----- Forwarded Message ----
From: Slamet Pio <pio.slamet@yahoo.com>
To: Yamaha-Matic@yahoogroups.com
Sent: Sat, October 17, 2009 4:39:16 PM
Subject: Re: Bls: Bls: [Yamaha-Matic] nanya busi Iridium dan Platinum
From: opaNKOiL Oioi <opankoil@yahoo.co.id>
To: Yamaha-Matic@yahoogroups.com
Sent: Fri, October 16, 2009 8:27:14 PM
Subject: Bls: Bls: [Yamaha-Matic] nanya busi Iridium dan Platinum
Dari: jowe nakano <jowe_nakano@ yahoo.co. id>
Kepada: Yamaha-Matic@ yahoogroups. com
Terkirim: Kam, 15 Oktober, 2009 19:47:38
Judul: Bls: [Yamaha-Matic] nanya busi Iridium dan Platinum
Terhubung langsung dengan banyak teman di blog dan situs pribadi Anda?
Buat Pingbox terbaru Anda sekarang!
Buat sendiri desain eksklusif Messenger Pingbox Anda sekarang!
Membuat tempat chat pribadi di blog Anda sekarang sangatlah mudah
From: Slamet Pio <pio.slamet@yahoo.
To: Yamaha-Matic@
Sent: Sat, October 17, 2009 4:39:16 PM
Subject: Re: Bls: Bls: [Yamaha-Matic] nanya busi Iridium dan Platinum
Yes....betul bro....
Byk yg salah kaprah tuh antara busi racing & iridium atau platinum.
Setahu gw, busi iridium itu busi yang ujung elektrodanya dilapisi iridium (material yang kuat, tahan panas, & konduktor yang sangat baik, juga mahal!)
Kenapa busi iridium ujung elektrodanya runcing??? sedangkan busi standar tidak (normal)?.
Itu semata2 karena busi yang ujung elektrodanya runcing gampang meleleh kena panas, makanya dilapisi iridium biar kuat.
Elektroda busi yang runcing, berguna ketika menghidupkan mesin swaktu masih dingin karena mudah memercikan api. Ini disebabkan tdk memerlukan tegangan besar dari Ignition coil swaktu mesin baru dinyalakan pakai electric atau kick satrter.
So...kesimpulannya:
Selama motor itu masih STANDAR yang paling cocok tetep busi STANDAR.
Byk yg salah kaprah tuh antara busi racing & iridium atau platinum.
Setahu gw, busi iridium itu busi yang ujung elektrodanya dilapisi iridium (material yang kuat, tahan panas, & konduktor yang sangat baik, juga mahal!)
Kenapa busi iridium ujung elektrodanya runcing??? sedangkan busi standar tidak (normal)?.
Itu semata2 karena busi yang ujung elektrodanya runcing gampang meleleh kena panas, makanya dilapisi iridium biar kuat.
Elektroda busi yang runcing, berguna ketika menghidupkan mesin swaktu masih dingin karena mudah memercikan api. Ini disebabkan tdk memerlukan tegangan besar dari Ignition coil swaktu mesin baru dinyalakan pakai electric atau kick satrter.
So...kesimpulannya:
Selama motor itu masih STANDAR yang paling cocok tetep busi STANDAR.
From: opaNKOiL Oioi <opankoil@yahoo.
To: Yamaha-Matic@
Sent: Fri, October 16, 2009 8:27:14 PM
Subject: Bls: Bls: [Yamaha-Matic] nanya busi Iridium dan Platinum
Iya kli ya hehe
Tpi klo gnti busi iridium kyanya mlah jadi mubazir
Krna hrganya mahal 10xLipat dri busi biasa
Smentara performa ga ngaruh bnyak dan lbh cpet mati
Jdi biarpun iridium kodenya panas tpi tetep busi dingin
Krna iridium titik lelehnya tinggi
Mkanya dipake di motor blap/boreup yg kompresinya udah tinggi, mksudnya biar tu busi lebih kuat tahan gempuran kompresi
Ya ini sich cuma info yg dirangkum dari motor+ hehe
Tpi klo gnti busi iridium kyanya mlah jadi mubazir
Krna hrganya mahal 10xLipat dri busi biasa
Smentara performa ga ngaruh bnyak dan lbh cpet mati
Jdi biarpun iridium kodenya panas tpi tetep busi dingin
Krna iridium titik lelehnya tinggi
Mkanya dipake di motor blap/boreup yg kompresinya udah tinggi, mksudnya biar tu busi lebih kuat tahan gempuran kompresi
Ya ini sich cuma info yg dirangkum dari motor+ hehe
Dari: jowe nakano <jowe_nakano@ yahoo.co. id>
Kepada: Yamaha-Matic@ yahoogroups. com
Terkirim: Kam, 15 Oktober, 2009 19:47:38
Judul: Bls: [Yamaha-Matic] nanya busi Iridium dan Platinum
hehehe...mang iyah yah gak bisa buat harian??? (*sambil garuk2...) soale menurut orang pabrikan NGK sendiri yg bisa dipercaya busi platinum atao pun Iridium bukan lah busi racing,jenis2 itu dibedakan menurut masa penggunaan ajah (bisa digunakan tuk kompresi rendah kisaran 8 - 9) dan daya tahan nya (standar nya ganti busi setiap 5000 km).untuk membedakan mana jenis busi dingin atao panas bisa diliat dari kode nya (kode nya dari 1 - 12).sebagai contoh kode standar busi tuk jenis bebek atau matic yamaha adalah C7HSA (merk NGK),semakin rendah kode nya smakin panas (setingan kering) dan semakin tinggi semakin dingin (setingan basah),nah tinggal disesuaikan deh tuk pemakaian nya.soale waktu kunjungan ke pabrik NGK sendiri memang api busi platinum atao Iridium swaktu di tes lebih biru dan lebih fokus api nya, dan swaktu gw tanya sah2 ajah motor standart pke busi jenis itu krn memang bukan busi jenis racing.busi jenis racing sendiri memang ada lagi yg kisaran harga nya diatas 200 rb an,itupun di impor lsg dari jepang dan gak diproduksi di indonesia.klo memang tertarik dengan busi2 jenis racing bisa hunting di bengkel2 atao toko2 yg part tuk drag atao road race.sbagai contoh swaktu digunakan pada mobil standart memang lebih enak tuk akselerasi nya tanpa mengubah setingan standar,begitu pun untuk motor tinggal P n P...Barangkali ada yg sudah pakai busi jenis ini bisa dishare (barang kali gw salah info atao persepsi...: D) FYI,dah gw pke kok tuk mio soul standart istri,memang beda akselerasi nya ketika pakai busi standar walau sedikit...:D salam' 'jowe' --- Pada Jum, 16/10/09, opaNKOiL Oioi <opankoil@yahoo. co.id> menulis:
|
Terhubung langsung dengan banyak teman di blog dan situs pribadi Anda?
Buat Pingbox terbaru Anda sekarang!
Buat sendiri desain eksklusif Messenger Pingbox Anda sekarang!
Membuat tempat chat pribadi di blog Anda sekarang sangatlah mudah
__._,_.___
please visit http://www.yamaha-matic.org
"Misi dan Visi Yamaha-Matic Mailing List (YMML)adalah komunitas yang mengajak member milist untuk kompak, guyub, bisa saling berbagi rasa dan tolong menolong, dan membawa kemajuan bagi dunia otomotif khususnya para pembesut dan penggemar Yamaha Matic."
"Misi dan Visi Yamaha-Matic Mailing List (YMML)adalah komunitas yang mengajak member milist untuk kompak, guyub, bisa saling berbagi rasa dan tolong menolong, dan membawa kemajuan bagi dunia otomotif khususnya para pembesut dan penggemar Yamaha Matic."
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
.
__,_._,___