Monday, August 16, 2010

[honda-tiger] Pengalaman perpanjang SIM di Kantor Polisi Kemayoran

 

Hari ini (16 Agustus 2010) saya perpanjang SIM di Kantor Polisi Sektor
Kemayoran yang dekat tempat kumpulnya HTML Jak-Pus.

1. Datang jam 8:10, sedang parkir saja sudah didatangi seorang petugas
pembersih mobil polisi yang menawarkan "bantuan" untuk perpanjang SIM dan
diiming-imingi hanya 10 menit

2. Ke Loket cek data serahkan SIM yang mau diperpanjang kemudian disuruh ke
loket asuransi. Di sana ditanya mau asuransi untuk motor atau mobil karena
saya perpanjang dua SIM. Bayar Rp.30 ribu untuk 1 asuransi. Siapkan 1
fotocopy KTP.

3. Setelah itu ke dokter praktek umum untuk cek kesehatan. Proses yang tidak
ada gunanya karena tidak diperiksa apapun sama sekali, hanya diisi surat
keterangan dan kita isi data sedikit. Butuh 2 fotocopy KTP untuk 2 SIM.
Bayar Rp. 25 ribu

4. Setelah itu ke loket pendaftaran perpanjang SIM. Diminta bayar Rp. 130
ribu untuk 1 SIM. Proses yang lagi-lagi tidak jelas karena kalau di Mobil
SIM keliling hanya Rp. 100 ribu. Waktu saya tanya kenapa harganya Rp. 130
ribu petugas diam saja. Tidak dikasih bukti kuitansi apapun juga.

5. Setelah bayar langsung ke ruang foto. Dibacakan data SIM. Nah, sialnya
waktu saya perpanjang 2 SIM hanya 1 data yang dibacakan sedangkan 5 tahun
lalu waktu perpanjang di mobil keliling data yang tidak betul sudah saya
minta rubah. Saya tidak tahu kalau datanya ternyata tidak update di sana.

6. Keluar ruang foto dan tunggu sebentar untuk ambil SIM. Setelah ambil SIM
baru tahu kalau tanggal lahir saya ternyata datanya tidak betul padahal
seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, 5 tahun lalu waktu perpanjang
sudah saya minta dibetulkan. Jadi saya minta dibetulkan dan dibilang tidak
apa-apa :((

Total biaya yang keluar Rp. 130 ribu + Rp. 25 ribu + Rp. 30 ribu + Rp. 2000
untuk biaya fotocopy.
Total waktu yang dihabiskan = 1 jam.

Kesimpulan ? Itu terakhir kalinya saya perpanjang SIM di kantor polisi
kemayoran. Lebih baik ke mobil SIM keliling, hanya Rp. 100 ribu/SIM dan
lebih cepat pula.

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
-------------------------------------------------------
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------
.

__,_._,___