Wednesday, March 17, 2010

[HSX 125 Community] Re: masih mulus

 



> Bro Sadan,bener kt Bro Idoey,klo ganti oli selain pabrikan dlm masa garansi 3th,ada kemungkinan ilang tuh garansi.Klo pengalaman ane,motor ane pake oli pabrikan sampai 4 tahunan,setelah lewat garansi ane pake R*PS*L Moto 4T SAE 20W-50..ane ga ubah grade ke SAE 10W-40 karena mesin ane msh standar,pemakaian sehari-hari jg normal,ga ngejar speed..Perubahan sih pasti terasa,tarikan lebih ringan aja..Thx smoga bermanfaat...

Danang K
B 6793 BIM
Supra Hitam Abu-abu
Cengkareng-Sudirman PP

--- In honda-supra-x-125@yahoogroups.com, Idoey d' Biker <blackhorse_d2037zp@...> wrote:
>
> dear bro sadan,
> gw coba jawab deh berdasarkan pengalaman gw..
> saat ini gw pake satu merk oli produk dalam negeri dengan label end*** racing 4T
> ukuran SAE nya 10-40 (wangi bgt broooo...)
> selama pake itu yg gw rasa sih gak pernah ada keluhan, mesin bunyi nya malah
> (gw rasa) lebih halus.. jarang ada suara "aneh" yg muncul.. tenaga maknyuss
> justru malah waktu masih ikutin oli pabrik.. jiahhh, mesin cemen.. kadang brisik
> kalo lagi diangetin..
> cuman ya emang bro.. resikonya ganti dari standar pabrik & motor lu masih baru..
> lu bisa kehilangan garansi.. itu aja sih.. tapi so far hasilnya lebih bagus..
> nambahin juga, ini gw petik dari bahasan dulu.. pertanyaan gw sama soal oli juga :
> dari bro henky, sekilas buat masukan juga buat lu :
>
>
> Oli multigrade merupakan oli yang keenceran atau
> kekentalannya berubah sesuai dengan temperatur olinya.
> Jadi saat mesin dingin, oli SAE10-40 akan lebih
> encer daripada SAE20-50, sehingga oli SAE 10-40 banyak digunakan pada
> mesin-mesin yang menggunakan peralatan khusus misalnya HLA yaitu alat yang
> secara otomatis akan mengatur celah klep yang karena encernya, maka akan lebih
> cepat bisa memasuki celah-celah mesin saat mesin dingin.
> Kebalikannya, saat mesin panas, maka pada panas
> sekian derajat atau lebih, oli SAE 10-40 hanya akan berubah menjadi oli maksimum
> SAE 40, sedangkan oli SAE20-50, akan lebih kental menjadi oli SAE 50 yang
> berarti lebih melindungi mesin saat mesin panas.
>
> Di beberapa milis ada banyak argumentasi mengenai
> hal ini, namun yang paling jelas sih, kalau kita menggunakan oli SAE10-40 maka
> bunyi tek-tek-tek klep akan jauh lebih cepat hilang dibandingkan kalau kita
> menggunakan oli SAE20-50. Hal ini disebabkan oli yang lebih encer lebih
> cepat dapat melumasi bagian-bagiannya saat mesin dingin.
>
> Kalau oli terlalu banyak diisikan, maka akan
> menyebabkan mesin berat dan akibatnya akan boros. Sebaiknya selalu mengikuti
> petunjuk dasar dari pabrik yaitu dengan melihat ketinggian oli melalui dip stik
> saat mesin distandar tengah dan sudah dingin.
>
> lu bisa tentuin deh tuh ukuran ukuran oli yg kira2 cocok untuk tunggangan lu.. hehehe
> salam kenal bro...
>
> note : kata bung momod (moderator) nanti tiap akhir postingan usahain pake signature dgn format kaya signature gw dibawah :
> nama
> plat nomor
> id HSX (kalo udh ada)
> route (optional)
> * mohon koreksinya to bung momod kalo gw salah yak... thx
>
> IDOEY
> D 2037 ZP
> Stiker udah, ID belum
> Cilandak - Thamrin - Bandung - Banjaran
>
>
>
>
>
> ________________________________
> From: muhamad sadan <sadan20778@...>
> To: honda-supra-x-125@yahoogroups.com
> Sent: Wed, March 17, 2010 2:13:22 PM
> Subject: [HSX 125 Community] masih mulus
>
>
> apa benar karena oli yang dipakai ya yang membuat mesin motor kadang terdengar agak kasar ? Teman saya menyarankan untuk menggunakan salah satu merek oli untuk menggantikan oli standar pabrik sejak saya beli.
>
> Meski begitu, jika mesin sudah panas, maka suara mesin akan terdengar "aduhai"
>
> salam
>
> sadan
>
> Selalu bersama teman-teman di Yahoo! Messenger. Tambahkan mereka dari email atau jaringan sosial Anda sekarang! http://id.messenger .yahoo.com/ invite/
>

__._,_.___
Recent Activity:
----------------------------------------------------------------------

Motto: "Hospitality, Safety & X-tra smile"

Please Visit:
http://www.honda-suprax125.org
http://hsx125c.multiply.com
http://hsx-125.blogspot.com/ for database milis

"ASK NOT WHAT YOUR COMMUNITY CAN DO/GIVE FOR YOU BUT ASK WHAT YOU CAN DO/GIVE FOR YOUR COMMUNITY"

----------------------------------------------------------------------
.

__,_._,___