masalah boros atau tidaknya,tergantung anda memainkan gas.Kalo anda sering geber motor dan cara mlurut gas tidak normal (gas buka besar,lalu rem,terus buka gas lagi),itu akan mempengaruhi bahan bakar.Jadi pada dasarnya,motor matic boros atau tdknya,tergantung dr cara anda buka dan memainkan gas (mlurut). Dan juga,kalo bisa pake bahan bakar dengan minimal oktannya 92 (pertamax plus atau shell super).Anda baru bisa merasakan boros atau tidaknya,juga bisa dibandingkan jika anda pakai motor matic yg lain.Anda bisa bandingkan,mana yg boros dan mana yg irit.
3. CBS (Combi Brake System) dibuat hy utk memudahkan dalam pengereman.Artinya, untuk pengereman yg benar,jika anda pake system CBS,anda tetap diharuskan mengerem secara manual rem depan,walaupun anda hy mengerem ban belakang yg mana secara otomatis rem depan ikut ke rem juga.Pengereman yg benar adalah 60% memakai rem depan,rem belakang 40%.Itu akan memperpendek jarak pengereman.
4. Stang depan berat,memang dibuat seperti itu,artinya dalam kondisi diatas 20km/jam,jika ingin membelokkan motor yg belok bukan stang depan,tetapi badan kita dan body motor.Seandainya dibuat tidak berat,akan membahayakan pengemudi,jika stang depan enteng/ringan,maka dalam kondisi diatas 20km/jam,stang depan akan meleset dan pengemudi bisa jatuh,jika belok dengan stang depan.Makanya lampu depan vario dibuat jadi satu dgn body,bukan stang depan,krn kalo kita belok,tanpa kita sadari,yg belok itu body motor,bukan stang depan.
Semoga bermanfaat dan kalo ada kekurangan,mohon dimaafkan.Ini sy tulis sesuai dengan pengalaman dan yg pernah sy baca.
Salam,
Vario Merah Pamulang
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
-----Original Message-----
From: "hendi_nhdy" <hendi_nhdy@yahoo.com>
Sender: honda-vario@yahoogroups.com
Date: Sun, 30 Jan 2011 04:35:26
To: <honda-vario@yahoogroups.com>
Reply-To: honda-vario@yahoogroups.com
Subject: [HVC] Tanya tentang vario
Hi salam kenal
saya baru beli vario techno cbs tahun lalu bulan april ada beberapa pertanyaan nih:
1. Vario kalau geber lebih dari 80km/jam kok tdk nyaman dan begetar, suuara mesin meraung2 seperti sdh terlalu di paksa gitu. maximun speednya juga cuma 90-95Km/jam sdh tdk enak di pakai saat mencapai speed maxnya.
2. konsumsi bensihnya lumayan boros sekitar 30-35km/liter.
3. rem combi brakenya tdk sehebat seperti teorinya. saat ngerem mendadak rem belakang suka mendecit ke aspal dan motor masih melaju sepertinya rem depan tdk berfungsi. saat setelan rem belakang di longgarkan jika ngerem mendadak motor masih meluncur aja tuh.
4. stang kemudinya agak berat seperti ban kempees.
itu 4 point pertanyaan dari saya. saya sudah datangi ahass depok di depan hermina depok dan saya sampaikan keluhan2 saya, sdh di tangani tapi hasilnya masih sama saja. apakah vario memang spt itu?
thanks
Hendi
[Non-text portions of this message have been removed]
------------------------------------
"I'M VARIO"
www.varioclub.comYahoo! Groups Links
<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/honda-vario/
<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional
<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/honda-vario/join
(Yahoo! ID required)
<*> To change settings via email:
honda-vario-digest@yahoogroups.com
honda-vario-fullfeatured@yahoogroups.com
<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
honda-vario-unsubscribe@yahoogroups.com
<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/