Monday, February 15, 2010

Re: [honda-tiger] Re: Coil utk Tigi Revo Was: Busi Iridium

Thanks om pringgo....jelas....

Pada 15 Februari 2010 02:27, PR1NKGO <pringgomail@yahoo.com> menulis:

>
>
> Kalau sekedar pake busi iridium (merk apapun yang penting asli bener2
> iridium) itu jelas api businya lebih fokus.
> Api busi yang lebih fokus di satu titik akan membuat pembakaran lebih
> sempurna.
> Kalau semua komponennya standar yah gak begitu kerasa yah, tapi kalau kita
> test pakai dyno atau alat pengukur konsumsi bahan bakar, pasti akan
> menunjukkan data kinerja yang lebih baik.
>
> Lebih oke sih emang kalo koil diganti, jadi api busi lebih besar dan lebih
> terasa bedanya...
>
> Timbulnya kerak itu bukan semata2 dari busi, banyak faktornya.
>
> Kalau kerak memang disebabkan dari busi, berarti kita salah pilih derajat
> panas busi.
>
> kalau kita pakai busi dingin/ racing di motor yang hanya dipakai buat
> harian... busi dingin/ racing itu tidak akan mencapai suhu kerja ideal.
> Api busi pun jadi kurang maksimal.
> karena api kurang maksimal, maka pembakaran menjadi tidak sempurna.
> Pembakaran yang tidak sempurna akan menimbulkan residu/sisa kerak karbon di
> ruang bakar.
> Nah sisa karbon ini selain mengotori ruang bakar dan klep, juga mengotori
> kepala busi itu sendiri.
> kepala busi yang kotor akan membuat nyala api busi menjadi susah.
> makanya busi racing yang dipakai buat harian jadi malah cepet mati.
>
> Jadi pilihlah busi sesuai kondisi pemakaian.
>
> Mengenai listrik busi,
> busi iridium prinsipnya tidak memperbesar api/listrik.
>
> Busi iridium itu diciptakan agar api busi lebih fokus di satu titik.
> Kenapa?
> karena bahan iridium-lah yang bisa dibuat menjadi seperti jarum kecil dan
> bahan ini tahan panas paling baik dibanding bahan busi biasa dan bahan
> platinum.
>
> Dengan api yang lebih fokus di satu titik, maka kerja koil tidak terlalu
> besar tapi bisa menghasilkan nyala api busi yang besar di satu titik saja.
>
> Busi iridium juga diciptakan lebih tahan lama dari busi biasa atau busi
> platinum, karena bahan iridium itu lebih tahan lama dibanding bahan busi
> biasa maupun platinum. Jadi umur busi iridium jauh lebih tahan lama dari
> pada busi platinum apalagi busi biasa. (Asal pemilihan derajat panasnya
> tepat)
>
> Bedain busi panas, sedang atau normal bisa dilihat dari kode angkanya, saya
> tadi sudah balas di email yang lain, silahkan dicari... :)
>
> Busi standar Honda Genuine Part (HGP) produksi AHM itu (Denso
> X24EP-U9)emang busi sedang/normal.
>
> Pemakaian busi standar lebih awet dari iridium?
> Saya rasa tidak...
>
> busi standar dianggap kurang tahan lama, maka diciptakan busi platinum.
> Busi platinum dianggap masih kurang tahan lama, maka dibuatlah busi iridium
> yang lebih tahan lama dan (bahan iridium) dapat dibuat lebih kecil seperti
> jarum sehingga api busi iridium bisa lebih fokus.
>
> Yang penting, kalau beli busi iridium (yang tergolong busi mahal) pastikan
> pilih heat range/ derajat panas busi yang tepat dan atur celah/gap businya
> sesuai petunjuk pabrik (untuk honda tiger, gap nya 0,9 mm)
>
> Beda busi Iridium dan yang Autolite?
> Agak bingung nih....
>
> Autolite adalah salah satu merk busi yang juga memproduksi busi iridium.
> mau Denso, NGK, Autolite itu sama... semuanya adalah nama produsen busi.
>
> PR1NKGO
>
>
> --- In honda-tiger@yahoogroups.com <honda-tiger%40yahoogroups.com>, Fiqih
> Alamsyah <fiqih.alamsyah08@...> wrote:
> >
> > Widih jelas dan gamblang....
> >
> > Thanks Master.....
> > om Pringgo....pan emang banyak tuh busi iridium dari kisaran harga 30Rb,
> > 45Rb ...kalo yg 70Rb jarang ane temuin tuh.....lagi pula dipasaran sih
> > kebanyakan yg pake kardus....dgn merek yg sering saya temuin " NGK "
> > ...jujur saya ngk bisa bedain mana yg aspal dan asli.....
> >
> > cuman sekalian nanya deh om pringgo, Tigor ane Revo 2008 dgn spesifikasi
> > standart abis termasuk PJ dan MJ masih bawaan tiger, menegak air minum
> > kadang pertamax kadang premium, dgn oli Shell VSX 10-40...termasuk coil
> > masih standart...
> >
> > sampai saat ini sih yg ane rasain motor pada tarikan bawah memang kurang
> > greget, untuk atas nya rada lumayan tapi ngk terlalu greget juga...
> >
> > Pertanyaan ane :
> > - kalo ane make Busi iridium/ Aoutolite (harganya 110Rb..maybe asli kali
> > yah)...dgn spesifikasi diatas apahkah ada ngaruhnya dgn tarikan (niatnya
> ane
> > pengen standart semua)....
> >
> > - apahkah pemakaian busi iridium dgn spesifikasi standart seperti itu
> dapat
> > menyebabkan kerak diruang bakar/ kepala piston (pemikiran ane karena busi
> > iridium so pasti listrik yg dikeluarkan besar tanpa merubah koil)....
> >
> > - emang ada yah tulisan busi panas dan dingin dan normal yah?....gimana
> > bedaiinnya.....maybe busi standart AHM busi normal kali yah.....
> >
> > - jujur mungkin busi standart lebih awet tapi seberapa awet kah dgn
> > pemakaian busi iridium ini....
> >
> > - beda busi iridium sama yg aoutolite (apa sama2 iridium yah cuman beda
> > merek)
> >
> > Mohon pencerahannya yah om pringgo, sori banyak nanya......mumpung
> masternya
> > ada dimari...
> >
> > Thanks om
> >
> > Pada 12 Februari 2010 03:32, PR1NKGO <pringgomail@...> menulis:
>
> >
> > >
> > >
> > > Yah begitulah kira2 bro...
> > >
> > > Kalau bisa pilih busi iridium yang bener.
> > > Sekarang banyak busi iridium murah,
> > > biasanya penempelan iridium di electroda tengahnya busi iridium murah
> ini
> > > kurang bagus/rapi..
> > >
> > > Dulu saya pernah dapet cerita di milis otomotif tetangga, katanya ada
> yang
> > > pake busi iridium murah tiba2 mesinnya ngebul dan tenaga mesin hilang
> karena
> > > ternyata jarum iridiumnya terlepas dari electroda tengah dan
> membaret-baret
> > > ruang bakar...
> > >
> > > Jadi ternyata pada busi iridium murah itu proses penempelan jarum
> > > iridiumnya kurang bagus, sehingga jarum iridiumnya terlepas.
> > > Karena jarum iridiumnya terlepas, dia jatuh ke ruang bakar (piston &
> > > silinder), ke kocok2 deh di dalem ruang bakar dan membaret dinding
> silinder
> > > dan piston.
> > > oli nyusup ke ruang bakar deh...
> > > Bisa ditebak kan, ngebul asep putih dari knalpot...
> > >
> > > Busi iridium di pasaran itu banyak,
> > > pilihlah yang bagus...
> > > Cirinya biasanya bisa dilihat dari harga.
> > > Harga busi iridium yang bagus itu biasanya diatas Rp 70 ribu-an...
> > >
> > > Kenapa bisa mahal?
> > > Karena proses pembuatan busi iridium itu tidak semudah membuat busi
> biasa.
> > > Selain bahan iridiumnya yang udah mahal, proses pengerjaan/pembuatan
> busi
> > > iridium juga lebih sulit dan butuh teknologi yang lebih rumit dibanding
> busi
> > > biasa dan busi platinum.
> > > Makanya harganya lebih mahal..
> > >
> > > Lalu kalau mau beli busi iridium, pilihlah kemasan busi iridium yang
> sekali
> > > pakai...
> > > Bisa lihat di kemasannya ada segel atau tidak, bisa pilih kemasan busi
> > > iridium yang sekali pakai, dsb...
> > >
> > > Maksudnya kemasan busi yang sekali pakai itu begini,
> > > pernah beli kampas rem Honda Genuine Part (HGP)?
> > > Kan itu kampas rem seperti dibungkus pake plastik yang di press ke
> kertas
> > > dasarnya (plastiknya nempel sama kertas dasarnya yang warna merah itu).
> > >
> > > Nah kalo kita buka tuh kampas,
> > > otomatis plastik tersebut akan merusak kertas dasarnya dan plastik
> tersebut
> > > tidak bisa dipasang lagi ke kertas dasarnya (kemasan sekali pakai)...
> > >
> > > Nah saya sih lebih cenderung beli busi iridium yang kemasannya seperti
> itu,
> > >
> > > apalagi busi iridium itu bukan busi murah...
> > > Kalo dapet busi iridium palsu kan males banget...
> > >
> > > Kalo kemasannya pake kotak karton yang mudah dibuka tutup (seperti busi
> > > standar tiger),
> > > siapa yang tahu dalemannya itu masih asli? Kecuali ada segel hologram,
> > > dsb...
> > > lebih baik antisipatif daripada apes dapet yang palsu, maklum, gaji
> saya
> > > pas-pas-an... hahaha...
> > >
> > > Tapi saya lebih yakin beli yang kemasan plastik di press seperti kampas
> rem
> > > asli honda, karena pengemasan press plastik ke kertas dasarnya itu
> > > membutuhkan teknologi yang lebih rumit dan gak murah, sehingga pemalsu
> lebih
> > > males...
> > > yang hobby bikin produk palsu itu lebih seneng bikin busi dengan
> kemasan
> > > kotak karton karena pengerjaanya mudah dan gak butuh mesin khusus.
> > >
> > > (ini salah satu cara gampang ala saya untuk milih sparepart, cari aja
> yang
> > > kemasannya sulit dibuat/dipalsu... xixixixi...)
> > >
> > > Jangan lupa pilih busi sesuai heat range yang tepat...
> > > Jangan asal pake busi...
> > >
> > > busi itu rata2 ada 3 pilihan,
> > > Yaitu busi PANAS, NORMAL, DINGIN.
> > > Untuk harian, pilihlah busi yang normal aja...
> > > Jangan pilih busi dingin (racing), karena percuma, malah si busi
> > > dingin/racing akan cepat mati kalau dipakai harian.
> > >
> > > Setelah dapet busi yang bagus,
> > > jangan lupa setel gap businya dengan benar..
> > > Untuk honda Tiger, pastikan gap/celah businya itu 0,9 mm.
> > >
> > > Sekian...
> > > Smoga membantu...
> > >
> > > PR1NKGO
> > >
> > > --- In honda-tiger@yahoogroups.com <honda-tiger%40yahoogroups.com><honda-tiger%
> 40yahoogroups.com>, FX
>
> > > igoen <igoen_1210@> wrote:
> > > >
> > > > thx bro, gw juga udah tanya2 sama bronx, dia juga menyarankan hal yg
> > > sama...
> > > >
> > > > Regards
> > > >
> > > > igoen
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > "BLUE TIGER yang males selap-selip kalau LAMPU MERAH"
> > > >
> > > > --- On Thu, 2/11/10, PR1NKGO <pringgomail@> wrote:
> > > >
> > > > From: PR1NKGO <pringgomail@>
> > > > Subject: [honda-tiger] Re: Coil utk Tigi Revo
> > > > To: honda-tiger@yahoogroups.com <honda-tiger%40yahoogroups.com><honda-tiger%
> 40yahoogroups.com>
>
> > > > Date: Thursday, February 11, 2010, 4:50 AM
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Â
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Kalo dah pake coil yang apinya gede, pakai busi standar sih masih
> bisa.
> > > >
> > > > Cuma elekrodanya cepet terkikis dan tumpul..
> > > >
> > > > kalau terkikis, apinya gak oke selain itu gap/celah businya juga
> melebar.
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Kalau mau bagus, pake yang busi iridium, lebih tahan terhadap api
> listrik
> > > busi yang besar (elektrodanya gak mudah terkikis), lalu busi iridium
> apinya
> > > lebih fokus, jadi pembakaran bahan bakar lebih sempurna..
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > PR1NKGO
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > --- In honda-tiger@ yahoogroups. com, FX igoen <igoen_1210@ ...>
> wrote:
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > bro rama coil protech sekarang harganya berapaan? udah naik belm?
> > > >
> > > > > trus pake acara ganti busi ga?
> > > >
> > > > > kalau pakai busi standart pengaruh ga?
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > Regards
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > igoen
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > "BLUE TIGER yang males selap-selip kalau LAMPU MERAH"
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > --- On Tue, 2/9/10, rama aza <teh_pahit2004@ ...> wrote:
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > From: rama aza <teh_pahit2004@ ...>
> > > >
> > > > > Subject: Re: [honda-tiger] Coil utk Tigi Revo
> > > >
> > > > > To: honda-tiger@ yahoogroups. com
> > > >
> > > > > Date: Tuesday, February 9, 2010, 7:06 AM
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > ÂÂ
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > Bro achel merk coil yang ente pengin pasang apa???? klo ane dah
> pake
> > > Protech yang make ground. alhamdulillah fine2 ajh mpe sekarang ane dah
> > > masang kira3 bulan kemaren. akselerasi mantaf tinggal di tes bwat
> turing
> > > ajah. ane beli tuh coil Rp.250.000,- ... Oia om mods numpang salam bwat
> pak
> > > Guntara secara tadi ketemu dikantor ane mau ngurus perijinan maslah
> > > perkapalan.. . Tq
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > ____________ _________ _________ __
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > From: achel prihand <gaprihand@yahoo. com>
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > To: honda-tiger@ yahoogroups. com
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > Cc: Bekasi HTML <HTML-Bekasi@ yahoogroups. com>
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > Sent: Mon, February 8, 2010 10:10:22 PM
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > Subject: [honda-tiger] Coil utk Tigi Revo
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > minta pencerahan yg udh pasang koil 'racing' di Tigi Revo...secara
> pada
> > > koil standar ada 3 sambungan sedangkan yg 'racing' cuma ada 2
> sambungan...
> > > tolong teknis pemasangannya diungkapkan ?...tku all bro...
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > BLACK Juryx....Black[ Y] & SILVER Juryx ....Silv[Y]
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > Tahun 2010 tahun menabung, ada yang untuk...nikah, beli rumah,
> renovasi
> > > rumah atw siap-siap ganti motor...tapi menabung untuk akhirat jangan
> > > dilupakan... .......
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > 4 sehat... 5 sempurna... 6 halal....... .....
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > ____________ _________ _________ __
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > ____________ _________ _________ __
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > Wajib militer di Indonesia? Temukan jawabannya di Yahoo! Answers!
> > > http://id.answers. yahoo.com
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > [Non-text portions of this message have been removed]
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > [Non-text portions of this message have been removed]
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > > > [Non-text portions of this message have been removed]
> > > >
> > > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > [Non-text portions of this message have been removed]
> > > >
> > >
> > >
> > >
> >
> >
> > [Non-text portions of this message have been removed]
> >
>
>
>


[Non-text portions of this message have been removed]

------------------------------------

-------------------------------------------------------
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/honda-tiger/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/honda-tiger/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
honda-tiger-digest@yahoogroups.com
honda-tiger-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
honda-tiger-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/