Wednesday, January 20, 2010

Re: [honda-tiger] tips ; naik kompresi tigy tanpa operasi....

 

Memang sih cara ini bisa bikin performa motor naik.. Untuk dapet ke rpm tinggi gampang banget.. Tapi umur stang seher jadi mundur..

*yang lagi bingung nyari stang seher+laher bambu ori..

------- Original message -------
From: must movefront <mustmovefront@gmail.com>
To: honda-tiger@yahoogroups.com
Sent: 20.1.'10, 18:16

> just FYI dan share
>
> Oto-Tips Honda Tiger
> Si Macan Naik Kompresi Tanpa Operasi
> ------------------------------
>
> *OTOMOTIFNET* - Umumnya, menaikkan kompresi dilakukan dengan memapas sedikit
> kepala si­linder. Biasanya berkisar antara 0,2-0,3 milimeter. Tetapi, kalau
> masih ingin mempertahankan kepala silinder seperti aslinya, bisa saja tanpa
> diutak-atik.
>
> Seperti Honda Tiger milik Indra yang ring piston dan pistonnya sudah
> 'berumur', sekaligus ingin naik kompresi. "Bisa diganti piston sama ringnya
> saja yang lebih jenong," ungkap Sutrisno, dari bengkel Jawa Motor di kawasan
> Palmerah Barat, Jakbar.
> *
> MEGAPRO NEOTECH*
>
> Setelah digunakan bertahun-tahun sudah sewajarnya Tiger milik Indra ini
> perlu penyegaran. "Ganti piston berikut ringnya, tetapi masih 0 alias belum
> oversize," katanya. Diboyonglah Honda Tiger dengan mesin yang knalpotnya
> mengeluarkan asap mirip sedang fogging antinyamuk ke bengkel Jawa Motor.
>
> Di sana, pak Tris langsung menyatakan memang piston dan ring perlu diganti
> (gbr.1), terlebih kompo­nen lain juga perlu tukar, setelah mesin dibongkar.
> Lantas, tawaran menaikkan kompresi pun dilontarkan oleh Indra. "Wah, kalau
> mau naik kompresi enggak usah dipapas head-nya," tawar Pak Tris.
>
> Memang, papas head cukup murah, biayanya sekitar Rp 40 ribuan. Namun kondisi
> jadi tidak standar lagi. Nah, mumpung ganti piston dan ringnya, tukar pakai
> milik Honda Megapro Neotech saja (gbr.2).
>
> *Gbr 1*
> *gbr 2*
>
> Diameternya sama, langsung pasang juga ke setang pistonnya. "Tetapi, saya
> papas sedikit pistonnya, sekitar 0,25 mm," tutur Sutrisno. Maksudnya, agar
> kompresinya tidak terlalu tinggi, jadi kalau dipakai perjalanan jauh, mesin
> tak panas. Lalu klep mentok enggak? Pada bagian piston yang berdekatan
> dengan klep, baik masuk dan buang, dibuang 0,5 mm (gbr.3).
>
> *Gbr 3*
>
> Kenapa pakai piston Megapro Neotech? "Antara Tiger dan Megapro diameter
> pistonnya sama, hanya langkahnya saja lebih panjang Tiger," tutur pak Tris.
> Begitu pun transmisi dan sproketnya, Tiger memiliki 6 percepatan, Megapro 5.
>
> Jadi, tak ada perubahan yang berarti pada liner alias boring Tiger ini.
> "Setang piston pun bisa langsung terpasang," jelas pak Tris.
>
> Indra pun kembali tersenyum, karena tunggangan kesayanganya kembali
> bertenaga. "Tarikan terasa lebih padat," katanya.
>
> Eits, tunggu dulu, jangan langsung dikebut, sebaiknya lakukan inreyen saja.
> "Putaran mesin dijaga jangan terlalu tinggi, di kisaran 4.000 rpm saja
> maksimum," jelas Indra, sesuai anjuran Pak Tris.
> *
> Penulis/Foto: Ben / Reza*
>
>
> *sumber :
> http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototips/Content/0/0/1/7/8371
> *
>
> *
> *
>
>
> --
> perantau yg ga jelas juntrungannya....
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>
> ------------------------------------
>
> -------------------------------------------------------
> HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
> -------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
>
>
>

__._,_.___
-------------------------------------------------------
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------
.

__,_._,___