Friday, April 15, 2011

Re: [HVC] TEMPO Interaktif : Cara Mudah Meningkatkan Tenaga Skuter Matik

 

1.      Perbesar rasio kompresi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperbesar tingkat
kompresi mesin. Ini bertujuan agar rasio kompresi mesin naik, maka
piston standar pasti diganti dengan  produk after market yang
berdiameter lebih besar.
Hal
itu dimaksudkan agar tekanan udara dan bahan bakar ke ruang bakar
semakin besar sehingga pembakaran lebih sempurna. "Kalau pembakaran
sempurna tenaga yang dihasilkan juga besar," terang Ozi.
Bila
tidak ingin membeli piston after market, Anda bisa memangkas permukaan
piston. Namun jangan terlalu banyak, cukup 1 - 1,5 milimeter (mm).
 
2.      Pangkas bobot Roller
Roller
yang berbentuk lingkaran berfungsi untuk memberikan tekanan keluar
terhadap variator untuk menarik drive belt sehingga motor dapat
bergerak. Dengan kata lain, kinerja variator untuk menggerakkan drive
belt sangat tergantung pada kemampuan roller menariknya.
Oleh
karena itu, agar roller bisa bekerja dengan maksimal maka bobotnya
harus dipangkas. Namun dengan catatan, pengurangan bobot itu jangan
lebih dari 2 gram dibanding bobot semula.

Caranya dengan membubut peranti itu.

3.      Ganti noken as dan setel ulang klep
Noken
as adalah peranti yang berfungsi untuk mengatur waktu buka tutup klep
bahan bakar untuk disalurkan ke  ruang bakar mesin. Sehingga, bila
kinerja peranti ini sempurna , maka proses pembakaran juga akan semakin
maksimal.

Jika
itu terjadi maka semburan tenaga dari mesin pun semakin besar. Oleh
karena itu, perlu mengganti noken as bawaan pabrik dengan peranti
sejenis dari after market. "Sebab, noken as after market umumnya telah
disesuaikan setingannya untuk memperbesar asupan bahan bakar," kata Ozi.

Meski
demikian, klep  - baik klep inlet maupun exhaust- tersebut juga perlu
disetel ulang. Pastikan tingkat kerapatan klep inlet pada posisi antara
0,15-0,20 mm dan klep exhaust 0,07-0,1 mm.

4.      Setel ulang spuyer
Pada
intinya, langkah ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan ubahan di
noken as dan kompresi.  Namun, setingan ini tidak baku. Sehingga berapa
ukurannya tidak bisa ditentukan.

"Yang
pasti, bila pemilik motor masih menggunakan filter udara, spuyer
dibikin kering. Dan sebaliknya, bila tidak menggunakan filter dibuat
basah," saran Ozi.

Seting
ulang spuyer, tergantung dengan keinginan dari si pengguna skutik
tersebut. Bila masih ingin mempertahankan penggunaan filter udara, maka
penyetelan dibuat kering. Tapi bila maunya open filter, mau tidak mau
perbandingan penyetelan dibuat basah.
 
5.      Porting
Porting
adalah langkah untuk menghaluskan permukaan lubang saluran inlet dan
exhaust. Pasalnya permukaan peranti itu berbintik-bintik seperti kulit
jeruk, sehingga semburan bahan bakar kadang-kadang tidak sederas yang
diinginkan.

Lantaran
itulah perlu dilakukan penghalusan permukaan lubang saluran  tersebut.
Namun, yang perlu diingat jangan terlalu banyak memangkas permukaan,
cukup 0,5 mm.
 
6.      Bobok knalpot
Idealnya
memang menggunakan knalpot after market atau racing. Pasalnya, knalpot
model ini biasanya dirancang memiliki tekanan balik gas sisa pembakaran
ke ruang bakar yang sempurna. Sehingga kehadirannya akan meningkatkan
kesempurnaan proses pembakaran.

Namun, 
bila tidak suka menggunakan knalpot racing, bisa menggunakan knalpot
bawaan pabrik. Namun knalpot itu harus dimodifikasi terlebih dahulu
atau dibobok.

--- On Fri, 4/15/11, cies19@yahoo.ca <cies19@yahoo.ca> wrote:

From: cies19@yahoo.ca <cies19@yahoo.ca>
Subject: [HVC] TEMPO Interaktif : Cara Mudah Meningkatkan Tenaga Skuter Matik
To: honda-vario@yahoogroups.com
Date: Friday, April 15, 2011, 4:24 AM

http://m.tempointeraktif.com/2011/04/15/327736/

Powered by Telkomsel BlackBerry®

------------------------------------

"I'M VARIO"
www.varioclub.comYahoo! Groups Links

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
"I'M VARIO"
www.varioclub.com
.

__,_._,___