"biasanya jika didepan kita ada lubang/ poldur/ mbl rem mendadak/ batu ane langsung berdiri diatas footstep, jepit tangki dengan kedua paha,"
kalo naek bebek gimana caranya bro ?
nice share bro
scozyson@gmail. com Sent by: yamaha_scorpio@ yahoogroups. com 07/15/2010 12:32 AM Please respond to yamaha_scorpio@ yahoogroups. com | | To | yamaha_scorpio@ yahoogroups. com | cc |
| Subject | Re: [yamaha_scorpio] (need info) panic handling for "near miss accident" |
|
Panic handling, hmmm... Nice share bro...Ini memang situasi yg harus kita kuasai teorinya dalam berkendara.. . Berdasarkan pengalaman ane... CMIIW...Sebisa mungkin jgn panik, kemampuan handling motor dan pengetahuan akan medan jalan adalah syarat utama dalam berkendara, biasanya jika didepan kita ada lubang/ poldur/ mbl rem mendadak/ batu ane langsung berdiri diatas footstep, jepit tangki dengan kedua paha, sambil rem depan dibejeg perlahan... Kalau di tikungan ban belakang / depan slip ane biasanya menurunkan speed sambil gentak kaki ke aspal sambil perlahan mainin rem depan... Beberapa kali ane ngalemin kejadian tsb, hasilnya sukses... Terhindar dari kecelakaan. Semoga membantu.Rgds, son3 Sent from my BlackBerry® Son3...!
From: "nol_8126624587" <nol_8126624587@ yahoo.com>
Sender: yamaha_scorpio@ yahoogroups. com
Date: Wed, 14 Jul 2010 05:40:25 -0000
To: <yamaha_scorpio@ yahoogroups. com>
ReplyTo: yamaha_scorpio@ yahoogroups. com
Subject: [yamaha_scorpio] (need info) panic handling for "near miss accident"
semalam, di depok
habis turun hujan,
gue ngejar maen putsal ke daerah slipi.
arah margonda, naik flyover ui,
puteran sambil turunan, puter ke kiri
sampai di cabangan masuk ui kanan, terus ps.minggu kiri muter terus.
awalnya nggak ada gejala apa-apa,
mungkin karena merasa ban masih oke,(padahal ban standar abis...)
jalan udah kering.
begitu melewati cabangan gerbang ui,
masih rebahan dikit, ngeliat bekas line basah memanjang.
motor masuk ke arah line yang agak basah/lembab. .
gejala mulai terasa,
belokan kerasa melebar ke sisi luar.
sesaat sadar licin, masih untung tetep tenang turunin kaki kiri,
yang ditakutin terjadi,
ban depan belakan sliding,
kaki kiri langsung dibejek ke jalan.
motor yang mau rebah jatuh ke arah kiri ketahan kaki kiri yang turun.
merasa beruntung. kaki sempet gemetar yang kiri, karena gaya yang ditahan besar juga. (sial)
padahal nggak kenceng pas jalan,
tapi emang agak rebahan.
tapi seinget gue, kalo hari biasa siang,
(emang nggak hujan) bisa jauh lebih rebahan.
pertanyaannya adalah,
selama ini gue selalu melihat training safety riding.
nah gimana kalo panic handling untuk special case kayak gue?
pasti ada berbagai macam contoh kasus yang menarik untuk diteliti.
mulai dari penyebab, hingga saran/solusi.
soalnya yang gue lihat, kecelakaan terjadi karena:
1. tidak bisa menguasai laju kendaraan
2. panik
(3). apes
tapi menurut gue pribadi walau belum empiris, faktor kecelakaan yang lebih menentukan diantara 2 itu adalah kepanikan.
nyaris jadi accident,
untung masih near miss...
kapok sama flyover ui... :(
salam,
aan