Monday, July 26, 2010

Re: [karisma_honda] [OOT]KENAPA TABUNG GAS ELPIJI MELEDAK?

 

untuk penjabarannya mengapa tabung gas bisa meledak
check out this video on youtube
http://www.youtube.com/watch?v=g9usc0zZqhk

sungkem

ecko KHCC182



2010/7/26 MOTORKITA <motorkita@yahoo.co.id>
Semoga bermanfaat buat kita semua
 
MOTORKITA
          bikers shop
* Jl Tole Iskandar, Ruko Mutiara No 5 Depok II
   Telp 021-7710665 Fax 021-7703440
  
www.motorkita.com


----- Pesan Diteruskan ----
Dari: Mochammad Sholeh <masshool@yahoo.com>
Kepada: kamisetembang@yahoogroups.com
Terkirim: Ming, 25 Juli, 2010 07:33:11
Judul: [kamisetembang] Fw: KENAPA TABUNG GAS ELPIJI MELEDAK?

Setuju dg usulan Pak Is, setiap tabung diberi label SOP dan diberi petunjuk ciri tabung yang baik, masa uji kelayakan ulang.  Cara mengatasi kondisi darurat...........di Cat dengan warna merah......bukan ditempeli kertas       Yang jadi masalah disini adalah budaya membaca masih kurang banget, jadi tulisan tetap tulisan tetapi manfaat kurang, atau......tulisan dibaca, tetapi diacuhkan saja.......lihat tuh tulisan yang ada pada tiap bungkus rokok.........apakah yang membaca perhatian dengan makna yang tertulis kemudian ditanggapi dengan positip ?
Semoga saja kesadaran kian meningkat.....tentunya dengan peningkatan tingkat kepedulian...............

--- On Sat, 7/24/10, Iswandi Salsati <iswandisalsati@yahoo.com> wrote:

From: Iswandi Salsati <iswandisalsati@yahoo.com>
Subject: Re: [kamisetembang] Fwd: [ARIINGL] Trs: [stbalia] Fwd: KENAPA TABUNG GAS ELPIJI MELEDAK?
To: "Kamisetembang Stmp" <kamisetembang@yahoogroups.com>
Date: Saturday, July 24, 2010, 8:23 AM

 
Saya lebih cenderung bagaimana mensoialisaikan seperti apa yng di tulis deFX tentang

1.Unsafe condition.
2.Unsafe action.

Kedua factor ini bisa kita cegah dengan menciptakan
#Safe condition
Atau
#Safe action

Caranya:
1.Setiap tabung gas diberi semacam instruksi atau yng biasa disebut standard operating procedure yng disingkat (SOP) yang isinya bagaimana menciptakana "Safe Condition/Safe Action" seperti yng di jelaskan oleh de FX.
2.Memberdayakan "media" koran/radio dan TV yng bisa di jangkau oleh saudara2 kita yng bermukim dipelosok tanah air dimana konversi tabung gas sudah masuk, tentang hal tsb diatas "Safe Condition/Safe Action""
3.Pengawasan dari Badan yng ditunjuk oleh Pemerintah dan lembaga Konsumen harus lebih proactive mengenai sertifikasi tabung gas dan perlengkapannya serta pengedarannya dan memberikan penyuluhan2 yng semestinya dilakukan untuk mencerdaskan bangsa ini dlm hal "utamakan-keselamat an"
4.Tentunya Masih banyak lagi yng perlu diusulkan terutama pasca peledakan, adakah asuransi yng membantu pembiayaan RSakit?.

Monggo dilanjut.

Salam
IS
Powered by Telkomsel BlackBerry®

From: "benny martha" <bangbni01@yahoo. co.id>
Sender: kamisetembang@ yahoogroups. com
Date: Fri, 23 Jul 2010 04:48:39 +0000
To: <kamisetembang@ yahoogroups. com>
ReplyTo: kamisetembang@ yahoogroups. com
Subject: Re: [kamisetembang] Fwd: [ARIINGL] Trs: [stbalia] Fwd: KENAPA TABUNG GAS ELPIJI MELEDAK?

 
Mas supriyono lan kadang kamisetembang

Gmn cara ngantisipasi pengumpulan gas elpiji yg berat jenisna lebih berat dibanding udara

Suwun
Bangbni

MONTH 933326
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

From: "FX supriyono" <fx-supriyono@ bhm-corp. com>
Sender: kamisetembang@ yahoogroups. com
Date: Thu, 22 Jul 2010 19:10:58 +0700
To: <kamisetembang@ yahoogroups. com>
ReplyTo: kamisetembang@ yahoogroups. com
Subject: RE: [kamisetembang] Fwd: [ARIINGL] Trs: [stbalia] Fwd: KENAPA TABUNG GAS ELPIJI MELEDAK?

 

Urun komentar sedikit ya mas MWR.  Mengenai kecelakaan berkaitan dengan gas LPG,Biar bagaimanapun maksud baik tetapi jika memakan banyak korban jiwa kita juga pasti ikut prihatin. Namun demikian janganlah menyalahkan pihak2 tertentu tanpa alasan yg benar2 bisa dimengerti. Saya dengar di radio Elshinta ada yg berkomentar bahwa kebijakan konversi minyak tanah ke gas adalah pembunuhan masal dan meminta agar penggunaan gas LPG dihentikan kembali pada minyak tanah.Saya kasihan pada orang yg berpendapat seperti itu, ini menunjukan kedangkalan pengetahuan mereka. Kalau mau dilihat lebih banyak korban jiwa karena kecelakaan motor dari bada bahan bakar gas LPG, lantas apakah pabrik motor harus dilarang dan ditutup kembali kita naik gerobak atau andong

Kalau mau dicatat pada waktu itu  kecelakaan kompor minyak yg meledak juga banyak terutama pada tempat2 komersial warung2 tenda  dan gerobak dorong yg menggunakan kompor minyak tanah dg tabung yg diberi tekanan angin. Tabung meledak karena over pressure tanpa pengaman safety relief valve. Menurut catatan kecelakaan kompor gas banyak terjadi dirumah rumah, sementara warung tenda dan gerobak dorong tidak terdengar. Ini terjadi karena nature dari penggunaannya berbeda.Kompor minyak tanah yg dipakai dirumah rumah tidak bertekanan karena menggunakan kompor yg bersumbu, namun ada juga kecelakaan kompor minyak yg bersumbu diakibatkan karena salah satu sumbunya habis sehingga menciptakan lobang yg memungkinkan nyala api dari sumbu yg lain menyambar minyak dalam tangki kompor. Ini juga sering menimbulkan ledakan.

Pada Warung tenda /gerobak tabung gas ditaruh ditempat terbuka sehingga bila terjadi kebocoran pada seal, hose, regulator, valve atau valve dikompornya, gas segera tercium baunya dan segera diketahui oleh pemiliknya sehingga bisa ambil tindakan preventif. Disamping itu gas yg bocor segera bisa hilang tersapu angin karena letak tabungnya diluar ruang terbuka.

Pemakaian dirumah rumah tidak demikian bila terjadi kebocoran belum tentu segera diketahui oleh pemiliknya , disamping itu biasanya diletakan diruang tertutup sehingga terjadi akumulasi dan pengendapan gas. (catatan: gas LPG lebih berat dari udara sehingga cenderung mengendap dan terkumpul didasar lantai terkadang tidak langsung tercium oleh kita).

Dari catatan2 ini kita bisa menganalisa kedua bahan bakar tsb sama2 memiliki hazard, tidak bisa dikatakan yg satu lebih aman dari yg lain. Kita manusia yg memerlukan energy harus bisa mencegah kecelakaan tsb dengan cara mengenali hazard kedua bahan bakar tsb.

Pada prinsipnya kecelakaan bisa terjadi bila ada

1.       Unsafe condition

2.       Unsafe act.

Kedua factor ini bisa kita cegah caranya adalah ciptakan safe condition, utk bahan bakar gas periksa kondisi mulai dari tabung, valve, regulator, seal, hose, valve dikompor, yakinkan semua peralatan/komponen tsb dalam keadaan baik dan fungsional. Jika semua peralatan ini dalam kondisi baik dan fungsional pasti tidak terjadi kebocoran. Kemudian ciptakan safe act, jangan lupa menutup valve dikompor setelah selesai menggunakan dan yakinkan tertutup rapat tidak bocor. Waktu pasang regulator yakinkan seal ada dan bagus berfungsi. Sebelum menyalakan kompor yakinkan tidak ada kebocoran gas.

Menurut evident kecelakaan yg berkaitan dengan bahan bakar LPG bukanlah tabung gasnya meledak tetapi ledakan yg terjadi akibat ignition dari gas bocor yg terakumulate disekitar tabung gas. Kebocoran terjadi karena kegagalan fungsi dari valve, regulator, seal, hose dan mekanisme valve yg dikompor. Kecelakaan terjadi kebanyakan dirumah rumah dimana mereka menggunakan peralatan seperti tsb diatas dengan kwalitas rendah. Ini semua bukanlah salah mereka karena daya beli mereka yg terbatas. Dirumah rumah orang yg memiliki daya beli lebih tinggi mereka menggunakan peralatan yg lebih berqualitas tinggi sehingga factor kegagalan peralatan bisa diminimised itulah sebabnya kecelakaan banyak terjadi pada masyarakat ekonomi lemah.

Untuk mencegah kejadian2 seperti ini yg Utama hrs dilakukan adalah education, beri pengetahuan pada mereka semua tentang hazzrdnya bahan bakar gas, bersamaan dengan itu lakukan pengawasan ketat pemasaran peralatan yg digunakan untuk bahan bakar gas agar qualitasnya memenuhi ketentuan2 safety.

Aku tukang golek lengo merasakan betapa sulitnya mencari dan memproduksi minyak, kita semua bertaruh nyawa untuk mendapatkan setiap tetes minyak, sementara para konsumen tidak mengetahui ini, maunya minta harga minyak murah. Minyak diganti sama gas terjadi banyak kecelakaan terus nyalahke sing produksi lan dodol gas. Marilah kita berpikir jernih, kita semua harus bisa survive beradaptasi dengan kondisi lingkungan kalau perlu mampu berevolusi demi kelangsungan generasi berikutnya. Dulu tidak ada minyak pakai areng bathok karo kayu yo iso urip, terus minyak ada dan masih banyak kita semua menggunakan minyak dg harga murah, sekarang minyak jadi barang mahal kita menggunakan gas, kelak mungkin kita menggunakan nano technology sebagai energy alternative. Makaten komentar kulo nuwun.

 

Salam

FX

MT 73 162

 

Mrih Basuki den Asiho ing Sesami

 

From: kamisetembang@ yahoogroups. com [mailto:kamisetemba ng@yahoogroups. com] On Behalf Of Mas Wigrantoro Roes Setiyadi
Sent: Thursday, July 22, 2010 4:25 PM
To: kamisetembang@ yahoogroups. com
Subject: [kamisetembang] Fwd: [ARIINGL] Trs: [stbalia] Fwd: KENAPA TABUNG GAS ELPIJI MELEDAK?

 

 

 

 



--- Pada Rab, 21/7/10, ani sukanik <ani.sukanik@ gmail.com> menulis:


Dari: ani sukanik <ani.sukanik@ gmail.com>
Judul: [stbalia] Fwd: KENAPA TABUNG GAS ELPIJI MELEDAK?
Kepada: stbalia@yahoogroups .com
Tanggal: Rabu, 21 Juli, 2010, 9:18 PM

 

 

Mudah2an bermanfaat ya . . .
Salam,


KENAPA TABUNG GAS ELPIJI MELEDAK?

 

 

 

Quote:

Waspadalah bila anda mencium bau gas di dapur anda. Tak perlu panik, hampiri tabung gas, lebaskan regulator, bawa tabung ke luar. Periksa apakah tabung mengeluarkan desis dari mana saja. Bila iya, biarkan tabung ditempat terbuka sampai gasnya habis. Jangan biarkan ada yang mendekat. Bila tak terdengar desis, tabung anda baik-baik saja. Mungkin ada yang lupa mematikan kompor, padahal api kompornya padam karena sesuatu sebab. Buka pintu dan jendela dapur. Biarkan sampai bau hilang, jangan menyalakan atau mematikan lampu atau apapun yang ada di dapur sampai bau hilang.

 

Semua berita mengenai "ledakan tabung Elpiji" tidak ada yang mengkonfirmasi ditemukan tabung yang pecah atau sobek karena isinya meledak. Tak cukup alasan bagi tabung Elpiji untuk meledak. Jutaan tabung dilempar-lempar, dipanggang terik matahari, semua siksaan ini dapat ditahan oleh baja dan lasan tabung, sekalipun tabung tidak ber-SNI karena bikinan Cina (tapi berlogo Pertamina).

Jadi, menurut hemat penulis, tabung tak akan meledak pada suhu normal (tekanan sekitar 7 atmosfir) karena tabung dirancang tahan sampai 28 atmosfir Kemungkinan besar, Elpiji bocor dengan deras dari tabung, melalui celah antara katup tabung dan regulator, lantaran sekatnya tidak melaksanakan tugas seperti seharusnya. Gambar-2 menunjukkan sekat dimaksud, yakni cincin yang terbuat dari karet, berwarna hitam.
.

 

Mekanisme pemasangan regulator untuk tabung 3 dan 12 kg adalah tipe clip-on. Gambar-3 adalah diagram yang memperlihatkan mekanisme penahan regulator dan pembuka katup, regulator pada posisi OFF.


 

menunjukkan posisi "regulator ON". Pengait menahan regulator tetap ditempat, plunger menekan katup sehingga membuka, mengalirkan uap Elpiji ke dalam regulator.


 

Ilustrasi pemasangannya pada tabung

 

Perhatikan bahwa hanya ada satu pengait, sehingga regulator dapat bergoyang-goyang bila tersentuh. Demikian pula, hanya ada satu penyekat antara regulator dengan katup. Cincin penyekat itu.Tabung, katup, regulator, dan selang bukanlah penyumbang utama dalam musibah Elpiji di tanah air. Benda-benda ini dipakai juga di banyak negara tanpa menimbulkan masalah berarti. Regulator tipe clip-on adalah favorit karena kemudahannya dalam memasang dan melepaskannya. Tekanan yang masuk ke regulator adalah tekanan penuh dari Elpiji. Di negri kita berkisar antara 5 sampai 7 atmosfir, tergantung campuran elpijinya dan suhu ruang. Tekanan ini cukup besar, kira-kira sama dengan tekanan kompressor tambal ban di pinggir jalan.

Tekanan sebesar ini sepenuhnya harus ditahan oleh cincin sekat hitam yang ditunjukkan pada Gambar-2. Inilah tempat kebocoran utama yang dapat membuat ruangan menjadi eksplosif. Inilah sambungan yang paling rawan, dan bocor atau tidak ditentukan oleh kualitas cincin penyekat (seal) ini. Tentu saja bila mulut katup pada tabung penyok atau cuil berat bagian tengahnya, seal sebaik apapun tak dapat menyekat.

Masih ada dua sambungan lagi yang juga diributkan, yakni sambungan antara regulator dengan selang, dan diujung selang lainnya, yaitu sambungan antara selang dengan kompor. Kedua sambungan ini tidak menanggung beban berat, karena tekanan dalam selang, yaitu tekanan keluaran dari regulator, sangat rendah. Tekanannya cuma sekitar 30 milibar (1,03 atmosfir). Tekanan sebesar ini tidak dapat keluar dari lubang yang dibuat dengan tusukan jarum pada selang. Seandainyapun keluar, jumlahnya tak akan cukup untuk membuat ruangan menjadi eksplosif, karena gas lebih cepat menyebar dibandingkan dengan pasokan dari kebocoran disini.

Selain itu regulator juga memiliki kapasitas, yang membatasi aliran gas yang keluar. Kapasitas umum regulator clip-on adalah 2 kilogram per jam. Gas bocor sebanyak 2 kg dalam dapur dengan ukuran sedang dapat meledak bila terpicu bunga api dari saklar lampu yang dinyalakan atau dimatikan.

Jadi kalau selang putus, dan tak diketahui selama sejam, bahaya mengancam.

Kebocoran pada seal yang tidak baik mutunya bisa lebih dari 2 kg per jam.

Bagaimana kebocoran pada kompor, misalnya karena lupa tidak mematikan katup kompor padahal kompor tidak menyala? Kepala kompor yang normal kapasitasnya mungkin seperempat kilogram per jam. Dapur bisa berbahaya bila ada satu kepala kompor yang tidak ditutup dalam waktu semalam.

 

Sebagai langkah pengamanan, Elpiji untuk konsumsi masyarakat harus diberi bau dengan kadar minimal 25 mililiter per ton Elpiji. Pembau yang digunakan adalah ethyl-mercaptan, senyawa hidrokarbon dengan belerang, baunya seperti durian atau telur busuk, tergantung siapa yang menciumnya. Ini zat tak berwarna dengan keenceran seperti bensin premium, dan cair dalam suhu dan tekanan ruang. Oleh karena itu ia harus dilarutkan dengan baik dalam Elpiji, agar bila elpiji bocor, dia juga keluar dan memberikan peringatan kepada yang menciumnya. Baunya kini dikenal sebagai "bau gas".

Jadi masalahnya saya kira bukan tabung, regulator, selang atau kompor . Tapi penyekat karet kecil itu dan kadar pembau dalam Elpiji.

 

Masa Kadaluwarsa Tabung LPG

Tahukah anda jika TABUNG nya gas elpiji ada masa kadaluwarsa- nya ?
Jika anda beli gas, harap diperiksa lebih dahulu, kapan TABUNG tersebut berakhir masa pakainy
a.

Penulisan kadaluwarsa berupa "ALFA CODE". Contoh: " A 09 "
A = Januari - Maret
B = April - Juni
C = Juli - September
D = Oktober - Desember
maka A 09 adalah : Jan- Mart tahun 2009


Sebarkan pengetahuan ini, barangkali anda bisa menyelamatkan seseorang. Ini penting karena gas yg sdh kadaluwarsa bisa berbahaya. Jangan main2 pentinggggg. Thanks untuk yang mau mengert
i.

 





__._,_.___
Recent Activity:
- KOPDAR RUTIN KHCC 1x 1 bulan, minggu pertama hari Jum'at, Pelataran Patung Panahan Senayan, Jam 18.30 - 21.30
==========================================================================
- Info, masukan, saran maupun kritik untuk KHCC, silahkan kirim email ke : pengurus@khcc.or.id
===========================================================================
Related Link:       http://www.khcc.or.id
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___