Wednesday, March 17, 2010

Re: [HSX 125 Community] masih mulus

 

Dear bro Idoey
 
Thanks banget atas info nya. berhuna banget share nya untuk wawasan seputar oli mesin HSX 125. Soalnya gw emang agak jarang perhatikan oli mesin karena biasanya langsung ditangani ama mekanik bengkel. Jadi, percaya percaya aja. Gw nanya ini karena selain gw jarang ngebut juga gak pernah melebihi kecepatan 65 km/jam agar awet jadi asumsinya mesin "masih perawan". hehehehe cuman yang buat gw agak aneh ya itu, kok kalo mesin masih dingin lalu dihidupkan masih terdengar knocking. Ganti oli juga lebih dari biasanya. Pernah kata orang Ahass langganan klepnya diganti agar knocking ilang sejak mesin diidupin. Tapi masih ada meski knocking juga gak kenceng dan kalo mesin panas akan ilang ....Makasih banget ya bro atas infonya   
 
Sadan
D 4019 ED


--- Pada Rab, 17/3/10, Idoey d' Biker <blackhorse_d2037zp@yahoo.com> menulis:

Dari: Idoey d' Biker <blackhorse_d2037zp@yahoo.com>
Judul: Re: [HSX 125 Community] masih mulus
Kepada: honda-supra-x-125@yahoogroups.com
Cc: "Andre Ketum" <andreas@puninar.com>
Tanggal: Rabu, 17 Maret, 2010, 2:40 PM

 
dear bro sadan,
gw coba jawab deh berdasarkan pengalaman gw..
saat ini gw pake satu merk oli produk dalam negeri dengan label end*** racing 4T
ukuran SAE nya 10-40 (wangi bgt broooo...)
selama pake itu yg gw rasa sih gak pernah ada keluhan, mesin bunyi nya malah
(gw rasa) lebih halus.. jarang ada suara "aneh" yg muncul.. tenaga maknyuss
justru malah waktu masih ikutin oli pabrik.. jiahhh, mesin cemen.. kadang brisik
kalo lagi diangetin..
cuman ya emang bro.. resikonya ganti dari standar pabrik & motor lu masih baru..
lu bisa kehilangan garansi.. itu aja sih.. tapi so far hasilnya lebih bagus..
nambahin juga, ini gw petik dari bahasan dulu.. pertanyaan gw sama soal oli juga :
dari bro henky, sekilas buat masukan juga buat lu :

Oli multigrade merupakan oli yang keenceran atau kekentalannya berubah sesuai dengan temperatur olinya. 
Jadi saat mesin dingin, oli SAE10-40 akan lebih encer daripada SAE20-50, sehingga oli SAE 10-40 banyak digunakan pada mesin-mesin yang menggunakan peralatan khusus misalnya HLA yaitu alat yang secara otomatis akan mengatur celah klep yang karena encernya, maka akan lebih cepat bisa memasuki celah-celah mesin saat mesin dingin.
Kebalikannya, saat mesin panas, maka pada panas sekian derajat atau lebih, oli SAE 10-40 hanya akan berubah menjadi oli maksimum SAE 40, sedangkan oli SAE20-50, akan lebih kental menjadi oli SAE 50 yang berarti lebih melindungi mesin saat mesin panas.
 
Di beberapa milis ada banyak argumentasi mengenai hal ini, namun yang paling jelas sih, kalau kita menggunakan oli SAE10-40 maka bunyi tek-tek-tek klep akan jauh lebih cepat hilang dibandingkan kalau kita menggunakan oli SAE20-50.  Hal ini disebabkan oli yang lebih encer lebih cepat dapat melumasi bagian-bagiannya saat mesin dingin.
 
Kalau oli terlalu banyak diisikan, maka akan menyebabkan mesin berat dan akibatnya akan boros. Sebaiknya selalu mengikuti petunjuk dasar dari pabrik yaitu dengan melihat ketinggian oli melalui dip stik saat mesin distandar tengah dan sudah dingin.

lu bisa tentuin deh tuh ukuran ukuran oli yg kira2 cocok untuk tunggangan lu.. hehehe
salam kenal bro...

note : kata bung momod (moderator) nanti tiap akhir postingan usahain pake signature dgn format kaya signature gw dibawah :
nama
plat nomor
id HSX (kalo udh ada)
route (optional)
* mohon koreksinya to bung momod kalo gw salah yak... thx

IDOEY
D 2037 ZP
Stiker udah, ID belum
Cilandak - Thamrin - Bandung - Banjaran



From: muhamad sadan <sadan20778@yahoo. co.id>
To: honda-supra- x-125@yahoogroup s.com
Sent: Wed, March 17, 2010 2:13:22 PM
Subject: [HSX 125 Community] masih mulus

 
apa benar karena oli yang dipakai ya yang membuat mesin motor kadang terdengar agak kasar ? Teman saya menyarankan untuk menggunakan salah satu merek oli untuk menggantikan oli standar pabrik sejak saya beli.

Meski begitu, jika mesin sudah panas, maka suara mesin akan terdengar "aduhai"

salam

sadan

Selalu bersama teman-teman di Yahoo! Messenger. Tambahkan mereka dari email atau jaringan sosial Anda sekarang! http://id.messenger .yahoo.com/ invite/



Dapatkan nama yang Anda sukai!
Sekarang Anda dapat memiliki email di @ymail.com dan @rocketmail.com.

__._,_.___
Recent Activity:
----------------------------------------------------------------------

Motto: "Hospitality, Safety & X-tra smile"

Please Visit:
http://www.honda-suprax125.org
http://hsx125c.multiply.com
http://hsx-125.blogspot.com/ for database milis

�ASK NOT WHAT YOUR COMMUNITY CAN DO/GIVE FOR YOU BUT ASK WHAT YOU CAN DO/GIVE FOR YOUR COMMUNITY�

----------------------------------------------------------------------
.

__,_._,___