Friday, July 22, 2011

Re: [honda-tiger] Pentingnya memakai helm Full Face dibanding helm Open Face

Setuju dengan bro Patra..
Keselamatan kita jauh lebih berharga daripada nikmatnya pake helem half
face.


On 21/07/2011 15:00, patra putra wrote:
> Kurang setuju oom..karena jatuh nggak kenal kecepatan.
>
> kenapa Helm half face masih dianggap aman, karena pemikiran orang
> dulu,bagian dari kepala yang rawan ada di bagian belakang.
> jadi bagian belakang harus terlindung penuh. bahkan iklan h*nd* dan Pol*s*
> pada jaman dahulu masih menggunakan helm half face.
>
> tapi belakangan, banyak yang sudah menggunakan helm (tapi half face) ketika
> kecelakaan, meninggal juga.
> karena jatuhnya tersungkur kedepan, sedangkan helm half face tidak
> melindungi sisi depan.
> sehingga rahangnya kena dan terjadi pendarahan sampai ke otak, seperti yang
> dialami oleh rekan dari jakarta timur
>
> selain resiko yang terjadi tadi, helm halm face tidak melindungi wajah,
> terutama bagi yang berkacamata, akan menjadi lebih berbahaya,karena kacamata
> akan terdorong ke muka ketika tersungkur kedepan. dan bagian tajam dari
> kacamata akan melukai wajah.
>
> tapi itu semua kembali ke pengguna, seberapa aman dia mengantsipasi pada
> saat berkendara (berjalan pelan, hati hati), dan mau jatuh seperti apa bila
> memang harus terjatuh... tapi kecelakaan nggak ada yang tahu bisa kapan pun
> meski kita sudah hati hati.
>
> jadi helm half face atau full face?... yang pasti menurut ane lebih baik
> helm fullface.
>
> salam.
>
> 2011/7/13 David Hutajulu<david.hutajulu@yahoo.co.id>
>
>> **
>>
>>
>> Sekedar share saja. Setahu saya peruntukan helm Full Face dengan Open
>> Face lebih
>> kepada factor kecepatan motor dan jarak. Penggunaan jenis Open
>> Face dibatasi
>> pada kecepatan 40km/jam saja. Sedangkan Full Face dapat digunakan hingga
>> diatas
>> 40km/jam. Ini lebih ke arah maksimum perlindungan terhadap kepala dan leher
>> saat
>> terjadi benturan. Kita bisa bandingkan juga kok penggunaan helm ini. Klo
>> dalam
>> kecepatan rendah ( 30 - 40km/jam ), tentunya perlu pandangan yang cukup
>> luas.
>> Sedangkan saat kecepatan tinggi, jarak pandang kita hanya fokus di depan
>> dan
>> cukup melirik di kaca spion untuk melihat kondisi kanan - kiri kita. Saya
>> biasanya menggunakan Open Face saat riding di sekitar komplek rumah
>> saja, untuk
>> pergi kekantor biasanya dengan Full Face ( terkadang dengan Open Face,
>> karena
>> Jakarta sering macet ). Nah, kalau touring biasa menggunakan Flip Up.
>>
>> Kalau dilihat dari segi kecelakaan bro Andry, sebetulnya helm Open Facenya
>> sudah
>> cukup mumpuni melindungi saat terjatuh dari motor. Namun, hanya saja karena
>> ada
>> truk lewat yg menghantam bagian mukanya. Secara fungsi, jenis helm tersebut
>>
>> sudah melindungi dari benturan jatuh namun tidak untuk dihantam
>> truk. Mungkin
>> juga dengan menggunakan helm Full Face juga bisa cedera saat dihantam truk,
>>
>> bukan muka, namun leher saja yang cidera ( keseleo ).
>>
>> Nah, yang punya masalah embun di helm Open Face saya coba bantu kasih tips.
>> Saya
>> biasanya seminggu sekali membersihkan visor / kaca helm dengan menggunakan
>> Turtle Wax / Kit Wax. Selain embun berkurang, butiran air hujan pun cepat
>> jatuh
>> dari visor dan kaca pun tetap bening. Selain itu juga sekalian pula
>> membersihkan
>> ventilasi helm agar sirkulasi udara tetap ada.
>>
>> Wuih, jadi panjang.......Btw, semoga info ini membantu. Mohon maaf kalau
>> ada
>> salah-salah.
>>
>> Salam,
>> Si Penunggang Kebo Biru yang Berboks Ria dengan Tank Bag
>>
>> ________________________________
>> Dari: ajipingky<ajipingky@gmail.com>
>> Kepada: honda-tiger@yahoogroups.com
>> Terkirim: Rab, 13 Juli, 2011 08:44:36
>> Judul: Re: [honda-tiger] Pentingnya memakai helm Full Face dibanding helm
>> Open
>> Face
>>
>>
>> Andaikan helm full face bisa mengakomodir utk pengguna berkacamata...
>> Soalnya kalo ujan repot sama aer, embun, dll-nya...
>> Jd skr pake half-face deh...
>> Regards,
>> ajipingky
>>
>> Powered by Honda GL200
>> Supported by ajipingky.wordpress.com
>>
>> -----Original Message-----
>> From: Tri Sulistyawan<tyanda130803@yahoo.com>
>> Sender: honda-tiger@yahoogroups.com
>> Date: Tue, 12 Jul 2011 11:33:24
>> To: HTML<honda-tiger@yahoogroups.com>
>> Reply-To: honda-tiger@yahoogroups.com
>> Subject: [honda-tiger] Pentingnya memakai helm Full Face dibanding helm
>> Open
>> Face
>>
>> Sekedar pencerahan buat kita semua tentang pentingnya memakai piranti
>> keselamatan dalam berkendara utamanya berkendara sepeda motor. Ingat,
>> bahaya
>> selalu siap memeluk setiap orang yang kurang/tidak aware dalam menjalankan
>> kendaraannya.
>>
>> Terima kasih buat Om Benny atas sharing n ijin copas artikelnya.
>>
>>
>> http://bennythegreat.wordpress.com/2011/07/12/seandainya-saja-bro-andry-pakai-helm-full-face/#more-6535
>>
>> Seandainya Saja Bro Andry Pakai Helm Full Face…
>> Bro Andry setahu ane adalah pemotor yang berpengalaman, dari sisi safety
>> gear, ia sangat konsisten mengenakan jaket bikers setiap harinya. Tubuh
>> kurusnya pas dengan jaket tebal model Heinz Gericke itu."Emangnya gue
>> gembul
>> kayak lo ben..gue ini kurus, makanya pas pake jaket ini, hangat bro.."
>> demikian
>> komentarnya waktu ane tanya "Apakah gak panas setiap hari pakai jaket tebal
>>
>> itu..?"
>>
>> Namun, dalam urusan helm, bro Andry ane nilai kurang konsisten. Ia
>> adalah perokok yang lumayan berat dan hal inilah yang menyebabkan ia
>> sering berganti jenis helm. Kadang ia pakai helm full face, kadang ia
>> pakai helm open face. Tapi untuk helm half face alias cetok, bro Andry
>> tidak pernah menggunakan helm model cetok. Ada satu hal yang ane ingat
>> tentangnya. Ia tak pernah mau menitipkan helm di tempat penitipan helm
>> yang tersedia di parkiran motor. Ia selalu membawa helmnya ke meja
>> kerja.
>> Kamis sore itu hujan turun dengan lebat, bro Andry memutuskan
>> menerabas hujan, ia barangkali tak sabar ingin berkumpul bersama
>> keluarga tercinta..
>> Menurut pengakuan bro Sofyan, rekan kerja sebelah meja bro Andry, hari itu
>> bro
>> Andry memakai helm open face…
>>
>> Hujan saat itu memang lebat sehingga jalanan di depan kantor terlihat
>> seperti
>> sungai. Tak terlihat mana lubang, mana marka jalan..
>>
>> Bro Andry lepas dari gerbang kantor dan memacu Supra-X nya perlahan,
>> tak sampai 30 km/jam. Namun ketika melewati depan gedung Menara Global,
>> Jl. Gatot Subroto, ia terpeleset dan jatuh. Sebuah lubang yang tertutup
>> air mengecohnya.
>> bro Andry tak mengalami cedera sama sekali, namun sayang entah mengapa helm
>> open
>> face nya terlepas, padahal sudah dikancingkan.
>>
>> Baru saja ia mengubah posisi badan hendak membangunkan motor,
>> tiba-tiba sebuah mobil box menghajar kepalanya. Ente tahu kan tonjolan
>> box kontainer yang sering lebih lebar dari kabin pengemudi..? Nah bagian
>> itulah
>> yang menghajar kepala bro Andry.
>>
>> Akibat benturan itu, rahang bro Andry remuk dan harus bergeser. Namun
>> refleks ia
>> segera menelepon bro Sofyan yang segera membawa ambulance
>>
>> kantor untuk menolongnya.
>> Pipi kanan bro Andry bersimbah darah, rahangnya bergeser hampir lepas dari
>> engselnya sehingga ia tak bisa bicara, kondisinya parah.. demikian
>> pengakuan bro
>> Sofyan yang pertama tiba di TKP.
>>
>> Ambulance pun segera membawa bro Andry ke RS. Medistra. Ironisnya,
>> selang beberapa detik setelah bro Andry jatuh, di tempat yang sama,
>> pengendara motor lainn terjatuh dan langsung tak sadarkan diri. Jadi
>> ambulance tersebut digunakan untuk membawa 2 korban kecelakaan.
>>
>> Hingga artikel ini ditulis, sudah hampir 2 minggu bro Andry menjalani
>> perawatan
>> untuk rahangnya. Dukungan moriil dan materiil terus mengalir, juga saran
>> dan
>> masukan untuk memperkarakan kondisi jalan yang buruk ke
>>
>> instansi terkait yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan jalan.
>> Namun, entah kebetulan atau bukan, sekitar 2 hari setelah bro Andry
>> jatuh, lubang di depan gedung tersebut sudah ditambal..hmmm..
>> Mengenai helm, ane hanya mengingat gumam bro Sofyan.. "coba dia pakai helm
>> full
>> face nya..gak akan begini jadinya…"
>>
>> Salam,
>>
>>
>> TangoRomeoIndia
>>
>> [Non-text portions of this message have been removed]
>>
>> [Non-text portions of this message have been removed]
>>
>> [Non-text portions of this message have been removed]
>>
>>
>>
>
>


------------------------------------

-------------------------------------------------------
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/honda-tiger/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/honda-tiger/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
honda-tiger-digest@yahoogroups.com
honda-tiger-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
honda-tiger-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/