Tuesday, February 16, 2010

RE: [honda-tiger] (WTA) Kapasitor Bank

 


Setuju sama ide Om Rully,..
Berapa biaya nya Om Didi klo dibikinin terima beres?

*ikut antre di belakang om rull Dan om decky*

Thanks

-------Original Message-------

From: decky
Date: 02/16/10 22:09:05
To: honda-tiger@yahoogroups.com
Subject: RE: [honda-tiger] (WTA) Kapasitor Bank


Wahh bener juga tuh om rully...
*ikutan ngantri dibelakang om rully*

Sent from my Nokia phone
-----Original Message-----
From: Rully Yogaswara
Sent: 16/02/2010 20:45:24
Subject: Re: [honda-tiger] Re: (WTA) Kapasitor Bank

Mas didi kenapa ngga di buat massal aja mas?

*mau minta bikinin ah

such a little thing makes such a big difference

-----Original Message-----

From: "Didi Agustiadi" <didiagustiadi@yahoo.com>

Date: Tue, 16 Feb 2010 10:23:36

To: <honda-tiger@yahoogroups.com>

Subject: [honda-tiger] Re: (WTA) Kapasitor Bank

Teori Capasitor Bank

Seringkali kita menemui kendala susah start atau lampu redup pada saat
pertama kali menghidupkan motor, atau akselerasi yang kurang mantap.
Kemungkinan hal tersebut disebabkan accu yang sudah loyo atau tekor, atau
karena faktor daya yang buruk. Pada dasarnya rangkaian motor mayoritas
berupa koil/kumparan seperti Koil pengapian, Filamen Lampu. Secara teori
kelistrikan dengan semakin banyaknya beban yang berupa kumparan maka akan
menyebabkan arus listrik tertinggal phasanya dibanding tegangannya(voltage).
Hipotesa saya hal tersebut akan menyebabkan akselerasi susah meningkat.

Nah untuk mengembalikan phasa agar kembali seperti semula maka digunakan
kapasitor untuk menyeimbangkan. Fungsi lain kapasitor adalah menyimpan
muatan listrik dan melepaskannya di lain waktu. Fungsi tersebut sangat
berguna pada fungsi penyearahan oleh dioda. Setelah disearahkan oleh dioda
biasanya tegangan yang timbul berupa tegangan DC(direct current) tapi tidak
sempurna karena masih berupa riak-riak gelombang. Jadi tidak stabil pada
tegangan kerja. Tugas capacitor akan mengurangi beda tegangan tertinggi
dengan tegangan terendah dengan kata lain pada saat tegangan tinggi dia akan
menyimpan arus dan pada saat tegangan terendah akan mengeluarkan arus.
Sehingga mengurangi selisih/beda tegangan dan membuat tegangan lebih rata.
Fungsi membuat lebih rata oleh sebagian orang disebut stabilizer (penstabil
tegangan)

Terus berapa besaran capacitor yang harus digunakan ? data di diketahui
kapasitas alternator motor kira-kira 0.106KW atau 106 Watt. Rumus Power = V
x I atau I = P/V Jadi 106Watt : 12V kira-kira besarannya = 8.83 A. Sesuai
dengan pelajaran elektronika dasar tentang Rectifier/penyearahan didapatkan
Thumb Rule" buat besarnya capacitor berdasarkan besaran Ampernya. Thumb Rule
tersebut : untuk setiap 1A dibutuhkan 2200 mikro Farad. Jadi untuk kasus di
atas besaran kapasitor yang dibutuhkan adalah 8.83 x 2200 = 19.426 mikro
Farad. Tapi harus diingat bahwa besaran arus di motor di batasi oleh
kapasitas regulator/Kuproknya. Untuk contoh kasus di atas kita menggunakan
kapasitor sebesar 10.000 mikro Farad dengan asumsi berpatokan pada accu yang
digunakan yaitu 3,5Ah. Maka akan didapat 3,5 x 2200 = 7.700 mikro Farad. Di
pasaran nilai tersebut tidak tersedia jadi kita pakai angka yang di atasnya
yaitu 10.000 mikro Farad. Alasan lainnya adalah masih ada keinginan untuk
mengganti accu original dengan kapasitas yang lebih besar yaitu 5Ah (buat
spare bro…). Terus berapa besar tegangan kerja capacitor tersebut ? Besarnya
tegangan kerja untuk capacitor kita patok 2x tegangan kuprok. Jika di kuprok
tegangan yang keluar 15V maka tegangan kerja capacitor = 15 x 2 = 30V. Buat
safetynya kita pakai tegangan 50V. Toh perbedaan harga capacitor untuk kedua
tegangan tidak signifikan.
Terus gimana pengkabelannya ? Beli capacitor 10.000 mikro Farad tipe
konektor/model baut seharga Rp. 15.000, kabel tiga warna AWG8(merah, hitam
hijau) (diameter core 8mm) beli Rp. 3.000, kabel skun 5 pcs (2 spare)
diameter disesuaikan dengan lubang baut accu dan massa beli Rp 2.500 dan
konektor 5 pcs (3 pcs spare) beli Rp 1.000, sumi tube sesuai ukuran kabel
beli Rp. 2.000. Jadi total jendral pengeluarannya adalah : Rp. 23.500.
Pasang konektor kabel merah ke kutub positif kapasitor dan ujung yang lain
dipasang di kutub positif accu. Gabungkan kabel hijau dan hitam (1 konektor
untuk 2 kabel) kemudian pasang konektornya pada kutub negatif capacitor dan
ujung kabel hitam dipasang di kutub negatif accu. Sedangkan ujung kabel
hijau yang lain dihubungkan ke massa atau casis.
Karena ukuran kapasitor yang lumayan besar, sebaiknya ditaruh ditempat yang
tidak terlalu mengganggu tapi juga enak dilihat.
selamat mencoba ya bro...
sebenarnya relay tu fungsinya sebagai saklar elektronis jd dia akan aktif
apa bila dialiri listrik...
fungsi dari rangkaian di atas tu mengambil jalur by pass dari aki langsung
ke lampu besar(utama).....
sedikit tambahan ...seumpama menggunakan capasitor usahakan yg tegangan
kerjanya max 50 V aja sbab apa bila sumber tegangan kita cabut, sementara
beban masih bekerja akibatnya capacytor akan mem back-up tegangan sesuai dg
tegangan kerja capacytor itu sendiri...
its tambahan sorry nyusul...
untuk nilai Farrad-nya cari yg besar..minim 8600uF ato lebih besar lg...
jd kira-kira ukurannya begini: capacytor 50 V 8600 uF
……The End…
Ada yang mau nambahin tentang ini?

Jabat Erat

D2494UH



--- In honda-tiger@yahoogroups.com, "decky" <deckyiman@...> wrote:
>
> Mas Bro,
> Tolong sharenya dong yang macannya udah pake kapasitor bank,
kelebihan-kekurangan-tempat pasang ( daerah jakarta timur ) dan ongkosnya.
> Soalnya tigi ane klo dipake klakson atau nyalain sein atau lampu besar /
lampu netral di speedo pasti ngedip,padahal aki baru ganti...
>
> thanks B4
> Regards,
> Decky
> F3454KN
>
> Sent from my Nokia phone
>




[Non-text portions of this message have been removed]

------------------------------------

-------------------------------------------------------
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links





[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
-------------------------------------------------------
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------
.

__,_._,___