Terima kasih atas infonya. Berarti jadwal malam ini bongkar cover gear
depan...
*tiap mlm pulang ngantor bongkar motor neh... :(
Tadi mlm ane coba saran dari Kang Acep, bongkar batok lampu, cek kabel
RPM (kabel hitam strip kuning), hasilnya ga ada kabel yang kendor atau
lepas-nyambung, udah itu ane lepas kabel dari RPM. terus ane nyalain motor
dalam posisi idle, setelah itu di sambung tuh kabel RPM. ternyata benar apa
adanya tuh RPM loncat2. Menurut Kang Bro Acep jika seperti ini bisa
dipastikan Modul RPM konslet. berangkat ngantor tadi, mampir ke AHASS Tanah
Abang, nanyain modul RPM. ternyata ga jual modulnya doang. harus segelondong
dengan speedometer, iseng nanya harganya sekitar 1,3 juta (glek.... nelen
ludah, sambil raba2 dompet)
sesuai saran Kang Acep, kalo RPM masih loncat2, tuh kabel hitam ane lepas,
takut merembet ke spul, CDI, kiprok dll.
Kondisi skr tuh RPM, sekarat alias tak berfungsi karena ane lepas kabelnya.
*sedih mode ON
*To Kang Acep : kalo bisa beli modul RPM-nya doang dimana ya? ada part
numbernya ga?*
Hatur Nuhun untuk semuanya...
Salam
Abah Ghayot
2010/11/9 anggit darianto <anggit_darianto@yahoo.com>
>
>
> salam kenal bro rofi,
>
> ane juga pernah dapat masalah yang persis sama seperti ente.
> ga taunya problem di kabel spul ada yang mau putus.
> kalo dibiarin kelamaan siap-siap mati mendadak di jalan bro.
> coba cek kabel spul di atas penutup (cover gear depan) kalo keliatan ga
> putus
> dilanjutkan dgn buka cover gear depan deh.
> biasanya didaerah itu yang mo putus. penyebabnya karena kabel kejepit ama
> ayunan
> arm belakang yang sedikit demi sedikit ngupas kabel spul ente.
> mudah-mudahan masalah kita sama bro.
>
> salam
> Anggit D
>
> ----- Original Message ----
> From: rofi <rofi.hermawan@gmail.com <rofi.hermawan%40gmail.com>>
> To: honda-tiger@yahoogroups.com <honda-tiger%40yahoogroups.com>
> Sent: Tue, November 9, 2010 10:23:59 AM
> Subject: Re: [honda-tiger] [WTA] Jarum RPM loncat-loncat
>
> Wow... Detail bgt penjelasan Kang Acep ini.
> Terima kasih atas responsnya Kang Acep.
>
> Kemaren pulang ngantor ane langsung buka2 bagian sekring (sesuai saran dari
> Kang Gatot)
> Hasil pengamatan ga ada tanda2 kabel putus atau soket sekring kotor,
> ngabisin kepenasaran, ane instalasi kabel baru untuk soket sekring (pulang
> ngantor mampir bengkel beli soket utilux untuk sekring n kabel). ane pasang
> deh tuh kabel n soket baru. ujung satu ke bendik starter n ujung satunya
> menuju kabel body. kunci kontak ON, selah sekali, mesin nyala. langsung
> mata
> menuju jarum RPM dan hasilnya.... eng...ing...eng.... itu jarum RPM tetep
> aja ga mau diem, alias loncat2. pecicilan bgt neh jarum, ga mau diem....
> wkwkwkwk.... :D
>
> tapi seengganya, suspect mengenai sekring dah ga ada.
> Insya Alloh ntar mlm bongkar2 lagi mengikuti saran Kang Acep ini.
>
> *two thumbs up for Kang Acep
>
> 2010/11/8 Acep Irwandi <lexz.irwandi@yahoo.com <lexz.irwandi%40yahoo.com>>
>
> >
> >
> > kalo sudah ganti sekring n masih loncat2 tuh rpm bearti bukan dari situ
> > bro. ane
> > juga mengalami masalah ini, gini analisa ane :
> > rpm loncat2 disebabkan karena pengapian dari cdi tidak stabil. ada 2
> gejala
> > rpm
> > loncat2
> > 1. Rpm loncat2 dan putaran mesin tidak stabil/ kacau.
> > 2. Rpm loncat2 dan putaran mesin stabil.
> >
> > untuk yg 1.
> > Rpm loncat2 dan putaran mesin tidak stabil disebabkan oleh input cdi yg
> > berasal
> > dari pickup coil/pulser tersentuh dengan ground/body. kalo input tersebut
> > nempel
> > lengket motor gak bakal idup karena thyristor dalam cdi short ke ground.
> > kalo
> > input tersebut kadang2 nempel, kadang2 lepas maka rpm motor akan loncat2
> > dan
> > mesin putarannya tidak teratur. solusinya cek kabel dari pulser sampe ke
> > cdi,
> > pastikan kabel aman. kabelnya warna biru strip kuning. buka penutup gear
> > depan,
> > kalo dimotor ane tuh kabel kegesek rante ampe terkelupas, pas kabel
> pulser.
> > jadi
> > pas lekukan rante lah yg membuat kabel pulser kena ground/body.
> >
> > untuk yg 2.
> > Rpm loncat2 dan putaran mesin stabil ini disebabkan output cdi tertempel
> > ground.
> > kebelnya hitam strip kuning. coba cek di sekitaran coil dan dalam batok
> > lampu.
> > kalo kabel aman, berarti modul Rpm meternya ada yg short atau rusak bro.
> > untuk
> > mengetahui rpm rusak, coba cabut kabel hitam strip kuning di batok lampu
> yg
> >
> > terpisah dan berselubung karet. kemudian hidupkan motor posisi idel. lalu
> > satukan kabel yg dilepas tadi, kalo putaran mesin turun dan rpm loncat2
> > bearti
> > modul rpm rusak ini agak susah dilihat, tapi kalo pakai CDI DC pas kabel
> di
> >
> > stukan pasti mesin langsung mati. kalo terbukti seperti ini, segera
> > lepaskan tuh
> > kabel bro yg hitam strip kuning tadi. gak usah di pake RPM nya, kalo mau
> > ganti
> > silahkan harganya 600rban. ane coba buka modul RPM nya isinya IC micro
> > controller bro, cek di google gak yg produksi kayaknya ni IC khusus
> buatan
> > honda
> > jepang untuk rpm. niatnya sih ane mau mengcopy isi IC itu tp musnah
> > harapan..
> > percuma kalo gak ada yg jual. ane cari alternatif lain, mau buat model
> led
> > aja
> > biar murah.
> >
> > saran ane kalo udah terbukti Rpm nya rusak jangan di paksa di pake bro,
> ini
> > bisa
> > berakibat spul pengapian terbakar, batere ataupun kiprok serta spullnya
> > bisa
> > rusak. karena kita gak tau bagian mana yg short. karena di modul terdapat
> 3
> >
> > kabel, 12 volt dari batere, ground dan output cdi yg 200an volt. di motor
> > ane
> > kemarin ane paksain hasilnya kalo pake cdi ac susah hidup mungkin spulnya
> > dah
> > lemah n sekarang pake cdi dc n gak ada masalah.
> >
> > semoga membantu....
> >
> > ________________________________
> > From: rofi <rofi.hermawan@gmail.com <rofi.hermawan%40gmail.com><rofi.hermawan%
> 40gmail.com>>
> >
> > To: honda-tiger@yahoogroups.com <honda-tiger%40yahoogroups.com><honda-tiger%
> 40yahoogroups.com>
>
> > Sent: Mon, November 8, 2010 10:32:23 AM
> >
> > Subject: Re: [honda-tiger] [WTA] Jarum RPM loncat-loncat
> >
> > Oalah sekring juga ngaruh ke jarum RPM ya bro?
> > soalnya kemaren2 sempet juga sekringnya putus nyambung. malah pernah
> sampe
> > matee dijalan tuh si tirev, gara2 sekringnya putus nyambung.
> >
> > *makin bertambah ni ilmu.
> >
> > 2010/11/8 gatot oke <gatot.oke1@gmail.com <gatot.oke1%40gmail.com><gatot.oke1%
> 40gmail.com>>
>
> >
> > >
> > >
> > > ya itu salah satu alternatif bro, cek bagian fuse, biasanya kepala yg
> > > menuju
> > > dan dari fuse berkarata atau kotor (rusak), potong saja bro pakai tang
> > > kabel
> > > (kalo ada) biar rapih trus ikat kembali ke pegangan fusenya (pakai yang
> > > baru
> > > ) di bengkel 2 di jual kok, insyaalloh macan nyamengaum kembali dengan
> > > lancar....
> > >
> > > Pada 8 November 2010 09.06, winarto sugondo
> > ><sugondo.winarto@gmail.com <sugondo.winarto%40gmail.com><sugondo.winarto%
> 40gmail.com><sugondo.winarto%
>
> > 40gmail.com>
> > > >menulis:
> > >
> > >
> >
> > > > Ooooo gitu ya Bro......terus kalau kabelnya ngga bagus, ngobatinnya
> > > gimana?
> > > >
> > > > 2010/11/8 gatot oke <gatot.oke1@gmail.com <gatot.oke1%40gmail.com>
> ><gatot.oke1%40gmail.com><gatot.oke1%
>
> > 40gmail.com>>
> >
> > > >
> > > > >
> > > > >
> > > > > ini penyakit klasik Revo, ane dah alami en pernah jelasin ke forum,
> > > coba
> > > > > cek
> > > > > bagian sekring (fuse) disitu suka ada kabel yang serabutnya putus
> > > putus,
> > > > > atau kotor..coba check bagian itu bro..jangan mengandalkan AHASS,
> > maaf
> > > > > kebetulan bapak saya dulu di AHM suka berkunjung ke AHASS, banyak
> > > montir
> > > > > AHASS yang juga baru..belum banyak pengalaman...
> > > > >
> > > > > Pada 8 November 2010 08.51, winarto sugondo
> > ><sugondo.winarto@gmail.com <sugondo.winarto%40gmail.com><sugondo.winarto%
> 40gmail.com><sugondo.winarto%
> > 40gmail.com>
> > > > <sugondo.winarto%40gmail.com>
> > > > > >menulis:
> > > > >
> > > > >
> > > > > > Bener Bro, ane aja ampe sedih banget ngeliatnya. Ngeluarin 400K
> ama
> > > > > ongkos
> > > > > > ini itu.
> > > > > >
> > > > > > 2 Bro Bayu : Betul tuh......ane punya juga sama, pernah ampe
> > > butirannya
> > > > > > banyak banget, kata teknisi AHASS itu karena kelistrikannya di
> > sepul
> > > > > jelek
> > > > > > banget, jadinya kaga sinkron, ane kaga tau mana yang bener
> soalnya
> > > > kalau
> > > > > > pendapat Bro Pravira beda lagi......
> > > > > >
> > > > > > Tapi sekedar berbagi pengalaman aja, daripada ngedorong si Tiggy,
> > > > > mendingan
> > > > > > check dulu aja.
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > > B 6225 KKX
> > > > > >
> > > > > > 2010/11/7 ///riyad <riyad_09@yahoo.com <riyad_09%40yahoo.com>
> <riyad_09%40yahoo.com><riyad_09%
> > 40yahoo.com><riyad_09%
> >
> > > 40yahoo.com>>
> > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > Cepet amat ya baru 3 tahunan udah ganti sepul, berarti siap2
> neh.
> > > > Punya
> > > > > > ane
> > > > > > > juga tahun 07 bro
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > ///riyad
> > > > > > >
> > > > > > > -----Original Message-----
> > > > > > > From: winarto sugondo
> > ><sugondo.winarto@gmail.com <sugondo.winarto%40gmail.com><sugondo.winarto%
> 40gmail.com><sugondo.winarto%
> > 40gmail.com>
> > > <sugondo.winarto%
> > > > 40gmail.com>
> > > > > <sugondo.winarto%
> > > > > > 40gmail.com>>
> > > > > > >
> > > > > > > Sender:
> > >honda-tiger@yahoogroups.com <honda-tiger%40yahoogroups.com><honda-tiger%
> 40yahoogroups.com><honda-tiger%
> > 40yahoogroups.com><honda-tiger%
> > > 40yahoogroups.com
> > > > ><honda-tiger%
> > > > > 40yahoogroups.com>
> > > > > > > Date: Sun, 7 Nov 2010 20:51:45
> > > > > > > To: <honda-tiger@yahoogroups.com<honda-tiger%40yahoogroups.com><honda-tiger%
> 40yahoogroups.com>
> > ><honda-tiger%40yahoogroups.com><honda-tiger%
> > > 40yahoogroups.com
> > > > ><honda-tiger%
> > > > > 40yahoogroups.com>>
> > > > > > > Reply-To:
> > >honda-tiger@yahoogroups.com <honda-tiger%40yahoogroups.com><honda-tiger%
> 40yahoogroups.com><honda-tiger%
> > 40yahoogroups.com><honda-tiger%
> > > 40yahoogroups.com
> > > > ><honda-tiger%
> > > > > 40yahoogroups.com>
> > > > > > > Subject: Re: [honda-tiger] [WTA] Jarum RPM loncat-loncat
> > > > > > >
> > > > > > > Bro.....kalau ane dulu pernah ngalamin kayak gini ampe binun,
> > check
> > > > ke
> > > > > > > AHASS
> > > > > > > sampe binun, mereke pikir ada kosleting tapi susah banget
> > nyarinya
> > > > > sampe
> > > > > > > mau
> > > > > > > dibongkar semua, secara si tiggy dipake sehari-ari, jadinya ane
> > > > diemin,
> > > > > 3
> > > > > > > bulan kemudian pas lagi jalan tiba-tiba motor ane mateeee
> > mendadak,
> > > > > > > diengkol
> > > > > > > ma diapain aja kaga mao jalan. Didiemin sebentar lalu nyala
> > lageee.
> > > > pas
> > > > > 2
> > > > > > > bulan kemudian ternyata mateee total, bagus dirumah, di-check
> > > > ternyata
> > > > > > > sepul
> > > > > > > nya mateeee Bro......Tiggy ane taon 2007. Ganti sepul baru
> 350K.
> > > > > > >
> > > > > > > Coba check kepala aki yang ground deh, kalau bejamur tanda
> > > > kelistrikan
> > > > > > udah
> > > > > > >
> > > > > > > kaga bagus. Alias sepul mau koit (itu katana muntir di AHASS
> > > Harapan
> > > > > > Indah
> > > > > > > Bro).
> > > > > > >
> > > > > > > Usul ane, mau ganti sepul, ganti sekalian aja coil nya biar
> > > > > > > puasssss.....kecuali tiggy ente masih muda.....^_^
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > B 6225 KKX
> > > > > > >
> > > > > > > 2010/11/7 rofi
> > ><rofi.hermawan@gmail.com <rofi.hermawan%40gmail.com> <rofi.hermawan%
> 40gmail.com><rofi.hermawan%
> > 40gmail.com><rofi.hermawan%
> > > 40gmail.com
> > > > ><rofi.hermawan%
> > > > > 40gmail.com>>
> > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > > Dear Brother & Sister
> > > > > > > >
> > > > > > > > Siapa tau ada yang pernah ngalamin, jarum RPM tirev ane suka
> > > > > > > > loncat-loncat, maksudnya, pada saat putaran mesin konstan tuh
> > > jarum
> > > > > > > > RPM tiba2 naek secara cepat dan langsung turun lagi secara
> > cepat
> > > > > juga.
> > > > > > > > Gambarannya gini Bro, ane lagi jalan konstan jarum RPM
> menunjuk
> > > di
> > > > > > > > angka 3, tiba2 tuh jarum naek ke angka 4 tapi langsung balik
> > lagi
> > > > ke
> > > > > > > > 3, loncatan jarum RPM ini tidak diikuti dengan penambahan
> > putaran
> > > > > > > > mesin, ane yakin putaran mesin tetap karena kerasa bgt ga ada
> > > > > > > > penambahan kecepatan di putaran mesin. Kira2 kenapa ya Bro?
> > Jadi
> > > > > > > > khawatir kenapa2 neh tirev ane. Mudah2an ada Brother or
> Sister
> > > > disini
> > > > > > > > yang pernah ngalamin dan menyelesaikan fenomena ini..
> > > > > > > >
> > > > > > > > Salam
> > > > > > > > Abah Ghayot
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > [Non-text portions of this message have been removed]
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > ------------------------------------
> > > > > > >
> > > > > > > -------------------------------------------------------
> > > > > > > HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
> > > > > > > -------------------------------------------------------Yahoo!
> > > Groups
> > > > > > Links
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > > [Non-text portions of this message have been removed]
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > > ------------------------------------
> > > > > >
> > > > > > -------------------------------------------------------
> > > > > > HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
> > > > > > -------------------------------------------------------Yahoo!
> > Groups
> > > > > Links
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > >
> > > > > [Non-text portions of this message have been removed]
> > > > >
> > > > >
> > > > >
> > > >
> > > >
> > > > [Non-text portions of this message have been removed]
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > ------------------------------------
> > > >
> > > > -------------------------------------------------------
> > > > HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
> > > > -------------------------------------------------------Yahoo! Groups
> > > Links
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > >
> > > [Non-text portions of this message have been removed]
> > >
> > >
> > >
> >
> > [Non-text portions of this message have been removed]
> >
> > ------------------------------------
> >
> > -------------------------------------------------------
> > HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
> > -------------------------------------------------------Yahoo! Groups
> Links
> >
> > [Non-text portions of this message have been removed]
> >
> >
> >
>
> --
> Warm & Best Regards
>
> Asep Rofi Hermawan
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
> ------------------------------------
>
> -------------------------------------------------------
> HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
> -------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
>
>
>
[Non-text portions of this message have been removed]
------------------------------------
-------------------------------------------------------
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/honda-tiger/
<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional
<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/honda-tiger/join
(Yahoo! ID required)
<*> To change settings via email:
honda-tiger-digest@yahoogroups.com
honda-tiger-fullfeatured@yahoogroups.com
<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
honda-tiger-unsubscribe@yahoogroups.com
<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/