Sunday, December 12, 2010

Re: [Yamaha-Matic] Kopling nyendal²

Wah...saya belum bisa memastikan itu ksalahan pemakaian atau komponennya yg bermasalah sblm konfirm dulu ke mas Disep.
Memang utk motor2 baru (di bawah 3000 km) bukan hanya matic, semua komponen yg bergerak masih saling menyesuaikan dengan pasangannya. Misal sepatu kopling dg rumahnya, piston dg dinding silinder, gigi transmisi dg psangannya.
Bila proses penyesuaian ini belum sempurna (misalnya sepatu kopling dg rumahnya hanya terjadi kontak sebagian/tdk rata), bisa mengakibatkan getaran di motor, terutama saat mulai jalan atau akselerasi.
Untuk mencegah tautan antar komponen yg tdk sempurna tsb, disarankan kpd pemakai motor bila menggunakan motor msh baru harus 'inreyen' dulu.
Pemakaian 'inreyen' bukan saja membatasi kcepatan max 60 km/jam, tapi disarankan juga tdk buka dan tutup gas secara mendadak.
Saran tersebut bertujuan keausan antar komponen yg bergerak bisa rata dan match dengan pasangannya.
Terima kasih
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: "Budhi@mobile" budhi5758@gmail.com
Sender: Yamaha-Matic@yahoogroups.com
Date: Sat, 11 Dec 2010 15:26:38
To: Yamaha Matic Milis<Yamaha-Matic@yahoogroups.com>
Reply-To: Yamaha-Matic@yahoogroups.com
Subject: [Yamaha-Matic] Kopling nyendal² [1 Attachment]

Mas Pio, tadi pagi saya ke beres cemput, claim kopling yang nge-gredet saat tarikan pertama.
Pelayanan mantaff, datang jam 8 seprapat, setengah 9 sudah dilayani sama mas Disep (maaf kalau salah tulis nama), setengah sepuluhan sudah kelar.
Masalah pada mangkok kopling, ada beberapa area kotor / tidak mengkilap / tidak tersentuh kampas kopling, katanya ini akibat kesalahan pemakaian, seharusnya tidak bisa claim, tapi karena mau dipakai sebagai bahan study maka diganti baru. Katanya karena nge rem roda belakang secara mendadak (padahal tidak pernah saya lakukan).
Sebenarnya, menurut saya diamplas juga beres, karena sepertinya cuma kotoran yang menempel.
Sebenarnya apa yang terjadi? Mengapa sampai begitu?
Untuk xeon mungkin baru kali ini (karena mangkok saya untuk sample?), untuk mio / soul apakah ada yang mengalami?

Terus, bagaimana sebaiknya mengendarai motor matic?

Bagaimana pengalaman rekan² yang suka free style di panahan pakai mio? Apa kopling cepet jebol? Apa belt cepet putus?

Maaf mas Pio, bukan saya mengeluh tapi pengin tau (untuk pembelajaran) bagaimana seharusnya memperlakukan motor matic, apa yang boleh dan apa yang jangan.

Walau setiap claim dilayani dengan baik dan gratis tapi kalau bolak-balik ke beres ya repot :-(

Mohon pencerahannya.

Gambar terlampir.

Salam,
Budhi

Sent from my XeonBerry® smartphone from BBM Bagus, Gas Teruuusss...!

------------------------------------

please visit http://www.yamaha-matic.org

"Misi dan Visi Yamaha-Matic Mailing List (YMML)adalah komunitas yang mengajak member milist untuk kompak, guyub, bisa saling berbagi rasa dan tolong menolong, dan membawa kemajuan bagi dunia otomotif khususnya para pembesut dan penggemar Yamaha Matic."
Yahoo! Groups Links

------------------------------------

please visit http://www.yamaha-matic.org

"Misi dan Visi Yamaha-Matic Mailing List (YMML)adalah komunitas yang mengajak member milist untuk kompak, guyub, bisa saling berbagi rasa dan tolong menolong, dan membawa kemajuan bagi dunia otomotif khususnya para pembesut dan penggemar Yamaha Matic."
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/Yamaha-Matic/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/Yamaha-Matic/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
Yamaha-Matic-digest@yahoogroups.com
Yamaha-Matic-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
Yamaha-Matic-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/