Tuesday, July 20, 2010

[karisma_honda] info motor: yamaha kuasai jakarta

 

Dear om momod, numpang benwith dikit yah. smoga berkenan, trims


sumber (http://edorusyanto.wordpress.com)

twitter: @edorusia


artikel lain


PENJUALAN sepeda motor Yamaha mendominasi kawasan DKI Jakarta, sepanjang Januari-Juni 2010. Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) menyebutkan, dari total volume penjualan motor di Jakarta sebanyak 551.133 unit, Yamaha menguasai 56,47% atau setara dengan 311.244 unit.

Jakarta yang berpenduduk sekitar 9 juta jiwa itu, menjadi wilayah pemasaran utama Yamaha, yang diageni PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Kontribusi Jakarta terhadap total penjualan YMKI mencapai 18,99%. Enam bulan pertama 2010, Yamaha mengantongi penjualan sebanyak 1.639.226 unit di pasar domestik. (lihat tabel yamaha)

Honda menjadi kompetitor paling dekat Yamaha di Jakarta. Honda sepanjang enam bulan pertama 2010 mengantongi penjualan 196.186 unit, dengan pangsa pasar 35,60%. Suzuki menempati posisi ketiga dengan penjualan sebanyak 30.477 unit (5,53%). Di luar ketiga agen tunggal pemegang merek (ATPM) prinsipal Jepang tersebut, pangsa pasarnya di bawah 5%, termasuk Kawasaki sebanyak 12.886 unit (2,34%).

Jakarta yang diserbu rata-rata 126 sepeda motor per jam, pada semester pertama 2010 memberi kontribusi sebesar 15,27%, terhadap total penjualan sepeda motor di pasar domestik yang mencapai sekitar 3,6 juta unit. Provinsi yang paling besar mengontribusi penjualan sepeda motor adalah Jawa Timur yakni sebanyak 562.154 unit atau setara dengan 15,57%. Sedangkan posisi ketiga adalah Jawa Barat yakni 519.798 unit (14,40%). (lihat tabel honda)

Sementara itu, dari tiga provinsi penyumbang penjualan sepeda motor terbesar, Honda masih berkibar di Jawa Timur dan Jawa Barat. Di kedua provinsi ini, Yamaha bertengger di posisi kedua.

Honda mampu menjual sebanyak 326.790 unit dengan penguasaan pasar 62,87% di Jawa Barat, sedangkan di Jawa Timur sebanyak 279.386 unit (49,70%).

 

Pertarungan ATPM Kecil

Pemain bisnis sepeda motor kecil, seperti PT TVS Motor Company Indonesia (TVS), tampaknya kesulitan menggempur wilayah utama penjualan sepeda motor yakni Jawa. TVS lebih menyisir kawasan Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Kontribusi luar Jawa mencapai 69,09% dari total 6.260 unit penjualan domestik TVS pada Januari-Juni 2010. (lihat grafik TVS)

Namun, dari keempat pulau wilayah pemasaran TVS, Jawa mengontribusi 30,91% alias di posisi kedua terbesar. Wilayah pemasaran terbesar TVS ada di Sumatera (%), di posisi ketiga dan keempat masing-masing diduduki Kalimantan (15,70%) dan Sulawesi (4,77%).

Sementara itu, Kanzen juga bergulat di luar Jawa. Sebanyak 76,98% dari total 1.099 unit penjualan domestik Kanzen, tersebar di Sumatera dan Kalimantan.  Secara keseluruhan Sumatera merupakan kontributor terbesar yakni %, di belakangnya Jawa (23,02%) dan Kalimantan (17,11%). (lihat grafik Kanzen)

Pemain kecil kesulitan merebut hati konsumen di Jawa karena

jaringan distribusi mereka kalah jauh dibandingkan para raksasa. Belum lagi persoalan pencitraan atas produk yang notabene kalah bersaing. Maklum, pencitraan di masyarakat kita saat ini amat tergantung pada iklan di televisi. Belakangan, salah satu unsur pencitraan juga ditopang oleh meluasnya komunitas konsumen pengguna produk. (edo rusyanto)



artikel lain


__._,_.___
Recent Activity:
- KOPDAR RUTIN KHCC 1x 1 bulan, minggu pertama hari Jum'at, Pelataran Patung Panahan Senayan, Jam 18.30 - 21.30
==========================================================================
- Info, masukan, saran maupun kritik untuk KHCC, silahkan kirim email ke : pengurus@khcc.or.id
===========================================================================
Related Link:       http://www.khcc.or.id
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___