Monday, May 23, 2011

Re: [honda-tiger] Pemakaian Oli Petro-Canada

 

Saya kurang sependapat kalau sampai dengan standard API SL itu kurang
memenuhi kriteria mesin honda tiger.

Memang Honda tiger itu masih diproduksi sampai tahun 2011 sekarang, tapi
perlu diingat teknologi mesin honda tiger masih teknologi tahun 1980-an...
Disana sebenarnya pakai API SF atau API SG juga sudah cukup...

Terlalu canggih oli, aditif yang dikandung oli tersebut semakin canggih dan
semakin licin...
Hal ini sangat bagus buat komponen mesin yang terbuat dari logam, tapi
ingat, di mesin tiger ada kampas kopling yang ikut terendam oli, bagian ini
harus diperhatikan juga...

Tapi saya baca, katanya Petro Canada sudah ada JASO MA dan JASO MA2 nya
meskipun standar API nya pakai API SM, jadi sih oke saja sih buat mesin
honda tiger...

Memang kurang lazim, biasanya diatas API SH sudah tidak ada pencantuman JASO
MA atau MA2 nya yah...
tapi kalau memang API nya SM dan ada JASO MA atau MA2 nya. manteb tuh...

Makin penasaran....

*tapi mana nih hasil test lab nya user dari HTML yang pernah test oli
bekasnya yah?

Pringgodani K.

Sent from my publicphone®
POWERED by PLN 220 Volt, 2.200 VA
*"anda boleh mendahului saya, tapi tolong jangan halangi saya"*
*"Power and Technology is Nothing Without Control"*

2011/5/20 <dimas_kharisma1986@yahoo.com>

> Yah, memang benar yg dibilang oleh Pak Boni, selama ini, oli yg dijual di
> Indonesia pd umumnya dgn berbagai merk, apakah mereka pernah membuka
> mengenai cara mrk buat oli, bahan dasar apa yg dipakai, dan sudah sesuai
> Standard kah oli mrk utk kendaraan kita?
>
> Salah satu contoh yg mungkin perlu amat sangat diperhatikan adalah API
> SERVICE dari oli kita. API Service merupakan level dari kualitas pelumas
> kita berdasarkan umur mesin kita. Contoh: API Service SJ, SL, atau SM.
>
> Berikut keterangannya:
> SA - SF sudah tdk diproduksi
> SG = Oli Mesin tahun 1989 - 1993
> SH = Oli Mesin tahun 1994 - 1996
> SJ = Oli Mesin tahun 1997 - 2000
> SL = Oli Mesin tahun 2001 - 2004
> SM = Oli Mesin tahun 2004 - 2010
> SN = Oli Mesin terbaru 2011
>
> Jadi, klo misalnya motor MasBro TIGER tahun 2007, lalu di isikan pelumas
> yg API Service nya msh SL, berarti pelumas yg MasBro pakai tidak bisa
> memenuhi tuntutan mesin motor masbro. Efeknya adalah Performa tdk dpt
> maksimal dan pelumas tersebut kurang dpt melindungi bagian2 mesin secara
> baik.
>
> Bisa masbro buka di website :
> www.api.org
>
> Yg saya bahas ini bukan teori Petro-Canada, tp merupakan Informasi umum dan
> lsng dari API ( American Petroleum Institute ) nya sendiri.
>
> Dan yg penting juga adalah Symbol API DONUT, apakah oli Masbro sdh ada
> Symbol itu?
> API DONUT merupakan lambang sertifikasi, bahwa pelumas tersebut, kualitas
> nya sdh diakui oli API.
>
> Look for the API Symbol, every time you buy engine oil.
> ( Salah satu pesan dlm website www.api.org ).
>
> Semoga bisa membantu.
> Trims
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>
> -----Original Message-----
> From: "Boni \"Bonsut\" Soehakso" <bondberry.traffic@gmail.com>
> Sender: honda-tiger@yahoogroups.com
> Date: Fri, 20 May 2011 16:01:16
> To: <honda-tiger@yahoogroups.com>
> Reply-To: honda-tiger@yahoogroups.com
> Subject: Re: [honda-tiger] Pemakaian Oli Petro-Canada
>
> intinya gini lah, masbro jagne... apa yg ditulis oleh bro dimas dari petro
> canada tentang oli petro itu adalah bicara tentang teknologi pengolahan oli
> dan kualitas oli.... bicara tentang presentasi bro dhimas yang gue juga
> udah
> punya, gue tanyakan ke bokap yang kebetulan mantan pegawai pertamina bidang
> pengolahan selama 31tahun masa kerja. bokap cukup lama di kilang plaju dan
> balikpapan, ada skitar 10tahunan dan gue dah bosen denger crita tentang
> prima xp, fastron, pertamax, premium, liquid natural gas ampe parafin :p...
> jadi gue dijelasin secara riil bahwa memang benar, satu2nya pabrik oli yang
> punya sistem hydrocracking yang bagus memang petrocanada.... yang memang
> bisa menghasilkan kualitas oli group 3...
> nah bicara tentang API DONUT, ternyata oh ternyata... xixixi, yang saat ini
> resmi terdaftar itu petrocanada, knapa? ternyata ga boleh sembarangan
> pasang
> logo API DONUT... bisa di cek di website API service.org kalo ga
> salah.....
>
> mungkin bro dhimas bisa mengkonfirmasi tentang API service?
>
>
> 2011/5/20 Yudi Setiawan <udee.s46@gmail.com>
>
> >
> >
> > berarti gak semua motor bisa pake olie ini donk......dulu juga pernah
> pake
> > repsol 15 - 50 (kemakan iklan) ternyata nguap ampe 300 ml.....akhirnya
> > balik
> > ke olie sblmnya motul 3100 sae 15 - 50 nguap hanya 50 ml ganti per
> > 2.500km.....nah kalo gitu kondisinya gimana.....dgn spek mesin dan sae yg
> > sama tingkat penguapannya beda......
> >
> >
> > 2011/5/20 aryowibi <my_bluetigy@yahoo.com>
> >
> > > Intinya mah pake oli apapun itu seencer apapun itu kalo motornya sehat
> > wal
> > > afiat ga bakal ampe sisa dikit,toh skg revo baru minumnya 10w 30 dari
> > > dealer,motor gw dulu waktu baru awal2 (2005) pake oli re**ol 10w 40
> terus
> > > ganti per 2500km penguapan ga lebih dari 50cc, tapi sekarang krn motor
> > dah
> > > os 25 en 6 taon en km nya 20rban setelah spido dah balek 0 lagi,saya
> > lebih
> > > 'tau diri' aja pake oli yang agak kental,jadi kalo buat pembuktian
> > mending
> > > yang punya tiger revo baru gress coba ni oli,jadi jelas biar ga ada
> > simpang
> > > siur ni oli gampang nguap apa ga,beres kan???
> > > Sent from my BlackBerry®powered by Sinyal Kuat INDOSAT
> > >
> > > -----Original Message-----
> > > From: "Boni \"Bonsut\" Soehakso" <bondberry.traffic@gmail.com>
> > > Sender: honda-tiger@yahoogroups.com
> > > Date: Fri, 20 May 2011 11:18:38
> > > To: <honda-tiger@yahoogroups.com>
> > > Reply-To: honda-tiger@yahoogroups.com
> > > Subject: Re: [honda-tiger] Pemakaian Oli Petro-Canada
> > >
> > > sengaja diputer2in.... karena masbro jagne mempermasalahkan oli petro
> di
> > > motor ramansyah, sementara waktu kondisi motor saya bleber dan seher
> > oblak,
> > > oli petro aja bisa ampe nyaris habis sebelum 2500km.... tapi nyatanya
> > > setelah mas irul, (kita dibengkel yang sama loh ama masbro jagne),
> > > melakukan
> > > OS 50, ganti packing full set dan seal, plus semuanya dah, nyata2nya
> > 3100km
> > > oli masih tersisa 930cc...
> > >
> > > artinya apa mas jagne? ramansyah bisa aja melihat kondisi fisik luar
> > memang
> > > tidak ada oli yg merembes, tapi apakah iya, sehernya bagus alias ga
> oblak
> > > seperti punya saya sebelum turun mesin? terlalu banyak kemungkinan2
> yang
> > > berbicara secara teknis kondisi mesin yang kita ga tau, masbro
> jagne....
> > >
> > > inget loh yaa... kita di bengkel yang sama, tapi saya turun mesin
> bongkar
> > > semua2nya loh, abis banyak dan saya sangat2 puas ama pekerjaan mas irul
> > > karena nyata2 oli petro bisa saya pake 3100km dan tersisa 930cc....
> > artinya
> > > pekerjaan mas irul itu jelas TOP BGT, buktinya keraguan saya ama oli
> > petro
> > > terjawab kan? bahwa bukan oli nya yang jelek, tapi jeroan mesin saya
> yang
> > > kaco.... kita ga pernah tau bagaimana jeroan plus packing2 dari
> motornya
> > > ramansyah juga kan??
> > >
> > >
> >
> > [Non-text portions of this message have been removed]
> >
> >
> >
>
>
>
> --
> Boni Soehakso
> 2071-Bekasi
> GM Komsar 2011
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>
> ------------------------------------
>
> -------------------------------------------------------
> HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
> -------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
>
>
>
>
>
> ------------------------------------
>
> -------------------------------------------------------
> HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
> -------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
>
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
-------------------------------------------------------
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------
.

__,_._,___