Wednesday, June 23, 2010

Bls: Bls: [HSX 125 Community] Tips pemilihan BBM

 

Wassalam dehhhh .... pernah tuh di dorong waktu habis MUBES di daerah duren sawit kehabisan bahan bakar nyari Pom nya SHELL ga nemu2, akhirnya mogok deh ... ada tukang ojok nawarin  dorong ke POM Bensin , dgn deal  biaya jasa nya ceban.....di POM bensin  beli PERTAMAX dehh.... :D 


 

Salam,

Guspur

B 6805 PNI

# 214 ~ A15 Cikole

Mflad-Mflud   

 




Dari: Ramdhani Zulham <ramdhani.zulham@yahoo.com>
Kepada: honda-supra-x-125@yahoogroups.com
Terkirim: Rab, 23 Juni, 2010 13:44:11
Judul: Re: Bls: [HSX 125 Community] Tips pemilihan BBM

 

ooo...ngarti gw
sud nye campur dorong ye bro....wkwkwkwkwk. ..
 
dhani
#166
Jakarta



From: Idoey d' Biker <blackhorse_d2037zp@ yahoo.com>
To: honda-supra- x-125@yahoogroup s.com
Sent: Wed, June 23, 2010 11:36:28 AM
Subject: Re: Bls: [HSX 125 Community] Tips pemilihan BBM

 

@ guspur : buset dah.. udah campur2an gitu.. mending ganti aja ama minyak tanah yg buat petromax..
jiakakakakakak. . (buat motor kok coba-coba ??) gak bagus kalo lu sering ganti2 BBM euy..
 
IDOEY
D 2037 ZP
Nunggu pelantikan ke-16 ajahh
Cilandak - Thamrin - Bandung - Banjaran



From: agus purnadi <apurnadi@yahoo. com>
To: honda-supra- x-125@yahoogroup s.com
Sent: Wed, June 23, 2010 10:56:21 AM
Subject: Bls: [HSX 125 Community] Tips pemilihan BBM

 

Sejak beli Motor HSX 125 november 2009, "si black phantom" sudah di kasih leueuteun campur2 , awalnya pake Pertamax lumayan enak tarikna nya, lalu coba shell... welehh tarikan nya mantep booo kenceng n ringan ( tau sugesti apa bukan ... hehehehe...)  jadi pingin coba2 bahan bakar yang lain , ku coba yang premium trnyata hasil nya , ya getu dehh. jadi di putuskan sekarang nie pake Shell tapi kalo dah kepepet mo habis  pake pertamax saja coz tempat Shell di jakarta sangat terbatas.
skarang pingin nyobain yang TOTAL (lokasi Daan Mogot sebelum Indosiar dari arah Grogol), kate boss ane seh bagusss...


 

Salam,

Guspur

B 6805 PNI

# 214 ~ A15 Cikole

Mflad-Mflud   

 




Dari: adya genduts <adya_genduts@ yahoo.com>
Kepada: honda-supra- x-125@yahoogroup s.com
Terkirim: Rab, 23 Juni, 2010 10:19:23
Judul: Re: [HSX 125 Community] Tips pemilihan BBM

 

met pagi sadayaaaaaaaaaaaaaa na... Asalammualaikum dan salam sejahtera Sadayana...

wew in de morning dah pada ngomoning cai bensin ajah yah.. thx for inpo2 na broe lilik pake "S", tapi maap sepertina abdi dah pernah baca eta artikel na tapi gpp lah untuk di refresh ajah, may be ada yg blom pernah baca.. tapi mah merunut abdi teh untuk sekelas bebek Honda 125 premium dah cukup kayak na deh, yah eta mah balik lagi tergantung jatah bensin dari emak-babeh tau bini masing2 saja lah.. tapi klo premium mah gampang di cari timana-mana, jadi inget waktu touring "Ujung Genteng" waktu itu aya member yg niat bawa dirigen oli yg ukuran 4Lt untuk bawa cadangan PERTAMAX.. hahahahaaa cos di SPBU terakhir dah gk ada PERTAMAX jadi nyetok sendiri... maap ye om nye Dino Om Frans"BOLANG" niat beud bw dirigen kosong buat nyetok "PERTAMAX". klo masalah pelayan di SPBU dalam negri mah yah sesuailah dengan isi kantong yg pas-pasan wkwkwkwkk.. yah tergantung tempat juga kan, tidak semuanya pelayan di SPBU ploduk dalam negri buruk

"SaatNya Mencintai Ploduk-Ploduk dalam Negli di saat jaman Globalisasi"
 
---gend'Z---
b6117kig
#112 only..
"HOOLIGAN-BANDUNG"
Send from Sony Ericsson Xperia X10 Android



From: Faisal Dj <faisaldj.it@ gmail.com>
To: honda-supra- x-125@yahoogroup s.com
Sent: Tue, June 22, 2010 5:37:34 PM
Subject: Re: [HSX 125 Community] Tips pemilihan BBM

 

Ramdhani Zulham wrote:
> Supra X 125 kok g ad
> ap bs d samain sm Kirana dan/atau karisma??
> secara ane pk bensin yg merk kerang...nilai plusnya pelayanannye
> ramah, Fasilitas yg lengkap (isi angin dan air), tempat yg bersih, dan
> yg pasti ane g ragu sama takerannye
> maap bukan promosi tp emang kenyataannye gt....
>
> dhani
> #166
> Jakarta
>
>
> ------------ --------- --------- --------- --------- --------- -
> *From:* "lilik@muliagroup. co.id" <lilik@muliagroup. co.id>
> *To:* "aga-madjid@googlegr oups.com" <aga-madjid@googlegr oups.com>;
> "honda-supra- x-125@yahoogroup s.com" <honda-supra- x-125@yahoogroup s.com>
> *Sent:* Tue, June 22, 2010 2:06:47 PM
> *Subject:* [HSX 125 Community] Tips pemilihan BBM
>
> Semoga bermanfaat,
>
>> Mobil atau Motor kita baiknya diisi bensin apa ya? Ada pilihan bensin
>> yaitu Premium, Pertamax dan Pertamax Plus yang merupakan produk
>> Pertamina, dan ada juga bensin jenis lain dari perusahaan asing
>> seperti Shell dan Petronas. Semakin banyak lagi pilihan kita.
>>
>> Mesin mobil maupun motor memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan
>> desain mesin itu sendiri agar dapat bekerja dengan baik dan
>> menghasilkan kinerja yang optimal. Jenis bensin tersebut biasanya
>> diwakili dengan angka / nilai oktan (RON), misalnya Premium ber-oktan
>> 88, Pertamax ber-oktan 92 dan seterusnya.
>>
>> Semakin tinggi angka oktan, maka harga per liternya pun umumnya lebih
>> tinggi. Namun belum tentu bahwa jika mengisi bensin ber-oktan tinggi
>> pada mesin mobil/motor kita, kemudian akan menghasilkan tenaga yang
>> lebih tinggi juga.* Wah jadi bagaimana dong?*
>>
>> Jika kita cermati spesifikasi kendaraan kita (mobil atau motor) pada
>> brosur yang baik akan menampilkan informasi rasio kompresi
>> (Compression Ratio / CR). CR ini adalah hasil perhitungan
>> perbandingan tekanan yang berkaitan dengan volume ruang bakar
>> terhadap jarak langkah piston dari titik bawah ke titik paling atas
>> saat mesin bekerja. terlihat pada foto, bahwa CR mesin mobil Timor
>> DOHC S515i adalah 9.3 : 1
>>
>>
>>
>> Dari informasi spesifikasi brosur tersebut, kita bisa menentukan
>> bahwa mesin mobil timor tersebut memerlukan jenis bensin yang
>> bernilai oktan 92, yaitu bensin Pertamax.
>>
>>
>> *Bagaimana jika diisi bensin dengan oktan lebih rendah?*
>>
>> Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai
>> CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin
>> berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang
>> tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar
>> lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas
>> melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston
>> seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering
>> mendengar istilah “Ngelitik†(pinging/knocking) . Bagaimana
>> menggambarkan â€ËÅ"kejam’nya ngelitik yang dirasakan piston? Ibarat
>> telapak tangan kita ditusuk2 dengan paku… kira-kira begitu.
>> Perlahan namun pasti.. membuat piston seperti permukaan bulan… dan
>> bahkan bisa bolong!.. hiiii….
>>
>>
>>
>> Saat terjadi â€ËÅ"ngelitik’, bensin tidak menjadi tenaga yang
>> terpakai. Kerja mesin tidak optimal. Kembali diulang, mesin yang CR
>> nya tinggi, memerlukan bensin yang lambat terbakar. Semakin tinggi
>> nilai CR, bensin harus semakin lambat terbakarnya (oktan tinggi).
>>
>> Nah, jadi untuk teman-teman, cermati nilai CR mesin mobil/motor kita
>> (bisa intip pada daftar di bawah), isilah bensin yang sesuai untuk
>> mesin tersebut.
>>
>>
>> *Bagaimana kalau diisi bensin dengan oktan lebih tinggi?*
>>
>> Bensin dengan oktan lebih tinggi (pertamax, pertamax plus, dsb),
>> umumnya dilengkapi dengan aditif pembersih, dan sebagainya. Namun
>> tidak banyak memberi penambahan tenaga, jadi angka oktan tinggi bukan
>> artinya lebih â€ËÅ"bertenaga’.
>> Karena benefitnya kurang sebanding jika dibanding harganya yang
>> tinggi, maka ujung-ujungnya hanyalah merupakan pemborosan uang saja.
>>
>> - [ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]
>>
>>
>> *Kesimpulan: *
>>
>> *- Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi. (kecuali
>> ada modifikasi lain).*
>>
>> *- Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar
>> (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi).*
>>
>> *- Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap
>> (penguapan rendah)*
>>
>> *- Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa
>> menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.*
>>
>>
>> *Solusi Alternatif*
>>
>> Banyak cara untuk menyiasati agar bisa menggunakan bensin Premium
>> pada mesin yang ber-CR tinggi, namun mesin tidak mengalami
>> â€ËÅ"ngelitik’, antara lain:
>> - Menambahkan Octane Booster pada bensin (dimasukkan ke tangki bensin)
>> - Menggunakan katalis untuk menaikkan nilai oktan (biasanya
>> mengandung timbal, tidak ramah lingkungan).
>> - Merubah derajat waktu pengapian (ignition timing) ke posisi yang
>> lebih lambat (Retard).
>> - Menggunakan aplikasi water-injection (agak repot untuk perawatannya) .
>> - dan lain-lain.
>>
>>
>> *Fakta…*
>>
>> Pada kenyataannya. . banyak kita lihat, khususnya di SPBU, motor-motor
>> baru yang berkompresi tinggi mengantri panjang di pompa bensin jenis
>> Premium. Faktor ekonomi lebih mendesak ketimbang dampak rusak ke
>> depan pada mesin motornya.. atau memang kurangnya informasi mengenai
>> pemilihan bensin ini.
>>
>>
>>
>> Berkat bantuan banyak teman baik dari beberapa milis, saya coba
>> kumpulkan dan sajikan daftar Rasio Kompresi untuk mobil dan motor
>> berbagai merek. Atas segala keterbatasan dan kekurangan saya, mohon
>> maaf apabila mobil atau motor Anda belum terdaftar, bagi yang
>> mempunyai data untuk melengkapi silahkan tambahkan pada kolom komentar.
>>
>> Tabel di bawah sengaja di beri warna, sesuai dengan bensin yang
>> direkomendasi.
>>
>> semoga bermanfaat!
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
> *#186
> F 4081 BC
> Bogor - Cikarang - Bogor*
> CONFIDENTIALITY CAUTION: This message is intended only for the use of
> the individual or entity to whom it is addressed and contains
> information that is privileged and confidential. If you, the reader of
> this message, are not the intended recipient, you should not
> disseminate, distribute or copy this communication. If you have
> received this communication in error, please notify us immediately by
> return email and delete the original message.
> .
>
Saya pernah diberitahukan oleh salah satu mekanik dari Honda, kalau HSX
125 lebih cocok menggunakan BBM Pertamax karena dilihat dari rasio
compresinya, meskipun ada juga beberapa mekanik yang mengatakan untuk
HSX 125 memakai BBM jenis premium tidak masalah karena rasio compresinya
hanya beda tipis dengan rasio compresi pertamax, kalau ngga salah untuk
HSX 125 rasio compresinya adalah 8,9 ; 1 (CMIIW)..

Kalau untuk penggunaan BBM merk kerang ataupun merk lainnya menurut bro2
lebih bagus dan lebih pas takarannya itu kalau menurut saya (CMIIW)
dikarenakan berawal dari pelayanan mereka yang ramah dan memuaskan serta
penambahan beberapa fasilitas (air dan angin), sehingga secara tidak
langsung kita percaya bahwa mereka jujur untuk memberikan takaran BBM
yang pas, memang harus begitu supaya customer lebih believe lagi,
mengingat persaingan dengan competitor lainnya, apalagi secara fisikly
SPBU mereka lebih terlihat bersih dan menarik meskipun ukuran luasnya
ada yang kecil..

*
icaL # 059*






__._,_.___
Recent Activity:
----------------------------------------------------------------------

Motto: "Hospitality, Safety & X-tra smile"

Please Visit:
http://www.honda-suprax125.org
http://hsx125c.multiply.com
http://hsx-125.blogspot.com/ for database milis

�ASK NOT WHAT YOUR COMMUNITY CAN DO/GIVE FOR YOU BUT ASK WHAT YOU CAN DO/GIVE FOR YOUR COMMUNITY�

----------------------------------------------------------------------
.

__,_._,___