jadinya ? debat kusir tiada akhir...
Thank's
Ongky Dirdjo
--- On Wed, 1/5/11, Syam_Record Center <Syamsu.Nulhakim@petrochina.co.id> wrote:
From: Syam_Record Center <Syamsu.Nulhakim@petrochina.co.id>
Subject: Re: [HORNET] [RSA-INA]Selamat Datang Era Pembatasan Motor...
To: Honda_Motor@yahoogroups.com
Date: Wednesday, January 5, 2011, 8:21 AM
kayak mengurai benang yang kusut....
di tarik marih..dosno ngikut...di tarik sono...dosni kusut....
(hisap nafas pelan2...buang angin cesssssssss....)
H035
----- Original Message -----
From: husnulamalia@yahoo.com
To: Honda_Motor@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, January 05, 2011 12:52 PM
Subject: Re: [HORNET] [RSA-INA]Selamat Datang Era Pembatasan Motor...
Yg bs jawab pertanyaan ente ya pemda
Ane sih juga udah muak sama kemacetan
Soal supir angkot, mereka marah oke tapi liat dulu apa mereka juga bener?! Ngetem sembarangan bikin macet ga?
Mereka bikin macet juga bikin absen gw telat yg ujung2nya ngancem periuk nasi gw juga kan?
Mereka boleh marah dan maen balok soal macet jadi sah juga kalo gw kalap dan maen besi buat nyadari otak mereka siapa sebenarnya biang macet! :)
Soal jalanan macet, kayaknya kalo udah pake motor pan banyak jalan alternatif lain? Iniah fleksibilitas sepeda motor yg real, bisa masuk kampung2 or jalan kecil dimana roda 4 atau lebih ga bs masuk...
Sementara kita beli mobil buat apa sih? Sekedar ketika jalan anak bini ga susah kan?
Soo biarkan saja jalanan macet, biar tersaring alami siapa yg sebenarnya benar2 butuh motor/mobil atau hanya ikut2an naik motor/mobil.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
-----Original Message-----
From: "Dwi Putranto Kustejo" <Dwi@car.co.id>
Sender: Honda_Motor@yahoogroups.com
Date: Wed, 5 Jan 2011 12:26:26
To: <Honda_Motor@yahoogroups.com>
Reply-To: Honda_Motor@yahoogroups.com
Subject: RE: [HORNET] [RSA-INA]Selamat Datang Era Pembatasan Motor...
Map nie..
Pelan2nye itu sampe seberapa cepet ehh seberapa pelan??
Ape nunggu itu sopir2 angkot pade marah karena periuk nasinye jadi berkurang...ga kan??
Soal konsorsium disitu ade kopaja atau metromini..disitu juga ada mayasari bhakti kan??
Tetep aje para sopir mereka itu ga mau tahu...yg jelas membuat pendapatan mereka djalan berkurang..dan pendapatan boss mereka bertambah..enak bener ye hehehehe.
Busway dah berapa lama ada dijakarte ye??
Ape kalo dah 10thn bakalan bagus??
Ada yg bisa jamin??
-----Original Message-----
From: Honda_Motor@yahoogroups.com [mailto:Honda_Motor@yahoogroups.com] On Behalf Of husnulamalia@yahoo.com
Sent: Wednesday, January 05, 2011 12:17 PM
To: Honda_Motor@yahoogroups.com
Subject: Re: [HORNET] [RSA-INA]Selamat Datang Era Pembatasan Motor...
Atau mungkin kalao pemerintah berani...semua bus besar termasuk
metromini/kopaja dihapuskan. Diganti sama busway. Nah sopirnye dialihkan
ke busway..di didik deh biar sesuai standar yg di inginkan. Ga akan
terjadi kebut2an...lah wong digaji tiap bulan ga -pake system setoran :)
--> kedepannya emang begini om dwi, pelan2 di alihkan
Oiya konsorium tranjakarta didalamnya ada kopaja dan metromini loh :)
Sent from my BlackBerryŽ smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
-----Original Message-----
From: "Dwi Putranto Kustejo" <Dwi@car.co.id>
Sender: Honda_Motor@yahoogroups.com
Date: Wed, 5 Jan 2011 12:12:34
To: <Honda_Motor@yahoogroups.com>
Reply-To: Honda_Motor@yahoogroups.com
Subject: RE: [HORNET] [RSA-INA]Selamat Datang Era Pembatasan Motor...
Ki Joko,
Mau OOT dikit ye hehehe.
Berdasarkan pemantauan ane ..yg kerja dari depok menuju Tomang. Setelah
Januari 2011 jadi tambah macet.
Yg biasanye lepas lampu merah kuningan menuju arah Tomang lancar
jali..speed bisa sampe 80-100..bahkan lebih.mantep bener deh. Bisa
ditempuh 15 menit. Kalau beruntung bisa 10 menit (kalau lampu merah
slipi dan tomang pas nyala hijau semua :) )
Tapi setelah busway aktif dijalur tersebut dari pinangranti sampe
pluit...weleh2..mulai MPR/DPR dah macet sampe tomang. Gile
benerrr...bisa sampe 30-45 menit naek motor/mobil baru sampe kantor dari
titik macet tersebut.
Jadi apenye yg lancar ye kalau ada busway??
Ane sih karena baru 2 hari ini kerja ..ya santei aje..ga tau deh klao
dah lama2..bete juga kali ye hehehe.
Sempet liat para supir bus besar dan kopaja/metromini...diikuti oleh
beberapa kendaraan pribadi, yg pade kesel..akhirnye sikat jalur busway.
Ane Cuma liatin sambil mikir...jangan2 bisa2 akan meledak suatu saat
nanti kemarahan dari para sopir angkot seluruh Jakarta yg pade kompak
marah karena jalurnye jadi macet gara2 busway, bensin jadi boros,
pendapatan setoran makin dikit bahkan nombok. Sedangkan harga2 sembako
dan kebutuhan hidup semakin meningkat. Dan ini yg bisa dijadikan alasan
mereka untuk berbuat yg tidak baik.
karena mereka juga perlu hidupi keluarga dan anak2 mereka, sesuai dengan
apa yg mereka cita2kan seperti halnya orang lain yg selalu punya mimpi2
yg indah dalam hidupnye.
Monggo yg punya ide..mungkin ada jalan keluar yg baik untuk hal ini.
Busway ada ..mungkin semua ga masalah..bahkan setuju.
Dengan catatan...jangan mengambil jalur jalan yg sudah ada.
Bikinlah jalan sendiri seperti jalan tol itu..yah pake modal deh.
Jangan Cuma dompleng.
Kalo diliat2 kan ini busway bukan punya Negara..tapi punya swasta juga
..bener ga sih??
Sama seperti jalan tol..yg bukan punya Negara tapi punya swasta..bener
juga ga sih ??
Atau kalau mau busway ada jangan hanya untuk mengalihkan supaya para
pengguna kendaraan pribadi baik itu motor atau mobil pindah ke busway.
Ga mungkin..jangan ngimpi. Dari tingkat kenyamanan dan keiritan tetep
enak naek motor dan kendaraan pribadi hehehe.
Atau mungkin kalao pemerintah berani...semua bus besar termasuk
metromini/kopaja dihapuskan. Diganti sama busway. Nah sopirnye dialihkan
ke busway..di didik deh biar sesuai standar yg di inginkan. Ga akan
terjadi kebut2an...lah wong digaji tiap bulan ga pake system setoran :)
Jangan busway ada tapi angkot lain juga ada..malah terjadi penumpukan
dijalan. Tambah macet euy.
Nah kapan kira2 angkot yg searah dengan busway dialihkan atau di
hapuskan...apa pemerintah daerah berani lakukan itu??
Apa anda semua yakin ini bisa terlaksana??
Ga mungkin kan dalam 1 atap ada 2 kemudi, Dengan jalur yg sama.
Beda dengan kereta api walaupun sama2 didarat tapi beda jalur hehehehe
-----Original Message-----
From: Honda_Motor@yahoogroups.com [mailto:Honda_Motor@yahoogroups.com]
On Behalf Of Ki Djoko Lemot
Sent: Wednesday, January 05, 2011 11:20 AM
To: Hornet
Subject: [HORNET] [RSA-INA]Selamat Datang Era Pembatasan Motor...
*Selamat Datang Era Pembatasan
Motor...*<http://edorusyanto.wordpress.com/2011/01/05/selamat-datang-era
-pembatasan-motor/>
LALU lintas sepeda motor bakal dibatasi. Sontak mendengar kalimat itu,
seorang teman bertutur, "Kalau angkutan umum sudah nyaman sih boleh
aja."
Apa sih yang dimaksud pembatasan lalu lintas sepeda motor? Kabarnya, hal
itu
akan diatur dalam peraturan pemerintah (PP) sebagai turunan dari Undang
Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Iya.
Tapi
apa artinya?.
Iseng-iseng coba nyari tahu, nah ini dia infonya. Pembatasan itu
ternyata
terkait dengan apa yang disebut manajemen kebutuhan lalu lintas yang
bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan ruang
lalu
lintas dan mengendalikan pergerakan lalu lintas. Makna dari hal itu
ternyata
adalah terkait dengan manfaat dan dampak terhadap penggunaan ruang lalu
lintas, misalnya penghematan penggunaan bahan bakar, kualitas dan daya
dukung lingkungan, serta daya dukung lalu lintas dan angkutan.
Cara pembatasannya beragam, salah satunya pembatasan lalu lintas sepeda
motor pada koridor atau kawasan tertentu pada waktu dan jalan tertentu.
Cara
yang lain misalnya pembatasan lalu lintas kendaraan perseorangan dan
kendaraan barang pada koridor atau kawasan tertentu pada waktu dan jalan
tertentu.
Lalu, pembatasan lalu lintas kendaraan bermotor umum sesuai dengan
klasifikasi fungsi jalan. Bahkan, pembatasan ruang parkir pada kawasan
tertentu dengan batasan ruang parkir maksimal dan atau pembatasan lalu
lintas kendaraan tidak bermotor umum pada koridor atau kawasan tertentu
pada
waktu dan jalan tertentu.
*Kriteria Motor*
Pembatasan lalu lintas sepeda motor ternyata harus memenuhi kriteria
sekurang-kurangnya perbandingan volume lalu lintas kendaraan bermotor
dengan
kapasitas jalan sama atau lebih besar 0,5. Lalu, tersedia jaringan dan
pelayanan angkutan umum dalam trayek yang memenuhi standar pelayanan
minimal
pada koridor atau kawasan yang bersangkutan. Dan yang terpenting, harus
memperhatikan kualitas lingkungan.
Kalau kriteria sudah terpenuhi, ada tekniknya untuk mengimplementasikan
hal
itu. Kabarnya seperti ini. Teknik pembatasan lalu lintas sepeda motor
hanya
dapat dilakukan dengan pembatasan tanpa pengenaan retribusi pengendalian
lalu lintas.
Selain itu, dengan cara pembatasan berdasarkan waktu, pembatasan
berdasarkan
kawasan atau koridor dan jalan tertentu, pembatasan berdasarkan jumlah
penumpang, dan atau penyediaan lajur/jalur khusus sepeda motor.
Tetap saja diingatkan agar teknik pembatasan lalu lintas tersebut harus
memperhatikan kondisi daerah setempat.
Kalau begitu, siapa pelaksana aturan ini? Info yang saya peroleh sih
menyebutkan bahwa pelaksananya adalah menteri yang bertanggung jawab di
bidang sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan untuk jalan
nasional, gubernur untuk jalan provinsi, dan bupati/walikota untuk jalan
kabupaten/kota.
Opppsss...kapan bakal berlaku aturan ini? Wah...mungkin setelah
rancangan PP
rampung terus diteken Presiden. Tapi kapan? Belum tahu pasti, kalau
mengikuti amanat UU No 22/2009 tentang LLAJ semestinya
selambat-lambatnya
satu tahun setelah UU tersebut diundangkan.
Belajar dari pengalaman yang sudah-sudah, mesti diperkuat tuh sinerginya
agar tujuan dari pelaksanaan aturan itu bisa terwujud. Loh dimana tugas
pak
polisi? Kalau misalnya, ada pengguna jalan yang melanggar aturan
tersebut?
UU No 22/2009 tentang LLAJ dengan tegas menyebutkan bahwa kepolisian
adalah
instansi yang bertugas menegakkan aturan lalu lintas jalan. Tentu saja,
kalau urusan sidang bagiannya Pengadilan Negeri atau soal dana tilang
meluncur ke kas negara.
Balik lagi soal pembatasan sepeda motor. Artinya, jika dalam kondisi
aktual
saat ini, khusus di Jakarta boleh jadi ruas jalan seperti Jl Jenderal
Sudirman dan Jl MH Thamrin tergolong koridor yang tak bisa dilalui oleh
sepeda motor. Hemm...kalau benar seperti itu, rasanya butuh sosialisasi
yang
memadai kepada masyarakat dibarengi dengan penyediaan fasilitas angkutan
umum massal yang aman, nyaman, dan terjangkau secara akses dan
finansial.
Atau, jangan-jangan kita bakal meniru Shanghai, Cina yang konon
menerapkan
jurus pelarangan produksi motor baru (zero growth), lalu dibarengi
dengan
pengadaan jalur khusus sepeda motor. Namun, selanjutnya muncul larangan
di
area pusat kota, jalan-jalan utama, hingga akhirnya per tahun 2005,
seluruh
wilayah kota tidak boleh dijelajah oleh sepeda motor.
Kira-kira di Jakarta seperti apa yah? (edo rusyanto)
*info terkait:*
Sama-sama Mencari Jalan
Pintas<http://edorusyanto.wordpress.com/2011/01/05/gak-beda-kelakuannya/
>
Kok Helmnya Gak
Dipake?<http://edorusyanto.wordpress.com/2011/01/04/kok-helmnya-gak-dipa
ke/>
sumber (http://edorusyanto.wordpress.com)
twitter @edorusia
[Non-text portions of this message have been removed]
------------------------------------
Terima Kasih anda telah ikut serta di dalam Milis ini.
*********************************************
Kalau ingin me-reply, mohon pesan yang tidak di perlukan dan sudah
panjang di hapus agar message tidak terlalu panjang
Jangan mem-posting message yang tidak ada Hubungannnya dengan Milis ini,
SPAM Mail, Junk Mail, SARA.
Tolong Kerjasamanya...
*********************************************
Terima Kasih,
Moderator TeamYahoo! Groups Links
********************************
Your mail has been scanned by IMMS
CAR Life Insurance
01/05/11 11:26:01
********************************
********************************
Your mail has been scanned by IMMS
CAR Life Insurance
01/05/11 12:15:28
********************************
[Non-text portions of this message have been removed]
------------------------------------
Terima Kasih anda telah ikut serta di dalam Milis ini.
*********************************************
Kalau ingin me-reply, mohon pesan yang tidak di perlukan dan sudah panjang di hapus agar message tidak terlalu panjang
Jangan mem-posting message yang tidak ada Hubungannnya dengan Milis ini, SPAM Mail, Junk Mail, SARA.
Tolong Kerjasamanya...
*********************************************
Terima Kasih,
Moderator TeamYahoo! Groups Links
********************************
Your mail has been scanned by IMMS
CAR Life Insurance
01/05/11 12:19:53
********************************
********************************
Your mail has been scanned by IMMS
CAR Life Insurance
01/05/11 12:29:23
********************************
------------------------------------
Terima Kasih anda telah ikut serta di dalam Milis ini.
*********************************************
Kalau ingin me-reply, mohon pesan yang tidak di perlukan dan sudah panjang di hapus agar message tidak terlalu panjang
Jangan mem-posting message yang tidak ada Hubungannnya dengan Milis ini, SPAM Mail, Junk Mail, SARA.
Tolong Kerjasamanya...
*********************************************
Terima Kasih,
Moderator TeamYahoo! Groups Links
[Non-text portions of this message have been removed]
[Non-text portions of this message have been removed]
*********************************************
Kalau ingin me-reply, mohon pesan yang tidak di perlukan dan sudah panjang di hapus agar message tidak terlalu panjang
Jangan mem-posting message yang tidak ada Hubungannnya dengan Milis ini, SPAM Mail, Junk Mail, SARA.
Tolong Kerjasamanya...
*********************************************
Terima Kasih,
Moderator Team